Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Minyak Cendana: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 11, 2019 Tinjau pada DEC 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.006.972 orang

Minyak cendana sering ditemukan dalam kandungan parfum dan pewangi ruangan (aromaterapi) karena memiliki aroma klasik yang dapat meningkatkan kondisi fisik maupun mental. Tidak hanya itu, ternyata minyak cendana juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Minyak cendana sendiri berasal dari kayu dan akar pohon cendana yang banyak berada di India Timur dan merupakan salah satu pohon yang paling mahal di dunia. Tidak hanya itu, pohon cendana juga banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur. Saat ini penggunaan minyak cendana yang masih tergolong keluarga Santalaceae sudah banyak tersebar di seluruh dunia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Minyak cendana sering digunakan dalam pengobatan alternatif baik di India maupun pengobatan tradisional Cina, karena secara tradisional dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi gangguan kesehatan. Biasanya minyak cendana (Sandalwood Oil) digunakan untuk mengatasi flu, infeksi saluran kemih, masalah hati dan kantong empedu, masalah pencernaan, wasir, kudis, serta masalah otot.

Mengenai minyak cendana (Sandalwood Oil)

Golongan

Herbal

Kemasan

Minyak ekstrak essential oil

Kandungan

α-santalol

Manfaat minyak cendana (Sandalwood Oil)

Melalui beberapa penelitian, minyak cendana (Sandalwood Oil) dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat membantu:

Meningkatkan kewaspadaan

Penggunaan aromaterapi dengan kandungan minyak cendana (Sandalwood Oil) dapat meningkatkan denyut nadi, tekanan darah, dan keringat yang menjadi tanda seseorang dalam keadaan waspada.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengelola kecemasan

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa menggunakan minyak cendana (Sandalwood Oil) pada saat pijat dapat membantu mengurangi kecemasan atau kegelisahan, stress, maupun depresi.

Membantu penyembuhan luka

Berdasarkan penelitian di Jerman, penggunaan produk yang mengandung cendana dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit.

Mewaspadai kanker kulit

Kandungan senyawa α-santalol yang terdapat dalam minyak cendana dapat membantu melawan kanker kulit karena kandungannya dapat membunuh sel akibat sel kanker.

Melawan bakteri

Berbagai minyak atsiri (essential oil) dianggap memiliki sifat melawan penyakit terhadap Staphylococcus aureus (MRSA) yang dapat menyebabkan infeksi Staph yang resisten terhadap antibiotik tertentu.

Minyak cendana (Sandalwood Oil) memiliki berbagai manfaat baik untuk kulit, di antaranya mengatasi jerawat dan flek hitam, membantu membersihkan dan mengencangkan kulit, serta mengurangi peradangan atau iritasi kulit ringan seperti kutil atau bisul, serta akibat gigitan serangga.

Penggunaan minyak cendana atau Sandalwood Oil juga seringkali digunakan sebagai aromaterapi. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan langsung ke kulit, menuang beberapa tetes ke dalam lotion, mencampurkan dengan air untuk mengharumkan ruangan, menuangkannya ke dalam infuser essential oil, atau menambahkannya ke dalam air mandi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Efek samping minyak cendana (Sandalwood Oil)

  • Minyak cendana dapat menyebabkan dermatitis, walau dianggap tidak menimbulkan iritasi pada kulit
  • Penggunaan minyak cendana (Sandalwood Oil) dapat menyebabkan reaksi alergi tetapi hal ini jarang terjadi

Dosis minyak cendana (Sandalwood Oil)

Untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih, gunakan dosis 1 - 1,5 gr minyak cendana setiap hari hanya untuk penggunaan maksimal selama 6 minggu. Selain itu, dibutuhkan pengawasan dokter untuk penggunaan minyak cendana (Sandalwood Oil) ini.

Interaksi minyak cendana (Sandalwood Oil)

Hingga saat ini penggunaan minyak cendana (Sandalwood Oil) masih aman digunakan dan belum ada informasi mengenai interaksi minyak cendana dengan obat lain.

Perhatian

  • Sebaiknya ibu hamil dan menyusui menghindari penggunaan minyak cendana (Sandalwood Oil) karena belum ada informasi lebih lanjut mengenai keamanan dan kegunaan minyak cendana (Sandalwood Oil) selama kehamilan dan menyusui
  • Penderita penyakit ginjal tidak diperbolehkan menggunakan kayu cendana secara oral (melalui mulut)
  • Bayi dan anak-anak sebaiknya menghindari penggunaan kayu cendana secara oral (melalui mulut)

Referensi

Healthline. The Health Potential of Sandalwood.

Draxe. (2018). Sandalwood Essential Oils Benefit for the Brain & Body.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp