Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Hipospadia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.137.542 orang

Di artikel hari ini, kita akan membahas mengenai suatu kondisi medis yang ada kaitannya dengan kandung kemih, penis hingga kemandulan. 

Bahasan hari ini ialah topik yang mungkin akan menarik banyak perhatian baik dari para kaum wanita maupun kaum pria dimana kondisi ini merupakan kondisi yang cukup banyak terjadi pada kaum pria di jaman sekarang ini. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kondisi ini dinamakan dengan kondisi Hipospadia. Untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai kondisi Hipospadia ini, yuk simak baik baik artikel satu ini.

Hipospadia dan Segala Serba Serbinya

Hipospadia ialah suatu keadaan medis yang merupakan kelainan yang bersifat kelainan bawaan dimana umumnya kondisi Hipospadia ini diderita oleh para pria sejak lahir dimana saluran uretra tidak berada pada posisi yang seharusnya atau posisi normalnya. 

Uretra sendiri ialah sebuah saluran yang menghubungkan kandung kemih seseorang dengan penis orang tersebut dan biasanya berada tepat di ujung penis untuk mengeluarkan air seni atau urine. 

Namun bila seorang pria menderita Hipospadia maka lubang uretra nya tidak berada di ujung penis malahan berada di bagian di bawah penis

Pada kasus Hipospadia yang tergolong ringan, maka ujung uretra yang tidak berada pada posisi normal hanya akan bergeser sedikit saja ke kiri atau kanan atau depan atau belakang sehingga tidak banyak memperngaruhi kondisi seksualitas seorang pria maupun kegiatan pria tersebut dalam melakukan buang air kecil. 

Namun bila kenyataannya terbalik dan kondisi Hipospadia tergolong parah maka artinya letak posisi si saluran uretra berada jauh dibanding dengan letak dan posisi uretra normalnya misalnya berada di dekat buah zakar atau skrotum. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bila hal ini terjadi, sebaiknya dilakukan pengobatan dan perawatan sejak dini karena dikhawatirkan kelak akan menimbulkan berbagai permasalahan baik dalam buang air kecil, kegiatan dan hidup seksualitas, hinggagt;dapat menyebabkan kemandulan dan membuat seorang pria kehilangan rasa kepercayaan dirinya. 

Hal ini tentunya dapat diperparah dengan kondisi penis seorang pria yang menderita Hipospadia parah dimana kondisi penis akan mengalami kelainan dan perubahan bentuk dimana penis akan melengkung ke arah bawah akibat adanya tarikan kulit di sekitar area uretra. 

Maka dengan itu dibutuhkan perawatan dan tindakan medis segera seperti operasi agar bisa mengembalikan bentuk penis menjadi baik seperti normalnya dan dapat mengembalikan kehidupan seksual yang normal bagi pasien penderita Hipospadia tersebut.

Kondisi Hipospadia juga memiliki beberapa ciri ciri ataupun gejala yang dapat menandakan seorang pria mengidap kondisi satu ini seperti :

  • Bentuk penis yang melengkung ke arah bawah karena adanya pengencangan jaringan di bawah penis
  • Kondisi kulup yang tidak berkembang baik di bawah penis sehingga terlihat menaungi ujung penis
  • Adanya ketidak normalan saat seorang pria sedang buang air kecil

Untuk para ibu atau ayah yang melihat adanya gejala-gejala diatas pada putranya, sebaiknya segera membawa si anak tersebut ke dokter anak terdekat untuk menanyakan dan mengkonsultasikan keadaan si anak 

Dokter akan menganalisis apakah si anak mengalami kondisi Hipospadia atau tidak dan akan memberikan pengobatan dan penanganan yang cepat bagi anak sehingga kondisi anak dapat dikembalikan kepada kondisi normal pada umumnya.  

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bila para orang tua tidak peka dalam melihat gejala-gejala yang terjadi pada anaknya atau tidak cepat membawa si anak ke dokter terdekat maka otomatis si anak akan mengalami beberapa dampak buruk atau sisi negatif kondisi Hipospadia seperti:

  • Mengalami ejakulasi yang tidak normal di kemudian hari
  • Anak akan kesulitan untuk belajar buang air kecil
  • Bentuk penis yang melengkung dan tidak normal saat ereksi
  • Adanya gangguan psikologis bagi si anak karena akan muncul rasa kurang percaya diri pada si anak.

Hipospadia sebenarnya dapat dideteksi oleh team dokter begitu bayi dilahirkan ke dunia ini dengan dilakukan pemeriksaan pada penis si bayi. 

Namun bila keadaan Hipospadia terjadi secara parah, maka dokter bisa mengambil tindakan operasi saat si anak belum mencapai usia 1.5 tahun sehingga posisi uretra dapat diperbaiki ke posisi seharusnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini