Mata Hitam : Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: Apr 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 890.991 orang

Mata hitam merupakan nampaknya memar di sekitar mata. Hal ini biasanya merupakan akibat dari cedera pada kepala atau wajah yang menyebabkan pendarahan di permukaan kulit. 

Ketika pembuluh darah kecil atau kapiler, di permukaan kulit pecah, darah akan keluar kejaringan sekitarnya. Hal ini menyebabkan perubahan warna atau memar

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Hamper semua warna hitam bukanlah hal serius tapi terkadang dapat menjadi indikator dari darurat medis seperti keretakan pada tulang tengkorak. Mata hitam juga disebut sebagai mata memar dan memar di sekitar mata.

Mata hitam dapat muncul setelah prosedur operasi seperti operasi hidung atau facelift. Mata hitam dapat terjadi ketika darah yang berasal dari kening atau hidung, turun ke bawah mata karena grafitasi. 

Mata rakun berarti darah yang turun ke mata dan dikaitkan dengan keretakan pada dasar tulang tengkorak. Selama beberapa hari, warna hitam dan biru dari memar di sekitar mata akan berubah menjadi kuning atau hijau. 

Hal ini dikarenakan darah di bawah kulit akhirnya pecah dan diserap ke jaringan sekitarnya. Tergantung jumlah darah yang berkumpul dalam kulit, jaringan mungkin membutuhkan sekitar dua minggu untuk kembali ke warna normal.

Penting untuk waspada bahwa memar yang tidak diketahui penyebabnya pada seseorang yang Anda kenal mungkin pertanda dari kekerasan domestic. Ahli kesehatan Anda dibutuhkan oleh hokum untuk menanyakan pertanyaan untuk memastikan Anda aman pada situasi domestik.

Diagnosis Mata Hitam

Jika Anda mencari pengobatan medis untuk mata hitam, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan dasar. Mereka akan bertanya bagaimana cedera terjadi dan menanyakan tentang cedera terkait. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Dokter akan melakukan tes pada penglihatan Anda dengan menyinari mata dengan cahaya dan juga meminta mata Anda mengikuti gerak jari mereka. Jika tulang tengkorak dicurigai mengalami keretakan, Anda akan diminta untuk melakukan CT scan dan sinar X pada wajah dan kepala

Jika dicurigai cedera pada mata, Anda akan diminta memeriksakan diri ke ophthalmologist. Dokter spesialis mungkin akan memberikan pewarna pada mata untuk menguji luka pada bola mata. 

Jika dicurigai sebagai cedera kepala, Anda akan dirujuk ke ahli bedah saraf. Jika dicurigai terdapat keretakan pada tulang wajah, Anda akan dirujuk ke spesialis ENT.

Kondisi lain yang mungkin berkaitan dengan mata hitam yaitu:

  1. Tulang hidung patah;
  2. Mengalami benturan keras;
  3. Demam berdarah;
  4. Hemophilia tipe A atau B;
  5. Hematoma epidural;
  6. Darurat mata;
  7. Cedera kepala;
  8. Kekurangan factor II, V, VII atau X;
  9. Sindrom akibat bayi terguncang;
  10. Keretakan pada tulang tengkorak;
  11. Hematoma subdural
  12. Penyakit von Willebrand.

Pengobatan Mata Hitam

Mata hitam karena cedera minor dapat diobati dengan es batu, istirahat dan obat nyeri. Pemeriksaan rutin dengan dokter Anda disarankan jika memiliki perubahan penglihatan atau sakit yang tak kunjung hilang. 

Jika bengkak dan nyeri menyertai memar, berikan kompres air dingin selama 20 menit, kemudian angkat kompres selama 20 menit. Jika bengkak berkurang, Anda dapat memberikan kompres hangat untuk membantu melancarkan aliran darah

Untuk rasa nyeri dan berdenyut, Anda dapat menggunakan pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen. Hindari membei takanan pada daerah nyeri.

Terdapat beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk mengobati mata hitam. Tempat kompres es adalah cara terbaik. Terkadang oang-orang menggunakan tepat daging beku. Sebaiknya hidari menggunakan ini, karena daging mengandung bakteri yang berbahaya.

Arnika merupakan herbal yang baik untuk mengobati atau mengurangi bengkak. Pilihan lain adalah dengan mencampur 5 sendok makan dari vaselin yang dicairkan dengan cabe rawit untuk membuat obat salep alami. 

Namun hati-hati dengan obat-obatan ini. Salep dapat membuat bola mata terasa terbakar jika keduanya saling kontak. Vitamin C dan K juga membantu meredakan dan mengurangi bengkak.

Anak kecil akan membutuhkan kompres air dingin pada mata mereka selama 15 menit dalam satu hari. Mereka juga membutuhkan menggunakan penutup mata karena bengkak memaksa mata mereka menutup. 

Di rumah, letakkan kepala anak lebih tinggi daripada jantung mereka selama sehari atau dua hari. Coba untuk mencegah mereka terlalu aktif. Selain itu cegah anak Anda mengucek mata mereka.

Mata hitam yang disertai dengan gejala lain yang membutuhkan perhatian medis perlu pengobatan medis. Mata hitam mungkin juga pertanda keretakan tulang wajah. 

Anda perlu memeriksakan diri jika terdapat patah tulang pada wajah atau tengkorak. Jika sakit kepala terasa terus menerus atau mengalami kehilangan penglihatan atau hilang kesadaran, mata hitam mungkin gejala dari keretakan. Gejala lain dri keretakan yaitu mual, muntah, pusing, lesu dan hlang ingatan.

Hal serius lainnya adlaah mengalirnya darah atau cairan bening dai hidung atau telinga Anda. Darah pada permukaan bola mata juga perlu perhatian. Hal ini bisa jadi pertanda dari robeknya jaringan bola mata atau kerusakan pmbuluh darah di mata. 

Hal ini menyebabkan pembengkakan dan infeksi yang dapat  membuat mata Anda sulit begerak dan mengaburkan penglihatan Anda.

Komplikasi Mata Hitam

Terkadang mata hitam dapat terjadi tanpa trauma yang mempengaruhi mata. Jika Anda memiliki alergi berat nasal, Anda dapat mengalami alergi mata bengkak. 

Mata bengkak ini menyebabkan lingkaran hitam atau penampilan mata hitam karena aliran darah sedikit terhambat. Pembuluh vena kecil di bawah mata akan tergenang oleh darah dan membesar karena darah yang kembali ke jantung lebih lambat. 

Meskipun kemungkinannya tinggi, mata hitam pada anak tanpa tanda trauma dapat menjadi gejala dari leukemia myeloid.  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit