8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Dipublish tanggal: Jul 2, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Setiap 100 gram kacang hijau mengandung 323 kalori, 22,9 gram protein, 1,5 gram lemak, 56,8 gram karbohidrat, 7,5 gram serat, serta vitamin dan mineral lainnya.
  • Kacang hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit akibat radikal bebas.
  • Makan satu porsi (130 gram) kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL secara signifikan hingga 5%.
  • Berkat asupan seratnya yang melimpah, manfaat kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan sampai menurunkan berat badan.
  • Kacang hijau juga sangat baik bagi ibu hamil, sebab mengandung folat yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin.
  • Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Beli olahan makanan & minuman sehat dari kacang hijau di HDmall.

Dari sekian banyak kacang yang ada, kacang hijau mungkin salah satu favorit Anda. Ya, jenis kacang yang satu ini sangat mudah dijumpai di sekitar, biasanya dalam bentuk olahan bubur kacang hijau atau sebagai isian bakpia maupun onde-onde. Tak hanya terasa lezat, kacang hijau diam-diam menyimpan banyak kebaikan bagi tubuh. Sudah tahu apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan gizi kacang hijau

Kacang hijau memiliki nama latin Vigna radiata. Jenis kacang ini memiliki rasa sedikit manis dan dijual dalam bentuk kecambah atau kacang kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat kacang hijau tentu tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram kacang hijau mengandung:

  • 323 kalori
  • 22,9 gram protein
  • 1,5 gram lemak
  • 56,8 gram karbohidrat
  • 7,5 gram serat
  • 223 mg kalsium
  • 319 mg fosfor
  • 7,5 gram zat besi
  • 815,7 gram kalium

Selain itu, nutrisi kacang hijau dilengkapi juga dengan beragam vitamin lainnya. Mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, hingga vitamin C.

Baca Juga: Kenali Manfaat Kacang Bagi Kesehatan

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Pasalnya, jenis kacang yang satu ini mengandung kaya asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan sebagainya.

Baca Juga: Makanan Sumber Protein Nabati dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, sejumlah manfaat kacang hijau lainnya meliputi:

1. Menurunkan risiko terkena penyakit

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan seperti asam fenolat, flavonoid, asam kafeat, hingga asam sinamat. Kombinasi antioksidan tersebut bertugas untuk menetralisir zat-zat radikal bebas dalam tubuh.

Pada jumlah yang besar, radikal bebas dapat memicu sejumlah penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga kanker. Nah, di sinilah kacang hijau bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat alias LDL, merupakan faktor risiko terbesar bagi penyakit jantung. Kabar baiknya, makan kacang hijau saja bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Penelitian mengungkapkan bahwa makan satu porsi (130 gram) kacang-kacangan dapat menurunkan kadar LDL secara signifikan hingga 5%.

3. Membuat tekanan darah lebih stabil

Kacang hijau merupakan sumber kalium, magnesium, dan serat yang baik. Studi menunjukkan bahwa ketiga nutrisi tersebut mampu menurunkan risiko terkena hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Lagi-lagi, manfaat kacang hijau yang satu ini dipengaruhi oleh kandungan seratnya. Kacang hijau mengandung pektin, jenis serat larut yang mampu mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

Selain itu, jenis kacang ini juga mengandung pati resisten yang membantu menjaga kesehatan bakteri usus Anda. Bakteri tersebut akan mencerna makanan dengan lebih optimal sehingga pencernaan jadi lebih sehat dan lancar.

5. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat kacang hijau yang satu ini tentu paling dinanti-nantikan untuk para diabetesi alias orang-orang yang punya diabetes. Kabar baiknya, asupan serat dan protein dari kacang hijau bisa membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Penelitian pada hewan percobaan juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat membantu kerja insulin agar lebih optimal. Alhasil, gula darah Anda tetap terkendali berkat makan kacang hijau.

6. Membantu menurunkan berat badan

Ingin berat badan turun dengan cara yang sehat dan tidak ribet? Cobalah makan kacang hijau secara rutin.

Ya, manfaat kacang hijau bisa membantu menurunkan berat badan, lho! Hal ini karena kacang hijau mengandung kaya serat dan protein yang mampu menekan hormon kelaparan, seperti ghrelin.

Selain itu, kedua nutrisi tersebut juga dapat mendorong pelepasan hormon peptida YY, GLP-1, dan kolesistokinin yang membuat Anda kenyang lebih cepat. Alhasil, Anda akan lebih mampu mengurangi asupan kalori sehingga berat badan Anda lebih mudah turun.

7. Mencegah dehidrasi dan heat stroke

Sebuah peneltiian yang dimuat dalam jurnal PLoS One tahun 2011 menemukan bahwa kacang hijau memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari dehidrasi, kenaikan suhu badan, hingga heat stroke

Bahkan, beberapa ahli yakin bahwa minum sup kacang hijau mampu mencegah dehidrasi lebih cepat daripada air putih. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin pada kacang hijau yang dapat membantu mempertahankan sel tubuh dari radikal bebas yang terbentuk selama serangan panas (heat stroke).

8. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Siapa sangka bahwa manfaat kacang hijau juga bisa dirasakan oleh para wanita yang sedang hamil. Kenapa begitu?

Makan 220 gram kacang hijau ternyata mampu menyediakan 80% kebutuhan folat. Nah, folat ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan.

Tak hanya bagi bayinya saja, asupan zat besi, protein, dan serat kacang hijau juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Namun, pastikan Anda mengolah kacangnya dulu agar lebih aman dan bisa meraup manfaat kacang hijau secara maksimal.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia: Kacang Hijau Kering. (https://www.panganku.org/id-ID/view).
PLoS One. Antioxidant Properties of the Mung Bean Flavonoids on Alleviating Heat Stress. (https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21695166/). 2011.
Nutrients. Mung Bean (Vigna radiata L.): Bioactive Polyphenols, Polysaccharides, Peptides, and Health. Benefits. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6627095/). 31 Mei 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app