Beragam Cara Ampuh Mengatasi Kutu Air dan Mencegahnya Datang Lagi

Dipublish tanggal: Nov 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beragam Cara Ampuh Mengatasi Kutu Air dan Mencegahnya Datang Lagi

Kutu air adalah masalah yang umum terjadi saat musim penghujan. Hal ini disebabkan karena masuknya air genangan hujan di sela-sela kaki, sehingga kaki jadi kotor dan lembap. Nah, air yang kotor tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya kutu air. Lalu, bagaimana cara mengatasi kutu air dan mencegahnya datang lagi? Intip tips dan triknya pada ulasan berikut ini.

Apa itu kutu air?

Kutu air adalah munculnya selaput putih pada sela-sela jari kaki, biasanya disebabkan oleh jamur kulit. Kondisi kaki yang lembab maupun hangat menjadi tempat favorit bagi kutu air untuk berkembang, terlebih di musim hujan yang membuat kaki sering terkena genangan air kotor.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Salah satu gejala kutu air adalah kaki terasa gatal, terutama di sela-sela jari. Selain itu, kaki juga bisa jadi pecah-pecah dan terkelupas saat terkena kutu air. Hal ini tentu menganggu aktivitas serta penampilan Anda. 

Bagaimana cara mengatasi kutu air?

Bila Anda terkena kutu air, Anda tak perlu khawatir atau panik. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu air tersebut. Setelah itu, Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap penampilan dan dapat beraktivitas normal seperti biasa. 

Untuk mengatasi kutu air yang tergolong ringan, Anda bisa mengoleskan salep anti jamur pada area kulit yang bermasalah. Sementara untuk mengeringkan bagian kulit yang melepuh akibat kutu air, Anda bisa merendam kaki pada larutan air yang sudah dicampur dengan cuka maupun garam. Lakukan secara rutin sampai kaki terasa nyaman kembali.

Namun, apabila kondisi kutu air sudah parah dan sulit dihilangkan, maka sebagiknya segera konsultasikan ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang lebih ampuh untuk mengatasi kutu air. Dokter juga dapat meresepkan obat minum untuk mempercepat proses penyembuhan kutu air.

Baca Selengkapnya: Obat Kutu Air Paling Ampuh, Cepat, dan Aman Digunakan

Kiat jitu mencegah kutu air datang lagi

Setelah berhasil mengobati kutu air di kaki, Anda tentu tidak ingin kutu air tesebut datang kembali, bukan? Nah, supaya kaki Anda bebas dari kutu air, maka Anda harus melakukan berbagai upaya pencegahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kutu air datang kembali, antara lain:

1. Menjaga kebersihan kaki

Kunci paling penting untuk mencegah kutu air adalah menjaga kebersihan kaki Anda sebaik mungkin. Sebelum tidur, pastikan Anda sudah mencuci kaki dengan bersih hingga ke sela-sela jari. Jangan lupa juga untuk langsung mengeringkan kaki agar tidak lembab.

2. Rajin mengganti kaus kaki

Jangan menggunakan satu pasang kaus kaki berhari-hari karena alasan apa pun. Pasalnya, hal ini akan membuat kaki jadi lembap dan memicu pertumbuhan jamur di kaki.

Ada baiknya, ganti kaus kaki secara rutin dalam beberapa hari. Tidak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk menggonta-ganti sepatu supaya kaki Anda lebih sehat. 

3. Menggunakan sepatu dengan bahan alami 

Salah satu cara untuk mencegah datangnya kutu air adalah dengan menggunakan sepatu dengan bahan alami. Gunakan sepatu dari bahan kulit, lalu pakai kaos kaki berbahan katun agar lebih mudah menyerap keringat.

4. Hindari pakai pelembap di kaki 

Seperti yang sudah diketahui, jamur suka tumbuh di tempat yang lembap. Oleh karena itu, hindari menggunakan pelembap pada bagian kaki saat menggunakan sepatu agar tidak merangsang pertumbuhan jamur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

5. Gunakan bedak di bagian kaki agar kaki tidak lembap

Untuk menghindari keringat berlebih pada bagian kaki, Anda bisa menggunakan bedak tabur ataupun talc pada bagian kaki. Utamakan di sela-sela kaki yang rentan lembap ditumbuhi jamur kaki.

6. Gunakan alas kaki saat berolahraga 

Saat Anda pergi berenang dan pergi ke gym, usahakan untuk selalu menggunakan alas kaki saat berada di area mandi maupun di ruang ganti. Hal ini karena lantai di kamar mandi atau ruang ganti sudah terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari tubuh orang lain, sehingga jamur lebih mudah menempel di kaki. 

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kutu air di kaki dan mencegahnya datang lagi. Selalu jaga kebersihan diri, terutama di bagian kaki, agar kutu air tak lagi mengganggu tampilan kaki Anda. 

Baca Juga: Kutu Air di Tangan? Ketahui Penyebab dan Obatnya

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Thompson DA. Athlete's foot. In: Adult Telephone Protocols. 4th ed. Itasca, IL: American Academy of Pediatrics; 2019.
Fungal infections. Natural Medicines. https://naturalmedicines.therapeuticresearch.com/.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app