GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Sedang Tren, Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Dalgona Coffee

Dipublish tanggal: Apr 9, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sedang Tren, Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Dalgona Coffee

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Dari beragam jenis minuman kopi yang ada saat ini selain kopi susu kekinian dan kopi decaf, Dalgona Coffee sedang menjadi salah satu favorit minuman kopi
  • Pembuatan Dalgona Coffee juga sangat mudah dan hanya membutuhkan bahan utama seperti kopi, susu, dan gula sehingga bisa dilakukan di rumah
  • Kepopuleran Dalgona Coffee dimulai dari seorang artis asal Korea Selatan yang berkunjung ke Macau dan mencoba minuman kopi di sana
  • Kandungan kopi, gula, dan susu memiliki manfaat kesehatan yang baik jika diminum sesuai batas dan tidak berlebihan, termasuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, serta menjadi sumber energi tubuh

Jika selama ini jenis minuman kopi yang kita tahu hanya berkisar di Americano, Latte, Espresso, ataupun kopi susu kekinian ala kedai kopi, ternyata ada banyak sekali jenis minuman kopi yang bisa dibedakan berdasarkan biji kopi yang digunakan, proses pengolahan kopi, hingga kandungan kafein di dalam kopi itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, kopi decaf (decaffeinated coffee) juga sempat menjadi populer karena dianggap lebih sehat dan hanya mengandung sedikit kafein di dalamnya. Tetapi baru-baru ini, Dalgona Coffee ikut menjadi viral, termasuk di Indonesia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Mengenal Kopi Decaf, Kopi Tanpa Kafein

Sebagian dari Anda pastinya pernah mendengar soal Dalgona Coffee atau melihat teman Anda membagikan foto Dalgona Coffee yang dibuatnya di media sosial bukan? Ternyata salah satu minuman yang mengandung kafein ini sangat mudah dibuat dan memiliki manfaat bagi kesehatan sama seperti kopi lainnya lho.

Apa itu Dalgona Coffee?

Dalgona Coffee yang terlihat creamy ternyata disebut juga whipped coffee atau beaten coffee. Jenis minuman kopi yang satu ini menjadi viral sejak Jung Il-Woo, seorang artis asal Korea Selatan berkunjung ke Macau dan menikmati segelas Dalgona Coffee, lalu kembali mencoba membuat modifikasi kopi di salah satu tayangan televisi.

Tetapi tak hanya rasa yang enak dan membuat ketagihan, Dalgona Coffee yang juga memiliki tampilan menarik ini ternyata mengingatkan Jung il-Woo dan masyarakat Korea Selatan akan cemilan populer yang ada di pinggiran jalan di Korea Selatan pada tahun 1970-1980an. Dalam bahasa Korea, Dalgona coffee juga disebut dengan ppopgi artinya 'honeycomb toffee' atau minuman madu.

Adakah manfaat Dalgona Coffee untuk kesehatan?

Selain mudah dibuat, kandungan dalam Dalgona Coffee juga diperkirakan memiliki manfaat untuk kesehatan. Meski belum ada penelitian khusus seputar Dalgona Coffee, tetapi berdasarkan bahan yang digunakan, seperti kopi, gula, dan susu, maka beberapa manfaat kesehatan berikut mungkin bisa Anda dapatkan dari segelas Dalgona Coffee.

1. Kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Jumlah kafein dalam batas normal pada kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, kafein juga dapat memberikan efek stimulan bagi tubuh yang digunakan untuk memperbaiki suasana hati dan mencegah penyakit alzheimer hingga 60 persen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapi perlu diingat, kandungan kafein yang ada dalam kopi juga bisa menyebabkan sulit tidur (insomnia) serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, tetap batasi konsumsi kopi jenis apapun termasuk Dalgona Coffee.

2. Gula dapat menjadi sumber energi tubuh

Meski tidak boleh berlebihan, tetapi kandungan gula tetap dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi. Anda juga bisa mengganti gula pasir dengan gula aren dalam campuran pembuatan Dalgona Coffee.

Selain dari gula, sumber energi tubuh juga bisa berasal dari kopi itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan efek kandungan kopi yang mengandung kafein juga dapat meningkatkan semangat serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. 

3. Susu dapat memperkuat tulang

Seperti yang diketahui, susu memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu, campuran susu dalam segelas Dalgona Coffee akan membantu memperkuat tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Umumnya dalam segelas susu mengandung berbagai nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, serta vitamin D dan vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, susu juga mengandung protein yang berperan dalam pembentukan otot.

Cara membuat Dalgona Coffee di rumah

Tak ada salahnya untuk ikut mencoba membuat Dalgona Coffee sendiri di rumah karena bahan dan cara membuat Dalgona Coffee juga cukup mudah. Berikut ini resep cara membuat Dalgona Coffee yang cepat dan praktis:

1. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Dalgona Coffee

  • 2 sdm bubuk kopi (tanpaampas)
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm air putih
  • 400 ml susu cair
  • wadah atau mangkuk
  • mixer atau sendok
  • gelas kaca

2. Cara membuat Dalgona Coffee

  • Siapkan bubuk kopi, gula, dan air putih lalu campurkan ke dalam sebuah mangkuk atau wadah
  • Gunakan mixer atau sendok untuk mengaduk campuran tersebut, lakukan hingga berwarna cokelat muda dengan tekstur menggumpal seperti krim (creamy)
  • Siapkan gelas dengan susu yang sudah dituang baru tambahkan campuran krim kopi di atasnya

Untuk membuat campuran adonan lebih cepat creamy akan lebih baik menggunakan mixer. Tips lainnya, jika campuran adonan sudah terlihat creamy dan tidak tumpah jika wadah dibalik, maka adonan siap dipindahkan ke gelas. 

Mudah bukan? Anda bisa membuat Dalgona Coffee di pagi hari sebelum memulai bekerja ataupun saat jam makan siang. Dalam menyiapkan Dalgona Coffee juga hanya butuh waktu singkat sehingga tidak akan mengganggu jam kerja.

Ditambah lagi, dengan sedikit berkreasi dalam membuat Dalgona Coffee, tak hanya nikmat untuk diminum tetapi juga bisa sedikit menghilangkan rasa bosan ketika di rumah, kan? Jadi segera siapkan bahannya, olah hingga menggumpal, dan Dalgona Coffee siap dinikmati.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
South China Morning Post. Story behind dalgona coffee, coronavirus social media craze with roots in South Korea. (https://www.scmp.com/lifestyle/food-drink/article/3078561/story-behind-dalgona-coffee-coronavirus-social-media-craze)
KBS World TV. Ilwoo’s Mukbang at Macau [Stars' Top Recipe at Fun-Staurant/2020.01.13]. (https://www.youtube.com/watch?v=rIpvOdIsN1o)
Vice. People All Over the World Are Making Frothy 'Dalgona' Coffee, Thanks to Quarantine. (https://www.vice.com/en_us/article/bvgbk8/people-all-over-the-world-are-making-frothy-dalgona-coffee-thanks-to-quarantine)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app