Payudara Timpang - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Payudara Timpang - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Payudara adalah salah satu instrument kewanitaan yang sensitif. Payudara mulai bertumbuh di usia puber. Dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima tahun hingga payudara mencapai ukuran sempurna. Bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu. Daerah berwarna gelap di sekitar puting disebut areola.

Ukuran payudara perempuan beragam tergantung faktor keturunan dan asupan gizi. Menurut penelitian, tidak ada krim, obat-obatan maupun latihan khusus yang secara permanen dapat mengubah ukuran payudara.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Perbedaan ukuran antar payudara kerap menjadi sesuatu yang membingungkan serta mengkhawatirkan banyak wanita. Alih-alih mencari penyebabnya, wanita sering mengambil jalan pintas dengan melakukan penambahan bahan silicon yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya perbedaan ukuran antar payudara adalah lumrah terjadi di masa-masa pubertas. Hal ini disebabkan kandungan hormon yang masih berkembang dan biasanya masih berubah-ubah. Apabila keadaan tersebut masih berlangsung bahkan setelah masa puber berlalu, ada beberapa hal yang perlu kita cermati.

Pengkonsumsian obat-obatan yang mengubah struktur hormon, semisal alat kontrasepsi. Peningkatan jumlah hormon mengakibatkan reaksi membesarnya jaringan payudara untuk sementara waktu.

Masa kehamilan dan menopause menyebabkan perubahan kadar hormon yang cukup ekstrem. Seperti pada masa kehamilan, tubuh bersiap untuk proses menyusui hingga memproduksi hormone yang mempengaruhi sistem saluran susu dan kelenjar payudara. Sedangkan pada masa menopause terjadi penurunan hormone eksterogen yang menyebabkan lemahnya jaringan ikat payudara, berefek kendurnya payudara.

Perbedaan ukuran antar payudara sebenarnya tidak perlu diselesaikan dengan langkah operasi kecuali jika terdapat kasus virginal hypertrophy. Virginal hyperthropy adalah kondisi saat payudara terus berkembang bahkan setelah melewati ukuran cup D pada usia remaja.

Pembedahan untuk payudara asimetri mungkin melibatkan proses pembesaran salah satu payudara atau keduanya. Sekitar 90 persen operasi memperbaiki payudara asimetris ini berhasil.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
William Morrison, MD, Limping (https://www.healthline.com/health/walking-abnormalities), 15 August 2017.
Melissa Conrad Stöppler, MD, Limping (https://www.medicinenet.com/limping/symptoms.htm).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app