Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Wajah

Manfaat Masker Activated Charcoal dan Cara Membuatnya di Rumah

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.380.504 orang

Masker wajah merupakan benda yang wajib digunakan bagi hampir setiap wanita. Menggunakan masker secara rutin dapat secara signifikan meningkatkan warna kulit dan kesehatan kulit Anda, terutama ketika menggunakan activated charcoal atau arang aktif sebagai bahan utamanya.

Arang aktif sangat efektif untuk mengikat racun dan bahan kimia, sehingga bahan tersebut telah lama digunakan dalam sejumlah situasi darurat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Arang disebut aktif ketika diproses menggunakan temperatur tinggi yang digabungkan dengan gas dan zat oksidatif lainnya. Dari masalah keracunan makanan hingga overdosis obat, arang aktif pada dasarnya bertindak sebagai sebuah magnet. 

Dari sifat tersebut, arang aktif dapat menarik dan mengikat racun di dalam tubuh manusia, sifat tersebut umumnya juga berlaku untuk kulit manusia.

Manfaat Masker Activated Charcoal untuk Wajah

  • Menyerap Minyak, Kotoran, dan Racun
    Apakah Anda memiliki kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat? Menggunakan masker dengan bahan arang aktif dapat membantu mengeluarkan kotoran sehingga kotoran wajah dapat dihilangkan dari pori-pori.
  • Mencegah Penuaan Dini
    Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika menerapkan arang aktif ke permukaan kulit, bahan tersebut mampu mengencangkan pori-pori, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi peradangan. Pada akhirnya, orang yang menggunakan arang aktif dapat memiliki kulit yang tampak lebih muda.
  • Mengatasi Gigitan Serangga
    Saat mengoleskan arang aktif ke sengatan atau gigitan serangga, atau bahkan luka dan goresan, arang aktif dapat mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan risiko infeksi.
  • Mengobati jerawat
    Bergantung pada jenis jerawatnya dan seberapa parah jerawat Anda, menggunakan arang aktif mungkin dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Dalam bentuk sabun, arang aktif mungkin sedikit berpasir, yang mungkin memberikan efek pengelupasan lembut pada kulit. Arang aktif juga dapat menyerap minyak dan racun di dan di bawah kulit.
  • Menyeimbangkan kulit berminyak
    Kulit berminyak? Saat digunakan dalam pembersih atau masker wajah, arang aktif dapat menarik minyak berlebih yang tidak diinginkan dari kulit, dan membuat kulit tampak lebih halus. Gunakanlah paling banyak sekali atau dua kali per minggu, agar terhindar dari kulit kering.
  • Mengecilkan pori-pori
    Arang aktif ketika digunakan dalam masker wajah dapat mengikat kotoran dan membantu mengeluarkan kotoran wajah dari pori-pori, sehingga dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil. Arang aktif dapat membuat wajah Anda terasa lebih segar.

Selain memiliki berbagai macam manfaat pada wajah, masker activated charcoal juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada kondisi kulit kepala

Kulit berketombe, kemerahan, kulit kepala berminyak dan gatal dapat dihilangkan dengan menggunakan arang aktif. Anda bisa menggunakannya sebagai perawatan kulit kepala sebelum Anda keramas atau bisa juga dicampur dengan shampo. 

Arang aktif dapat bekerja pada kulit kepala Anda seperti halnya pada kulit dan rambut Anda dengan mengeluarkan racun dan membersihkannya.

Cara membuat Masker Activated Charcoal di Rumah

Bahan

  • 1 sdt tanah liat bentonit
  •  1 sdt bubuk arang aktif
  • 2 sdt air/ sari apel
  •  ½ sdt madu mentah

Instruksi penggunaan

  •  Cuci wajah Anda seperti biasa dan keringkan dengan handuk.
  • Menggunakan wadah plastik atau gelas dan sendok ukur, gabungkan semua bahan dan aduk sampai terbentuk pasta. Tambahkan lebih banyak sari apel atau air jika campuran terlalu kental.
  • Oleskan dan ratakan masker activated charcoal di wajah Anda tipis-tipis, hindari mengoleskan pada area mata dan mulut.
  • Biarkan selama 15-20 menit sampai masker mengering.
  • Cuci dengan air hangat
  • Gunakan setiap 3-7 hari, tergantung bagaimana jenis kulit Anda.

Tips menggunakan Masker Activated Charcoal

  • Masker arang aktif dapat mengotori kain berwarna terang, dan mungkin wastafel Anda. Hati-hati saat menggunakannya pada pakaian yang berwarna terang, dan segera bersihkan bekas masker dari bak cuci saat digunakan.
  • Masker arang aktif bisa sulit dilepaskan, dan menggunakan sabun berbahan lembut dapat membantu menghilangkan sisa arang dari kulit Anda. Menggunakan waslap juga dapat membantu.
  • Masker wajah arang aktif mungkin terlalu kering untuk beberapa jenis kulit, terutama setelah menggunakan sabun untuk menghilangkannya. Jika ternyata kulit Anda terasa kering , oleskan minyak tipis, seperti minyak almond manis atau minyak biji labu, atau lotion wajah alami favorit Anda sesudah menggunakannya. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit