ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Tak Hanya Sedapkan Makanan, Ini 10 Manfaat Kapulaga untuk Tubuh

Dipublish tanggal: Jul 7, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tak Hanya Sedapkan Makanan, Ini 10 Manfaat Kapulaga untuk Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kandungan antioksidan pada kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronis, hingga meredam stres.
  • Sama seperti jahe, manfaat kapulaga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, sembelit, sampai luka lambung.
  • Kapulaga memiliki kemampuan untuk melawan 5 jenis bakteri penyebab gigi berlubang, melawan infeksi, sekaligus mengatasi bau mulut.
  • Ketika digunakan sebagai aromaterapi, aroma segar kapulaga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen, termasuk selama berolahraga.
  • Ekstrak kapulaga diketahui dapat menurunkan enzim hati, trigliserida, dan kolesterol secara bersamaan. Hal ini dapat meminimalisir risiko perlemakan hati non-alkoholik.
  • Bila perlu, jaga sistem imun dan stamina tubuh dengan konsumsi vitamin dan suplemen terbaik dari HDmall supaya tubuh tetap fit setiap hari.

Kapulaga adalah salah satu rempah yang kerap ditambahkan ke dalam berbagai masakan Indonesia. Tak hanya familiar di dunia perbumbuan, kapulaga ternyata sudah lama dijadikan obat herbal bagi kesehatan. Sudah tahu apa saja manfaat kapulaga? Berikut selengkapnya.

Manfaat kapulaga untuk kesehatan

Makanan yang diracik dengan kapulaga biasanya akan terasa sedikit pedas manis yang khas. Pasalnya, kapulaga memiliki rasa yang mirip seperti mint tapi pedas-manisnya cenderung gurih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain dijadikan bumbu masakan, kapulaga telah lama digunakan sebagai komponen pengobatan tradisional sejak berabad-abad silam. Mulai dari biji, minyak, hingga ekstraknya kini banyak digunakan sebagai bahan minyak esensial.

Berikut adalah manfaat kapulaga untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan, antara lain:

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Penelitian menemukan bahwa penderita diabetes yang makan 3 gram bubuk kapulaga mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Para ahli menduga hal ini ada kaitannya dengan tingginya kadar antioksidan pada kapulaga. 

Selain itu, rempah-rempah juga disinyalir memiliki efek diuretik yang dapat menghilangkan kelebihan air dalam tubuh, termasuk di jantung. Hal inilah yang membuat tekanan darah jadi lebih stabil.

2. Menurunkan kadar gula darah

Kapulaga diketahui mampu menahan gula darah agar tidak melonjak dalam tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan hal ini.

3. Mencegah maag

Sama seperti jahe, manfaat kapulaga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Beberapa orang menggunakan rempah ini untuk membuat teh guna menenangkan perut yang nyeri, perut kembung, hingga sembelit. Kapulaga diketahui juga mampu melindungi lambung dari luka (ulkus).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Mengatasi bau mulut dan mencegah gigi berlubang

Kapulaga memiliki kemampuan untuk melawan 5 jenis bakteri penyebab gigi berlubang. Sifat antibakteri inilah yang juga membuat manfaat kapulaga mampu mengatasi bau mulut akibat penumpukan bakteri pada gigi dan mulut.

5. Mengatasi infeksi

Tak hanya di sekitar mulut, efek antibakteri pada kapulaga juga mampu melawan infeksi di seluruh tubuh. Penelitian tabung menunjukkan bahwa minyak atsiri dan ekstrak kapulaga dinilai lebih efektif mengatasi infeksi E.coli dan Staphylococcus, dua bakteri penyebab keracunan makanan, dibandingkan penggunaan obat standar.

6. Menjaga kesehatan paru

Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aluran udara ke paru-paru. Hal inilah yang membuat rempah khas yang satu ini bisa menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Ketika digunakan sebagai aromaterapi, aroma segar kapulaga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen, termasuk selama berolahraga.

7.  Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Peradangan terjadi ketika tubuh terpapar benda asing yang dianggap berbahaya. Bila dibiarkan jangka panjang, hal ini dapat memicu berbagai penyakit kronis lainnya.

Kabar baiknya, kandungan antioksidan yang melimpah pada kapulaga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sekaligus menghentikan peradangan. Berkat manfaat kapulaga ini, tubuh Anda pun terlindungi dari risiko penyakit kronis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

8. Menjaga kesehatan hati

Ekstrak kapulaga diketahui dapat menurunkan enzim hati, trigliserida, dan kolesterol secara bersamaan. Sifat detoksifikasi kapulaga diyakini mampu mencegah pembesaran hati, sehingga meminimalisir terjadinya perlemakan hati non-alkoholik (nonalcoholic fatty liver).

9. Meredam stres

Rendahnya kadar antioksidan dalam dapat menimbulkan rasa cemas dan gangguan mood lainnya. Berkat kandungan antioksidan pada kapulaga, menjadikan rempah ini dapat membantu meredam stres dan memperbaiki suasana hati Anda.

10. Disinyalir memiliki komponen anti kanker

Kapulaga mengandung senyawa fitokimia alami yang disinyalir mampu melawan penyakit, salah satunya kanker. Hal ini sejalan dengan penggunaan rempah-rempah pada umumnya yang juga memiliki sifat anti kanker.

Meski manfaat kapulaga ini begitu menarik, tetap saja kapulaga tidak dapat menggantikan pengobatan kanker. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikannya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NDTV Food. 10 Wonderful Cardamom Benefits You Should Definitely Know About. (https://food.ndtv.com/food-drinks/10-wonderful-cardamom-benefits-you-should-definitely-know-about-1734825). 11 Desember 2017.
Medical News Today. What are the health benefits of cardamom? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326532). 2 Oktober 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app