HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. SCIENTIA INUKIRANA
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA

Obat Paracetamol: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Okt 23, 2020 Tinjau pada Mar 21, 2019 Waktu baca: 3 menit

Paracetamol (acetaminophen) adalah obat pereda nyeri ringan dan pereda demam. Mekanisme obat ini menghambat pembentukan prostaglandin. Prostaglandin merupakan agen peyebab radang dan nyeri pada tubuh.  Paracetamol sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, nyeri otot, arthritis, sakit punggung, sakit gigi, pilek dan demam.  Paracetamol dapat meredakan nyeri pada arthritis ringan tetapi tidak memberi efek apapun pada peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada sendi. Obat ini aman untuk kebanyakan orang dan jarang memberikan efek samping.  

Jenis-jenis Paracetamol

Paracetamol dapat dibeli di apotek. Namun, beberapa paracetamol kombnasi memerlukan resep dokter. Paracetamol biasanya berbentuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Kapsul
  • Tablet larut (tablet yang dapat dilarutkan dalam air untuk diminum)
  • Suntikan pada pembuluh darah, hanya dilakukan di rumah sakit
  • Tablet atau kaplet
  • Cair, umumnya untuk anak-anak
  • Supositoria (kapsul yang dimasukkan melalui jalur belakang atau anus)

Pada beberapa produk, seperti obat pilek dan flu atau kombinasi pereda nyeri, paracetamol dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain, dan dapat dijual dengan nama paracetamol atau nama jual yang terkadang mengandung bahan lain seperti caffein dan vitamin C.  

Cara Kerja Obat

Paracetamol berguna untuk meredakan nyeri. Para ahli masih belum mengetahui secara tepat cara kerja paracetamol, tetapi diperkirakan bahwa paracetamol menghalangi enzim cyclo-oxygenase (COX)  baik COX1 dan COX2  yang terletak terutama di otak.  Paracetamol termasuk dalam kelas obat analgesik (pereda nyeri) yang bukan termasuk narkotik. Paracetamol juga umum disebut antipiretik karena kemampuan paracetamol untuk menurunkan demam.  

Cara Menggunakan Obat

Untuk parasetamol dalam bentuk supositoria rektal, gunakan hanya dengan memasukkan melalui rektum. Cuci tangan sebelum dan setelah memasukkan supositoria. 

Kosongkan perut sebelum menggunakan paracetamol supositoria, kupas bungkus luar supositoria sebelum dimasukkan. Jangan memegang supositoria terlalu lama karena dapat meleleh di tangan. 

Untuk hasil terbaik, berbaringlah dan masukkan bagian lancip supositoria terlebih dahulu, tahan beberapa saat, dan supositoria akan segera meleleh setelah dimasukkan. Anda mungkin merasa tidak nyaman saat memegangnya. Hindari buang air besar setelah menggunakan supositoria. 

Ukurlah paracetamol cair dengan sendok dosis khusus (sendok ukur) atau gelas, bukan sendok makan biasa. Jika Anda tidak mempunyai alat pengukur dosis, mintalah pada farmasis. Anda harus mengocok paracetamol cair sebelum konsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Ikuti petunjuk pada label obat. Untuk paracetamol berbentuk butir effervescent, larutkan satu bungkus butir paracetamol pada 120 mL air. Aduk campuran dan minum segera, tambahkan sedikit air dan minum sisa dosis yang tertinggal. 

Paracetamol dalam bentuk tablet kunyah harus dihabiskan sebelum ditelan. Untuk paracetamol dalam bentuk yang mudah larut, pastikan tangan kering. Letakkan tablet pada lidah dan tablet akan larut dengan sendirinya. Jangan menelan tablet, biarkan tablet larut di mulut tanpa mengunyah.  

Peringatan

Minum paracetamol sesuai dengan petunjuk pada label atau sesuai resep dokter. Jangan meminum secara berlebihan dari yang direkomendasikan. Overdosis obat dapat menyebabkan gangguan serius. Jumlah maksimum untuk orang dewasa adalah 1 gram per dosis dan 3 gram per har untuk paracetamol tablet atau kaplet dengan jarak pemberian 6-8 jam sekali . 

Konsumsi berlebih dapat menyebabkan kerusakan hati. Apabila Anda mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol lebih dari 3 kali sehari, hubungi dokter untuk mendapatkan keterangan sebelum dapat meminum paracetamol dan jangan mengonsumsi paracetamol lebih dari 2 gram per hari. 

Jika menggunakan paracetamol untuk anak-anak, gunakan paracetamol dalam bentuk pediatrik. Ikuti petunjuk dosis pada label obat. Jangan memberikan paracetamol pada anak di bawah 2 tahun tanpa resep dokter karena membutuhkan dosis sesuai dengan berat badan anak.  

Efek Samping

Berikut ini adalah efek samping paracetamol, tetapi jarang terjadi:

  • Reaksi alergi, yang dapat menyebabkan ruam dan bengkak
  • Kelainan darah, seperti thrombocytipenia (kekurangan jumlah platelet) dan leukopenia (kekurangan jumlah sel darah putih)
  • Wajah kemerahan, tekanan darah rendah dan denyut jantung cepat, terutama apabila menggunakan paracetamol suntik di rumah sakit
  • Kerusakan ginjal dan hati apabila overdosis, yang dapat berakibat fatal

Interaksi Dengan Obat Lain

Berikut ini adalah obat yang tidak aman untuk dikonsumsi bersama paracetamol:

  • Produk lain yang mengandung paracetamol, tertutama obat yang bahan utamanya paracetamol
  • Warfarin, berguna untuk mencegah penggumpalan darah
  • Colestyramine, berguna untuk mengurangi rasa gatal karena sirosis bilier primer
  • Ketoconazole, salah satu tipe obat antijamur
  • Metoclopramide, untuk mengatasi rasa mual dan muntah
  • Phebobarbital, phenytoin dan primidone; obat untuk mengatasi kejang
  • Imatinib dan busulfan
  • Carbamazepine
  • Lixisenatide

 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acetaminophen: Is it as safe as we think?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311949)
Paracetamol for adults: painkiller to treat aches, pains and fever. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/medicines/paracetamol-for-adults/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app