Kesehatan Fisik

Manfaat Daun Sirsak

Dipublish tanggal: Mar 15, 2019 Update terakhir: Mar 9, 2020 Tinjau pada Apr 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Daun Sirsak

Siapa yang tak kenal dengan buah sirsak. Sirsak sangat disukai oleh beberapa orang. Sirsak memiliki wangi yang khas, mudah dimakan, dan rasa yang asam-manis. Sirsak kaya akan vitamin dan antioksidan. 

Tapi bagaimana dengan daun sirsak? Tentu menjadi banyak pertanyaan mengapa banyak orang juga mengonsumsi daun sirsak sebagai minuman herbal.

Daun sirsak juga kaya akan vitamin dan memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan kita. Daun sirsak mengandung banyak protein, lemak, kalsium, vitamin A dan B, dan komponen lain yang berguna sebagai pembuatan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Manfaat dari Daun Sirsak yang Perlu Anda Ketahui. 

Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit dengan rasio tertinggi di negara berkembang. Siapa sangka daun sirsak bermanfaat bagi penderita kanker. Daun sirsak mengandung acetoginin.

Acetoginin merupakan komponen yang bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker terutama pada pasien kemoterapi. Memasak daun sirsak dengan air mendidih memiiliki khasiat yang ampuh dalam penanganan kanker.

Menangani Diabetes

Pergaulan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus. 

Diperlukan obat-obatan guna menjaga stabilitas gula darah dalam tubuh. Daun sirsak merupakan terapi alami untuk menurunkan kadar gula darah.  

Menjaga kadar kolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi akan menganggu kesehatan kita. Beberapa penyakit yang dipicu oleh kolesterol yang tinggi meliputi stroke dan penyakit jantung. 

Mengonsumsi daun sirsak sangat berguna untuk menghindari kolesterol jahat dari tubuh kita. Komponen daun sirsak akan menghancurkan kolesterol jahat dan mengurangi resiko penyakit strok dan jantung di usia lanjut.

Sebagai Antiradang

Daun sirsak bermanfaat bagi anda yang memiliki peradangan akibat infeksi. Beberapa penyakit seperti tonsilitis (radang tonsil), radang tulang, rematik, radang otot, sinusitis ( radang sinus pada hidung), dan ulkus peptik dapat dicegah dengan mengonsumsi daun sirsak. 

Bila anda pernah atau sering mengalami peradangan, daun sirsak juga menjadi pilihan tepat sebagai terapi alami.

Mengurangi Nyeri

Daun sirsak yang dimasak dengan air panas bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada tubuh. Air seduhan daun sirsak dapat dikonsumsi dua kali sehari untuk mengatasi nyeri yang menganggu.

Mencegah Asam Urat

Peningkatan asam urat berpotensi menjadi penyakit gout artritis. Gout artritis dapat terjadi pada usia dewasa akibat konsumsi makanan berlemak dan diet yang tidak sehat. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri dan panas pada daerah kaki. 

Mengonsumsi air seduhan dari daun sirsak sebanyak dua hari sekali dapat membantu anda menurunkan kadar asam urat.

Anti-aging

Radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit sehingga mudah menyebabkan penuaan. Daun sirsak memiliki kandungan vitamin C sebagai antioksidan untuk mengurangi kerutan di wajah dan kulit akibat radikal bebas.

Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti ketombe, rambut kering, bercabang, rontok, dan tumbuh kutu. Gangguan pada rambut bisa jadi diakibatkan paparan lingkungan yang kotor karena debu, asap, dan infeksi.

Mengonsumsi daun sirsak mengurangi pertumbuhan infeksi terutama kutu rambut.

Menangani eksim

Eksim terjadi akibat infeksi, kulit kering, dan alergi. Gejala yang sering muncul adalah kulit yang bersisik, ruam kemerahan dan gatal hingga tumbuh koreng.  Daun sirsak dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal akibat penyakit eksim.

Anti-virus

Virus di sekitar kita sangat berbahaya bagi tubuh. Banyak penyakit yang muncul akibat virus. Ekstrak daun sirsak sangat bermanfaat untuk mencegah perkembang biakan virus di dalam tubuh.

Kualitas tidur

TIdak hanya dimasak, daun sirsak juga bermanfaat sebagai aromaterapi. Aroma daun sirsak memperbaiki mood anda dan membawa rasa rileks sehingga kualitas tidur anda lebih baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Daun sirsak sangat baik untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Kesehatan anda tidak bergantung dengan obat-obatan dan terapi alami, menjaga kesehatan adalah hal penting untuk terhindar dari penyakit. Daun sirsak merupakan cara alami yang bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit seperti di atas. 

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Graviola: Benefits, side effects, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php)
Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits)
Graviola: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1054/graviola)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app