ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

3 Kondisi yang Dapat Diatasi dengan Obat Ondansetron

Dipublish tanggal: Jul 17, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Kondisi yang Dapat Diatasi dengan Obat Ondansetron

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ondansetron adalah jenis obat keras golongan antiemetik (anti muntah). Tersedia dalam bentuk tablet, tablet terdisintegrasi, larutan, dan selaput.
  • Ondansetron bekerja dengan cara menghentikan pelepasan serotonin dalam usus dan sistem saraf, yakni senyawa alami yang memicu mual dan muntah.
  • Manfaat Ondansetron dapat membantu mencegah mual muntah setelah operasi. Biasanya diberikan 1 jam sebelum operasi dimulai.
  • Dokter dapat memberikan Ondansetron untuk membantu meredakan mual setelah kemoterapi. Diberikan setidaknya 30 menit sampai 1 jam sebelum kemoterapi.
  • Meski kerap menjadi efek samping yang tidak diinginkan, efek kantuk setelah minum Ondansetron bisa bantu pasien tertidur sebelum mulai operasi.
  • Karena termasuk obat keras, selalu ikut dosis dan aturan penggunaan Ondansetron dari dokter. Hindari berhenti minum obat secara tiba-tiba untuk menghindari efek samping yang lebih parah.
  • Klik untuk mendapatkan Ondansetron atau obat lambung & saluran pencernaan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Setelah menjalani operasi atau kemoterapi, pasien kerap terganggu dengan sejumlah efek samping yang muncul, seringnya berupa mual dan muntah. Hal ini tentu saja membuat pasien jadi tidak nyaman bahkan sampai bikin tidak nafsu makan. Guna mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat antiemetik untuk meredakan mual, salah satunya dengan Ondansetron. Simak beragam manfaat Ondansetron lainnya berikut ini.

Ondansetron obat apa?

Ondansetron adalah jenis obat keras golongan antiemetik (anti muntah). Obat ini tersedia dalam 4 bentuk, yaitu tablet, tablet terdisintegrasi (tablet terpecah ketika diletakkan di atas lidah), larutan, dan selaput. Karena tergolong obat keras, Ondansetron hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ondansetron bekerja dengan cara menghentikan pelepasan serotonin dalam usus dan sistem saraf. Serotonin itu sendiri merupakan senyawa alami yang merangsang timbulnya mual dan muntah dari dalam tubuh.

Ketika serotonin dihambat, maka reaksi mual dan muntah dapat diminimalisir sebaik mungkin. Pasien pun akan merasa lebih nyaman, khususnya setelah tindakan operasi atau kemoterapi.

Ondansetron dapat digunakan secara tunggal maupun dikombinasikan dengan obat-obatan lainnya. 

Baca Selengkapnya: Ondansetron: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Manfaat Ondansetron untuk pengobatan medis

Berbagai fungsi Ondansetron adalah sebagai berikut:

1. Mencegah mual muntah setelah operasi

Beberapa pasien mengaku merasakan mual hingga muntah setelah operasi. Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh pengaruh anestesi atau obat bius yang digunakan. Namun, bisa juga karena faktor lainnya seperti naiknya asam lambung, tekanan darah rendah (hipotensi), anemia, atau kadar gula darah rendah (hipoglikemia).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Guna mencegahnya, dokter biasanya akan memberikan Ondansetron setidaknya 1 jam sebelum operasi dilakukan. Hal ini akan membantu meminimalisir risiko mual dan muntah yang kerap terjadi pasca operasi.

2. Mencegah mual muntah karena kemoterapi atau radiasi

Pasien yang baru saja selesai kemoterapi atau radiasi kerap terganggu dengan sensasi mual atau bahkan sampai muntah. Hal ini dapat terjadi sesaat setelah kemoterapi atau beberapa hari setelahnya. 

Penyebab mual setelah kemoterapi bermacam-macam. Bisa karena pengaruh dosis obat, cara pemberian obat (obat minum atau cairan infus), atau frekuensi perawatan. 

Baca Juga: Efek Samping Kemoterapi dalam Pengobatan Kanker

Nah, di sinilah manfaat Ondansetron bagi pasien. Dokter dapat memberikan obat antiemetik, salah satunya berupa Ondansetron, untuk membantu meredakan mual.

Pasien akan diberikan Ondansetron setidaknya 30 menit sampai 1 jam sebelum kemoterapi atau 1-2 jam sebelum radiasi. Penggunaannya dapat dilanjutkan sampai 5 hari setelahnya atau sesuai anjuran dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika pasien sampai muntah, pasien mungkin akan diberikan obat pereda mual lewat infus atau supositoria supaya tidak terbuang sia-sia.

3. Membantu pasien tertidur sebelum operasi

Efek samping Ondansetron salah satunya menyebabkan pasien mengantuk. Meski kerap menjadi efek samping yang tidak diinginkan, hal ini ternyata cukup membantu pasien tertidur sebelum mulai operasi.

Namun lagi-lagi, perolehan manfaat Ondansetron yang satu ini tentunya harus di bawah pengawasan dokter dan hanya diberikan jika memang dibutuhkan.

Aturan penggunaan Ondansetron untuk redakan mual dan muntah

Ondansetron harus digunakan sesuai dosis dan anjuran dokter. Ikuti terus dosisnya meskipun mungkin Anda sudah tidak lagi merasa mual atau muntah.

Hindari berhenti minum obat antiemetik secara tiba-tiba tanpa pengawasan dokter. Alih-alih meredakan gejala, hal ini malah bisa membuat mual dan muntah jadi tidak terkontrol bahkan memperparahnya.

Oleh karena itu, selalu ikuti dosis dan aturan penggunaan Ondansetron dari dokter Anda. Konsultasikan lebih lanjut jika gejala mual dan muntah sudah mereda atau bahkan semakin parah setelah menggunakan Ondansetron. Dokter akan membantu mengurangi dosis atau mungkin mengganti obat antiemetik sesuai kondisi Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Drugs.com. Ondansetron. (https://www.drugs.com/ondansetron.html). 24 Oktober 2019.
Patient. Ondansetron for nausea and vomiting. (https://patient.info/medicine/ondansetron-for-nausea-and-vomiting-sickness). 14 Januari 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app