ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

10 Manfaat Toge (Tauge) untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Dipublish tanggal: Jul 6, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Manfaat Toge (Tauge) untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Setiap 100 gram tauge mengandung 37 kalori, 4,4 gram protein, 0,5 gram lemak, 3,8 gram karbohidrat, 1,7 gram serat, serta vitamin dan mineral lainnya.
  • Kandungan serat dalam toge dapat membantu melancarkan pencernaan. Kadar glutennya juga lebih rendah sehingga lebih mudah dicerna.
  • Antioksidan dalam tauge memiliki efek antiinflamasi kuat sehingga dapat mendukung pengobatan kanker, hipertensi, hingga sepsis.
  • Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, manfaat toge dapat meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus mengatasi stres.
  • Tauge dikenal sebagai salah satu makanan untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Vitamin E-nya juga mampu melembutkan kulit.
  • Selain makan makanan bergizi, bila perlu, seimbangkan juga dengan minum vitamin & suplemen terbaik agar tubuh tetap sehat dan fit seharian.

Jika ditanya soal manfaat tauge, satu hal yang terlintas dalam pikiran Anda adalah makanan penyubur sperma. Ya, selama ini, tauge alias toge banyak diandalkan oleh kaum pria untuk meningkatkan kualitas spermanya. Padahal, manfaat toge lebih dari sekadar itu, lho!

Kandungan gizi toge

Tauge alias toge adalah biji-bijian yang dibiarkan tumbuh sampai menjadi kecambah. Toge umumnya berasal dari kecambah kacang hijau, tapi bisa juga dari kacang kedelai.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dilihat dari kandungan nutrisinya, setiap 100 gram tauge mengandung:

  • 37 kalori
  • 4,4 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 3,8 gram karbohidrat
  • 1,7 gram serat

Selain itu, toge juga mengandung vitamin dan mineral lainnya seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, hingga vitamin C. Maka tak heran jika meski bentuknya kecil, kecambah yang satu ini menyimpan banyak kebaikan bagi tubuh.

Manfaat toge untuk kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, tauge memberikan banyak khasiat. Tak hanya sekadar meningkatkan kualitas sperma kaum pria saja, berikut manfaat toge selengkapnya:

1. Melancarkan pencernaan

Biji-bijian yang tumbuh menjadi kecambah memiliki kandungan serat tak larut yang melimpah. Serat tak larut adalah jenis serat yang membantu melancarkan pencernaan. Hal ini tentu sangat baik untuk Anda yang kerap mengalami sembelit.

Selain itu, tauge juga mengandung kadar gluten dan antinutrien yang lebih rendah. Maka tak heran jika kecambah ini lebih mudah dicerna, terutama bagi orang yang sensitif terhadap gluten.

Baca Juga: Hindari Gluten Jika Anda Memiliki 3 Penyakit Ini

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Mengendalikan gula darah

Penelitian mengungkapkan bahwa kecambah memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas enzim amilase. Enzim tersebut digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula dengan optimal.

Lebih lanjut, makan kecambah disinyalir dapat membantu mengendalikan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat toge yang satu ini dipengaruhi oleh kemampuannya dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total.

Seperti yang diketahui, kolesterol jahat merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

4. Mengurangi peradangan

Sejumlah studi awal menungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam tauge memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Hal ini dinilai dapat mendukung pengobatan kanker, hipertensi, hingga sepsis.

5. Mengatasi kecemasan karena stres

Kekurangan vitamin C tak hanya bisa memicu sariawan, tapi juga bisa bikin cepat stres. Namun tak perlu khawatir, kandungan vitamin C dalam kecambah toge bisa membuat Anda terhindar dari stres.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menariknya lagi, kecambah tauge juga mengandung bioflavonoid yang mampu melindungi tubuh dari stres. Makan toge juga bisa membantu meningkatkan kadarmelatonin sehingga Anda bisa bangun dan tidur dengan nyaman.

6. Menjaga sistem imun tubuh

Makan secangkir atau sekitar 230 gram tauge bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Zat besi berfungsi untuk menguatkan sel-sel tubuh lebih efektif melawan infeksi. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C-nya, maka manfaat toge makin besar dalam menguatkan sistem imun tubuh.

7. Menguatkan tulang

Kecambah tauge mengandung banyak mineral, salah satunya mangan. Nyatanya, kandugnan mangan dalam toge bisa membantu membentuk tulang yang kuat.

Terlebih jika dikombinasikan dengan asupan kalsium, vitamin D, magnesium, zinc, tembaga, dan boron, maka hal ini bisa mengurangi risiko osteoporosis.

8. Meningkatkan kesuburan

Manfaat toge yang satu ini didapat dari kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha. Bagi kaum pria, vitamin E mampu melindungi sperma dari radikal bebas, sehingga spermanya terbentuk secara optimal dan subur.

Baca Selengkapnya: 15 Makanan Kesuburan yang Meningkatkan Jumlah Sperma dan Volume Semen

9. Melembutkan kulit

Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, makan tauge diam-diam bisa membuat kulit Anda lebih segar dan lembut. Kecambah toge juga menjadi sumber protein utama yang diperlukan untuk memaksimalkan proses pergantian sel kulit lama dengan yang baru.

10. Baik untuk kesehatan wanita

Tauge merupakan estrogen alami yang berfungsi seperti sintesis estrogen. Kandungan estrogennya dapat meningkatkan kepadatan dan struktur tulang, sehingga menghambat risiko osteporosis.

Manfaat makan toge secara teratur juga bisa membantu mencegah kanker payudara, masalah menstruasi, hingga gejala pra-menopause.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. (https://www.panganku.org/id-ID/view).
Health Benefit Times. Health Benefits of Bean Sprouts. (https://www.healthbenefitstimes.com/bean-sprouts/).
Dr. Axe. Top 5 Health Benefits of Bean Sprouts (#2 is a Sight to Behold). (https://draxe.com/nutrition/bean-sprouts/). 24 September 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app