Magnesium Stearate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Nov 4, 2020 Update terakhir: Nov 4, 2020 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Magnesium stearate adalah garam sederhana yang terdiri dari 2 zat, yaitu lemak jenuh berupa asam stearat dan mineral magnesium;
  • Manfaat magnesium stearat adalah sebagai pelapis sekaligus meningkatkan kualitas kapsul obat serta membantu memaksimalkan penyerapan obat di dalam usus;
  • Dosis magnesium stearate yang dianggap aman adalah kurang dari 2.500 mg/kg berat badan per hari;
  • Bila dikonsumsi dalam dosis besar, magnesium stearate dapat menimbulkan efek pencahar yang dapat memicu sakit perut hingga diare;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan magnesium stearate saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui;
  • Klik untuk mendapatkan magnesium stearate atau asupan gizi & nutrisi lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Jika setelah memegang obat atau vitamin, Anda menemukan serbuk-serbuk putih yang menempel pada jari tangan, maka artinya serbuk tersebut mengandung magnesium stearate. Magnesium stearate adalah garam sederhana yang terdiri dari 2 zat, yaitu lemak jenuh berupa asam stearat dan mineral magnesium. Bentuknya berupa bubuk putih halus yang mudah menempel pada kulit dan bisa berminyak saat disentuh.

Magnesium stearat biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada banyak makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Khusus di dunia medis, bentuk magnesium ini bertindak sebagai zat aditif yang melapisi vitamin dan kapsul obat-obatan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai Magnesium Stearate

Golongan

-

Kemasan

-

Kandungan

Magnesium stearate

Manfaat Magnesium Stearate

Magnesium stearat adalah zat aditif yang utamanya digunakan sebagai pelapis kapsul obat. Zat ini berfungsi untuk mencegah kapsul saling menempel selama proses pembuatannya. Berkat magnesium ini pula, konsistensi dan kualitas kapsul obat menjadi lebih terjaga.

Ketika masuk ke dalam tubuh, magnesium stearat bertugas untuk menunda pemecahan dan penyerapan obat. Meski terdengar merugikan, justru zat inilah yang membuat obat terserap secara maksimal di dalam usus.

Efek samping Magnesium Stearate

Magnesium stearat pada umumnya tergolong aman selama dikonsumsi dalam batas wajar. Namun, sama seperti obat pada umumnya, zat ini juga dapat menimbulkan efek samping. Akan tetapi, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bila dikonsumsi dalam dosis besar, magnesium stearate dapat menimbulkan efek laksatif alias pencahar. Zat ini berpotensi mengiritasi lapisan mukosa pada saluran pencernaan dan memicu sakit perut hingga diare.

Dosis Magnesium Stearate

FDA di Amerika Serikat (setara BPOM di Indonesia) telah menyetujui penggunaan magnesium stearat sebagai zat aditif pada makanan maupun suplemen. Menurut National Center for Biotechnology Information, dosis magnesium stearate yang aman berada di bawah 2.500 mg/kg berat badan per hari. Ambil contoh pada orang dewasa yang berat badannya 75 kg, maka batas asupan magnesium stearat dalam tubuhnya maksimal 170.000 mg per hari.

Produsen kapsul dan obat biasanya hanya menggunakan sedikit magnesium stearate dalam produknya.  Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir sebab kandungan magnesium stearatnya tidak cukup untuk memberikan efek samping negatif pada tubuh.

Selain dari kapsul obat, magnesium stearat dapat ditemukan secara alami pada berbagai jenis makanan, seperti:

  • Ayam;
  • Telur;
  • Keju;
  • Coklat;
  • Kacang kenari;
  • Salmon;
  • Minyak biji kapas;
  • Minyak kelapa sawit;
  • Minyak kelapa.

Interaksi Magnesium Stearate

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter. 

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan magnesium stearate adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat maupun penyakit tertentu;
  • Sampaikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, maupun herbal apa pun;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan magnesium stearate saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui.

Artikel terkait:


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. Everything You Should Know About Magnesium Stearate. (https://www.healthline.com/health/magnesium-stearate). 22 November 2019.
Dr. Axe. Most Supplements Contain Magnesium Stearate - Is It Safe? (https://draxe.com/nutrition/magnesium-stearate/). 4 September 2019.
Drugs.com. Magnesium Stearate. (https://www.drugs.com/inactive/magnesium-stearate-147.html). 19 November 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app