5 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kulit

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kulit

Minyak kemiri sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan sebagai perawatan rambut alami, termasuk membantu menebalkan dan memperkuat akar rambut terutama pada bayi baru lahir, mencegah munculnya uban (rambut putih) di usia muda, mengurangi peradangan penyebab ketombe, serta mengatasi rambut rontok dan menghindari masalah kebotakan. 

Tapi tak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut saja, ternyata minyak kemiri yang mengandung berbagai kandungan alami dan sehat, seperti asam linoleat, protein, vitamin B, vitamin E, gliserida, serta mineral lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan seringkali dijadikan bahan produk perawatan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kulit

Minyak kemiri atau dikenal juga dengan kukui oil sudah lama digunakan untuk melembabkan dan melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi iritasi kulit serta luka bakar. Asam lemak yang terkandung dalam kemiri juga menjadi bahan produk pelembab kulit dan rambut kering. Selain itu, minyak kemiri juga paling sering digunakan sebagai salah satu minyak pijat. Berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri bagi kulit lainnya:

1. Membuat kulit terasa lembut dan bercahaya

Minyak kemiri (candlenut oil) bermanfaat untuk membuat kulit terasa lebih halus dan tidak membuat kulit menjadi berminyak dan lengket. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang terdapat dalam minyak kemiri juga memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, minyak kemiri (kukui oil) juga dapat melembabkan kulit serta membuat kulit kering terlihat lebih sehat dan bercahaya. 

2. Melindungi kulit dari kerusakan

Minyak kemiri (candlenut oil) mudah terserap pada lapisan kulit terdalam dan membentuk pelindung bagi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari maupun untuk mengobati kulit yang terbakar, kulit pecah-pecah, psoriasis, kulit kering, stretch mark, bekas jerawat, bekas luka, lesi maupun eksim. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam linoleat dan antioksidan pada minyak kemiri (kukui oil) yang dapat membantu mengatasi berbagai kondisi kulit serta menjaga kulit agar tetap sehat dan bernutrisi.

3. Mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit

Minyak kemiri (candlenut oil) memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kulit keriput serta melembabkan kulit wajah agar tampak lebih muda dan kencang. Dengan menggunakan minyak kemiri, kulit wajah akan tetap terawat karena kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak kemiri dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati.

4. Mengendalikan gejala eksim

Salah satu masalah kulit yang cukup sering terjadi adalah eksim. Tidak hanya mampu memberikan kelembaban pada kulit, tetapi minyak kemiri (candlenut oil) juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah gatal secara efektif. Peradangan tidak hanya terjadi pada kulit, tetapi efek anti inflamasi yang juga terdapat pada kandungan asam lemak dalam minyak kemiri (candlenut oil) yang terserap ke dalam kulit juga mampu mengurangi rasa nyeri pada otot dan sendi.

5. Menguatkan kulit kepala

Selain diterapkan pada kulit wajah dan kulit tubuh, minyak kemiri (candlenut oil) juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai kondisi yang terjadi di kulit kepala. Beberapa manfaat penerapan minyak kemiri (candlenut oil) di kulit kepala antara lain meningkatkan kekuatan rambut akibat asam linolenat yang terdapat pada minyak kemiri mampu memberikan nutrisi penting bagi kesehatan rambut, melembabkan, serta mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, minyak kemiri (candlenut oil) juga digunakan sebagai zat pelembut untuk mencegah kulit kering di kulit kepala serta mengurangi risiko munculnya ketombe yang juga dapat mencegah kerontokan rambut.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zampieri N, et al. (2009). A prospective study in children: Pre- and post-surgery use of vitamin E in surgical incisions. DOI: (http://dx.doi.org/10.1016/j.bjps.2009.08.018)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app