Batu Empedu - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 12, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 601.675 orang

Penyebab batu empedu sering dikaitkan dengan usia. Usia lebih dari 60 tahun memiliki persentase lebih tinggi terkena batu empedu. Di samping itu, terdapat juga faktor lain di kehidupan kita yang menjadi pemicu pembentukan batu empedu.

Genetik
Studi menunjukkan bahwa pengaruh genetik dari riwayat keluarga sebelumnya dan riwayat operasi pengangkatan batu (kolesistektomi) menjadi resiko utama. 

Kandungan apoE4 pada penderita yang telah menjalani operasi batu empedu berperan dalam penyerapan lemak ke kandung empedu. Karier pada apoE4 sangat rentan pada kolesterol tinggi, sehingga memicu pembentukan batu yang lebih cepat.

Diet dan Obesitas
Orang dengan berat badan yang berlebih memeiliki resiko lebih tinggi dibanding berat badan normal. Kondisi ini diikuti dengan pola makan yang buruk seperti konsumsi makanan berlemak dan porsi makanan cepat saji. 

Ini menyebabkan kadar kolestrol yang diproduksi hati akan meningkat. Meningkatnya kolestrol menimbulkan banyaknya kandungan kolesterol beserta komponen lain di kandung empedu dan membentuk batu.

Merokok
Merokok sangat berbahaya bagi tubuh kita. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa zat kimia pada rokok dapat meningkatkan pembentukan batu empedu.

Penyakit hati (liver)
Penyakit utama yang berhubungan dengan peningkatan bilirubin adalah penyakit liver. Bilirubin yang meningkat akan tersalur ke batu empedu, menghambat saluran dan menumpuk di kandung empedu. 

Bilirubin yang berlebihan ditambah komponen lain akan membentuk batu empedu tipe mixed stones. Pembengkakan hati atau fatty liver disease terjadi karena akumulasi lemak dan trigiserida yang dapat menyebabkan respon inflamasi dan kebocoran pada enzim liver ke peredaran darah. 

Jika kandungan trigliserida masuk ke dalam kandung empedu dengan jumlah yang banyak, memperburuk komposisi empedu sehingga membentuk batu empedu.   

Infeksi
Infeksi juga meningkatkan persentase pembentukan batu empedu. Batu empedu pigmen cokelat mengandung bakteri seperti Klebsiella spp  atau E.coli bila dilihat dengan pemeriksaan mikroskop.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit