Apa Saja Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Kulit?

Dipublish tanggal: Nov 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Saja Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Kulit?

Produk kecantikan dari bahan alami tampaknya kini semakin diminati. Hal ini terlihat dari banyaknya skincare yang berasal dari bahan alami yang dijual di pasaran. Bahan alami tersebut dipercaya lebih aman bila diaplikasikan ke kulit dan dapat digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang sehat tanpa menimbulkan efek samping.

Buah aprikot menjadi salah satu bahan alami yang sering dijadikan sebagai bahan produk perawatan kulit dan dapat menjadikan kulit terlihat lebih sehat. Beberapa produk perawatan kulit seperti sabun pembersih wajah dan sabun mandi juga banyak yang terbuat dari bahan alami menggunakan buah aprikot. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain buahnya, ternyata biji aprikot juga dapat dibuat sebagai bahan scrub alami. Produk skin care berupa scrub dari biji aprikot dipercaya ampuh untuk membersihkan dan mengangkat kotoran hingga ke pori-pori wajah secara menyeluruh. Selain itu, juga dapat berfungsi mencegah kulit menjadi tampak kusam.

Baca juga: Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Kulit

Berikut beberapa manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit wajah, antara lain:  

Menghilangkan komedo

Komedo menjadi salah satu masalah utama yang paling dihindari pada kulit wajah selain jerawat. Komedo dapat muncul akibat adanya minyak berlebihan dan bercampur dengan kotoran wajah yang menumpuk di pori-pori. Anda bisa mengatasi masalah komedo dengan mencoba beberapa produk perawatan kulit yang mengandung buah aprikot. Anda juga bisa mulai menggunakan face scrub untuk membantu membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori pada wajah sehingga kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan lembut.

Baca juga: Cara Praktis dan Cepat Menghilangkan Komedo pada Wajah

Mengatasi masalah kulit

Buah aprikot juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami. Senyawa antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, buah aprikot juga memiliki senyawa anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat mengatasi peradangan pada kulit, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mencegah penuaan dini

Buah aprikot juga dapat mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena aprikot kaya akan kandungan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar matahari. Radikal bebas dan paparan sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan pada wajah. Sumber antioksidan alami buah aprikot berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya dan berfungsi untuk menutrisi dan meremajakan kulit wajah serta menjaga elastisitas kulit. Selain itu, kandungan buah aprikot tersebut dapat membantu mengurangi kerutan halus di wajah.

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Melembabkan kulit

Kulit kering merupakan salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh sebagian masyarakat Indonesia. Apabila Anda memiliki kulit kering, maka Anda bisa menggunakan pelembab untuk membantu mengatasi kulit kering dan melembabkan kulit. Selain menggunakan pelembab, Anda juga bisa melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan produk berbahan buah aprikot. Buah aprikot kaya akan vitamin A dan asam lemak sehingga dapat melembabkan kulit kering dan menjadikan kulit tampak lebih sehat.

Mencerahkan wajah

Buah aprikot juga dipercaya dapat mencerahkan wajah karena aprikot mengandung vitamin C. Selain mencerahkan wajah, kandungan vitamin C dalam buah aprikot juga dapat membantu menyamarkan flek hitam, noda bekas jerawat, dan hiperpigmentasi. Buah aprikot juga dipercaya dapat membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori, membantu proses regenerasi kulit, dan mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. Sel kulit mati yang tidak dihilangkan dapat membuat kulit kusam. Menghilangkan sel kulit mati dapat dilakukan dengan menggunakan face scrub dari buah aprikot. Face scrub dari buah aprikot ini dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah, halus, dan sehat bila digunakan secara rutin.

Baca juga: Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fatima, Tabasum & Bashir, Omar & Gani, Gousia & Bhat, Tashooq & Jan, Nusrat. (2018). Nutritional and health benefits of apricots. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/328274247_Nutritional_and_health_benefits_of_apricots)
Apricots Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/apricots-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4109220)
9 Health and Nutrition Benefits of Apricots. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/apricots-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app