Selain Menyehatkan, Adakah Manfaat Buah Zuriat untuk Promil?

Dipublish tanggal: Jul 3, 2020 Update terakhir: Des 3, 2021 Waktu baca: 2 menit
Selain Menyehatkan, Adakah Manfaat Buah Zuriat untuk Promil?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Buah zuriat atau Hyphaene thebaica dikenal juga sebagai buah doum yang mengandung tinggi antioksidan yang baik bagi kesehatan
  • Buah zuriat dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita, tetapi belum ada bukti penelitian terhadap meningkatnya potensi kehamilan
  • Ada banyak manfaat buah zuriat, yaitu mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan peredaran darah, hingga mencegah penyakit kanker
  • Selain antioksidan, kandungan dan nutrisi penting di dalam buah zuriat antara lain vitamin B kompleks, serat, kalsium, magnesium, dan fosfor
  • Klik untuk membeli produk suplemen vitamin dan mineral dari rumah Anda melalui HDmall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD

Buah zuriat atau Hyphaene thebaica dikenal juga sebagai buah doum yang mengandung tinggi antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif pemicu radikal bebas yang dapat menyebabkan suatu penyakit tertentu.

Antioksidan secara alami diproduksi di dalam tubuh, tetapi kadar antioksidan tersebut juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan, seperti dark chocolate, kacang merah, wortel, tomat, apel, brokoli, hingga beras hitam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: 13 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Tak hanya sebagai penangkal radikal bebas, salah satu manfaat buah zuriat yang dipercaya baik bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesuburan terutama bagi pasangan muda yang sedang menjalani program kehamilan demi mendapatkan momongan. Benarkah begitu?

5 Manfaat buah zuriat bagi kesehatan

Manfaat buah zuriat yang baik bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan dan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya, seperti antioksidan, vitamin B kompleks, serat, kalsium, magnesium, dan fosfor. Apa saja manfaat buah zuriat bagi kesehatan?

1. Mencegah diabetes

Manfaat buah zuriat bagi kesehatan ternyata juga dapat membantu mencegah diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Buah zuriat bekerja dengan cara mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Biasanya buah zuriat dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya (tetapi hindari merebus buah zuriat terlalu lama).

2. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya kandungan antioksidan yang tinggi, tetapi buah zuriat juga mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan. Salah satunya, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Melancarkan peredaran darah

Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat dalam buah zuriat juga berperan melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung, hipertensi, maupun stroke. Selain itu, manfaat buah zuriat juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon sehingga memperlancar siklus haid supaya lebih teratur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Memperlancar Peredaran Darah

4. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat buah zuriat yang mengandung vitamin B kompleks dan serat ini juga ikut membantu menjaga proses metabolisme tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Apalagi vitamin B dikenal memiliki peran untuk menghasilkan energi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah zuriat lain yang bisa didapatkan adalah mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada buah zuriat diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Ditambah lagi, buah zuriat juga mengandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. 

Fakta manfaat buah zuriat untuk promil

Meski dianggap memiliki manfaat dalam meningkatkan kesuburan dan potensi kehamilan, tetapi faktanya sejumlah hasil penelitian belum menunjukkan adanya manfaat buah zuriat untuk promil.

Meski begitu, manfaat buah zuriat yang baik bagi kesehatan disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada buah zuriat. Scara umum, zat antioksidanterbukti mampu menangkal stres oksidatif pemicu radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh termasuk sel-sel yang terdapat pada sistem reproduksi. 

Baca juga: Sumber Makanan Alami Kaya Antioksidan

Jika stres oksidatif menumpuk, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan reproduksi termasuk menurunkan tingkat kesuburan pada pria maupun wanita. Hal tersebut termasuk kualitas sperma, proses pembentukan sel telur, hingga proses kehamilan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah zuriat diharapkan dapat meregenerasi sel tubuh serta menjaga kesehatan tetap prima.

Selain baik bagi kesehatan, buah zuriat yang memiliki bentuk bulat hingga lonjong dengan warna kulit cokelat dan keras juga mudah dikonsumsi. Cara mengkonsumsi buah zuriat bisa dengan memakannya secara langsung atau merebusnya untuk diminum 2 kali sehari, pagi dan malam.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
AcademicJournals. Antioxidant and anticancer activities of doum fruit extract (Hyphaene thebaica). (http://www.academicjournals.org/app/webroot/article/article1379491821_Abou-Elalla.pdf)
Verywellfit. The Health Benefits of Antioxidants. (https://www.verywellfit.com/what-are-the-benefits-of-antioxidants-2507083)
Interchopen. Biological Activities of the Doum Palm (Hyphaene thebaica L.) Extract and Its Bioactive Components. (https://www.intechopen.com/books/antioxidants-in-foods-and-its-applications/biological-activities-of-the-doum-palm-hyphaene-thebaica-l-extract-and-its-bioactive-components)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app