ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Manfaat Probiotik untuk Ibu Hamil dan Sumber Terbaiknya

Dipublish tanggal: Agu 13, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Probiotik untuk Ibu Hamil dan Sumber Terbaiknya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sebagian besar terdiri dari bakteri dan diikuti oleh ragi (jamur). Mirip dengan mikroorganisme alami yang ditemukan pada usus manusia.
  • Makanan maupun minuman probiotik mampu mengurangi jumlah bakteri jahat yang bisa memicu penyakit, seperti diare dan sembelit.
  • Konsumsi probiotik dapat membantu menurunkan risiko vaginosis bakterialis, pre-eklampsia, hingga persalinan prematur pada ibu hamil.
  • Konsumsi suplemen probiotik dapat menurunkan kemungkinan anak-anak terkena eksim hingga 22%.
  • Makanan sumber probiotik yang aman untuk ibu hamil adalah yogurt, miso, tempe, dan susu fermentasi.
  • Klik untuk mendapatkan Probiotik atau makanan & minuman sehat lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Banyaknya bakteri jahat dalam tubuh dapat menimbulkan sejumlah penyakit, tak terkecuali pada saluran pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, konsumsi makanan dan minuman probiotik adalah langkah awal yang dapat dilakukan. Ini karena probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri jahat tersebut, sehingga tubuh bisa kembali sehat. Namun, apakah probiotik aman dikonsumsi saat hamil? Apa saja manfaat probiotik untuk ibu hamil? Semua jawabannya ada dalam ulasan berikut ini.

Apa itu probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sebagian besar terdiri dari bakteri dan diikuti oleh ragi (jamur). Probiotik mirip dengan mikroorganisme alami yang ditemukan pada usus manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada 3 jenis probiotik yang paling umum, yaitu Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces. Jenis-jenis bakteri tersebut sering dijuluki sebagai 'bakteri baik' karena mampu menyeimbangkan jumlah bakteri jahat di usus, sehingga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Baca Juag: Perbedaan Probiotik dan Prebiotik yang Perlu Anda Tahu

Manfaat probiotik untuk ibu hamil dan janin

National Library of Medicine (NLM) dan National Institute of Health (NIH) menyimpulkan bahwa tampaknya tidak ada risiko penggunaan probiotik untuk ibu hamil atau menyusui. Maka bisa dibilang bahwa konsumsi probiotik cenderung aman untuk ibu hamil. 

Secara umum, berbagai manfaat probiotik untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil

Sembelit dan diare adalah dua kondisi yang kerap mengintai ibu hamil. Nah, dua masalah tersebut bisa diatasi dengan konsumsi probiotik saat hamil.

Melansir dari Today's Dietitian, baik makanan maupun minuman probiotik mampu mengurangi jumlah bakteri jahat yang bisa memicu penyakit, terutama pada saluran pencernaan. Maka tak heran jika probiotik dikenal sebagai salah satu makanan pelancar pencernaan paling ampuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Mengobati vaginosis bakterialis (BV) pada ibu

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan dan minuman probiotik dapat membantu mengobati vaginosis bakterialis pada ibu hamil. Vaginosis bakterialis adalah infeksi vagina yang dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, termasuk salah satunya persalinan prematur.

Baca Juga: 10 Makanan Sumber Probiotik untuk Kesehatan Vagina

3. Menurunkan risiko pre-eklampsia dan persalinan prematur

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa makanan yang ibu konsumsi selama hamil akan memengaruhi kondisi persalinannya nanti. Salah satunya, jika Anda rutin mengonsumsi minuman probiotik selama kehamilan, hal ini dapat membantu menurunkan risiko pre-eklampsia sebanyak 11% dan persalinan prematur 27%. 

4. Meningkatkan sistem imun bayi

Tak hanya di pencernaan, konsumsi probiotik selama kehamilan juga dapat menjaga jumlah bakteri baik di vagina. Saat persalinan pervaginam, bakteri tersebut akan ikut bersama bayi Anda. Alih-alih berbahaya, bakteri baik dari sang ibu justru bisa membantu mengoptimalkan sistem kekebalan bayi baru lahir.

Efek serupa juga bisa terjadi pada bayi yang lahir melalui operasi caesar dengan proses pembenihan (vaginal seeding). Para peneliti percaya bahwa mikroba-mikroba yang menempel pada vagina ibu dapat melindungi bayi dari penyakit berbahaya setelah lahir.

5. Menurunkan risiko eksim pada bayi

Melansir dari NHS UK, konsumsi suplemen probiotik dapat menurunkan kemungkinan anak-anak terkena eksim hingga 22%. Temuan ini diperoleh dari studi yang dilakukan oleh para ahli dari Imperial College London, the University of Oxford, dan University of Nottingham tahun 2018 lalu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sayangnya, belum diketahui secara pasti apakah manfaat ini berasal dari wanita yang mengonsumsi suplemen probiotik selama kehamilan atau menyusui, atau justru dari bayi yang mengonsumsi formula yang disuplementasikan.

Makanan dan minuman probiotik yang aman untuk ibu hamil

Nah, sekarang Anda tak perlu ragu lagi bila ingin mengonsumsi probiotik saat hamil. Meskipun dinilai aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda.

Lebih amannya lagi, pilihlah makanan dan minuman probiotik yang berasal dari bahan alami daripada suplemen. Beragam makanan sumber probiotik yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah:

  • Yogurt
  • Miso dan tempe
  • Susu fermentasi

Meskipun manfaat probiotik untuk ibu hamil sangat menakjubkan, tetaplah konsumsi probiotik sewajarnya dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kandungan untuk memastikan calon bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan optimal sampai waktu melahirkan.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Canadian Family Physician. Are probiotics safe for use during pregnancy and lactation? (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3056676/). Maret 2011.
Nutrients. Rationale of Probiotic Supplementation during Pregnancy and Neonatal Period. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6267579/). November 2018.
British Medical Journal (BMJ). Women taking probiotics during pregnancy might have lower pre-eclampsia and premature birth risk. (https://www.bmj.com/company/newsroom/women-taking-probiotics-during-pregnancy-might-have-lower-pre-eclampsia-and-premature-birth-risk/).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app