Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Oliguria - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.402.837 orang

Oliguria adalah istilah medis untuk penurunan pengeluaran urin (air seni) . Oliguria dianggap sebagai keluaran urin kurang dari 0,5mililiter/kilogram berat badan dalam 24 jam. Tidak adanya urin dikenal sebagai anuria.

Apa yang menyebabkan Oliguria?

Apa yang menyebabkan oliguria?

Ada banyak kemungkinan penyebab oliguria. Mulai dari kondisi sementara hingga penyakit yang lebih serius.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab paling umum dari penurunan produksi urin. Biasanya, dehidrasi terjadi ketika Anda sakit diare, muntah, atau penyakit lain dan tidak dapat mengganti cairan yang hilang. Ketika ini terjadi, ginjal Anda menyimpan cairan sebanyak mungkin.

Infeksi atau trauma

Infeksi atau trauma adalah penyebab khas oliguria. Ini dapat menyebabkan tubuh menjadi syok. Ini mengurangi aliran darah ke organ Anda. Syok adalah keadaan darurat medis dan membutuhkan perhatian segera.

Sumbatan Saluran Kemih

Sumbatan pada saluran kemih, atau penyumbatan, terjadi ketika urin tidak dapat dkeluarkan dari tubuh Anda. Ini dapat mempengaruhi satu atau kedua ginjal dan biasanya menghasilkan penurunan produksi atau pengeluaran urin. Tergantung pada seberapa cepat obstruksi terjadi, penyumbatan juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti:

  • mual
  • muntah
  • pembengkakan pada anggota gerak
  • sesak nafas
  • demam (bila karena infeksi)
  • gangguan kesadaran hingga kehilangan kesadaran
  • gangguan jantung

Beberapa obat dapat menyebabkan Anda memproduksi lebih sedikit urin. Obat-obatan yang diketahui mungkin menyebabkan kondisi ini termasuk obat antinyeri golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat tekanan darah tinggi, seperti penghambat enzim pengonversi angiotensin (ACEI), dan gentamicin yang merupakan antibiotik.

Apabila obat Anda menyebabkan Anda melepaskan lebih sedikit urin, Anda harus mendiskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter Anda. Mereka dapat mengubah obat Anda atau menyesuaikan dosis Anda saat ini. Jangan pernah mengubah dosis Anda atau berhenti minum obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Kapan Anda harus mencari bantuan Medis?

Anda harus selalu memberi tahu dokter jika mengalami penurunan produksi urin.

Anda harus mencari perhatian medis darurat jika Anda merasa bahwa tubuh Anda mungkin akan mengalami syok. Ini bisa disebabkan oleh infeksi serius atau trauma yang memerlukan perawatan medis cepat.

Anda juga harus mencari bantuan medis segera jika Anda berpikir pembesaran prostat atau kondisi lain mungkin menghalangi saluran kemih Anda. Saluran kemih yang tersumbat dapat dengan cepat berkembang menjadi anuria. Anuria membutuhkan perawatan segera untuk mencegah kerusakan serius pada ginjal.

Konsultasi hal di bawah dokter Anda segera jika Anda mengalami penurunan jumlah urin atau gangguan berkemih lainnya dengan pusingdenyut nadi cepat, atau pusing.

Bagaimana Oliguria Didiagnosis?

Tidak ada pilihan pengobatan sendiri untuk penurunan pengeluaran urin. Perhatian medis selalu diperlukan untuk mengidentifikasi penyebab dan menyediakan perawatan yang paling tepat.

Dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Anda sebelum membuat diagnosis. Mereka mungkin ingin tahu kapan penurunan pengeluaran dimulai, apakah itu terjadi secara tiba-tiba, dan apakah sudah semakin buruk sejak dimulai.

Anda juga harus tahu apakah minum lebih banyak meningkatkan output urin Anda dan berapa banyak urin yang Anda hasilkan setiap hari.

Dokter Anda mungkin membutuhkan Anda untuk memberikan sampel urin atau setidaknya mencoba. Mereka akan menganalisisnya untuk warna, protein, dan kadar asam urat. Mereka juga akan menguji sampel apakah ada tanda-tanda infeksi.

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala lain yang Anda miliki, segala obat atau suplemen herbal yang Anda konsumsi, dan apakah Anda memiliki riwayat masalah dengan ginjal atau kandung kemih Anda.

Dokter Anda mungkin memerlukan tes tambahan. Ini dapat mencakup:

  • tes darah
  • USG perut dan ginjal
  • pemindaian ginjal dengan atau tanpa kontras
  • CT scan
  • MRI ginjal

Bagaimana penanganan pada oliguria?

Perawatan Anda akan tergantung pada penyebab oliguria Anda. Dokter Anda mungkin meresepkan infus infus yang dengan cepat merehidrasi tubuh Anda atau dialisis untuk membantu menghilangkan racun sampai ginjal Anda dapat bekerja dengan benar lagi.

 mengalami demam, diare, atau penyakit lainnya. Anda mungkin juga ingin menggunakan campuran minuman khusus untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama waktu ini dan mencegah oliguria.

Pandangan jangka panjang pada oliguria?

Prospek seseorang dengan oliguria tergantung pada penyebab kondisi tersebut. Jika dibiarkan tidak diobati, kemungkinan penurunan output urin dapat menyebabkan komplikasi medis, seperti:

  • peningkatan tekanan darah
  • gagal jantung
  • gangguan darah seperti : anemia dan disfungsi trombosit
  • masalah pencernaan
  • sesak nafas karena penumpukan cairan di paru
  • gagal ginjal

Sebagian besar kasus memerlukan perawatan medis. Bicaralah dengan dokter Anda segera setelah Anda mengalami oliguria untuk mengembangkan rencana perawatan yang paling cocok untuk Anda.

Bagaimana cara mencegah oliguria?

Secara umum, Anda tidak dapat mencegah penurunan produksi urin saat itu karena kondisi medis. Namun, penyebab paling umum dari gejala ini adalah dehidrasi. Anda dapat menghindari dehidrasi dengan memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi setiap saat. 

Pastikan untuk menambah asupan cairan Anda setiap kali Anda demam, diare, atau penyakit lainnya. Campuran minuman elektrolit sangat cocok menggantikan elektrolit yang hilang selama waktu ini dan mencegah oliguria

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit