Linden: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Jan 18, 2020 Waktu baca: 2 menit

Pohon Linden (tilioideae) adalah jenis tanaman yang bagian bunga, daun, dan batangnya dapat digunakan sebagai obat-obatan alternatif. Bagian dari tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi lendir yang diproduksi oleh tubuh serta sebagai obat penenang untuk membantu mengatasi rasa gelisah. Sementara itu, bagian batang dari tanaman herbal ini sering digunakan untuk menangani berbagai penyakit yang terjadi pada liver dan saluran kencing.

Beberapa orang juga menggunakan Linden secara langsung pada kulit untuk menangani gatal pada kulit, rematik, dan beberapa masalah yang berhubungan dengan ulcus crusis yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang kurang baik.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Linden

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Suplemen, kantung teh

Kandungan

-

Manfaat Linden

Mengonsumsi berbagai produk dari pohon Linden sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman Linden dapat bekerja untuk mengurangi lendir yang diproduksi oleh tubuh serta memberikan efek tenang bagi mereka yang mengalami kegelisahan.

Selain itu, Linden secara umum juga dipercaya dapat menangani beberapa penyakit, seperti:

  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Migrain
  • Keseulitan menahan buang air kecil (Incontinence)
  • Pendarahan (Hemorrhage)
  • Gatal pada kulit
  • Rematik (Rheumatoid Arthritis)
  • Bronkitis
  • Batuk
  • Kram
  • Kembung
  • Pemicu keringat

Sedangkan daun Linden dapat difungsikan untuk mengobati flu, mengobati hidung tersumbat, mengatasi masalah pernapasan, menurunkan demam, dan dapat dijadikan expectorant. Untuk anak-anak, daun Linden dapat juga diseduh dan digunakan untuk memberikan efek tenang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dosis penggunaan Linden

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Linden diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki tubuh.

Ada beberapa tips penggunaan Linden secara umum, seperti:

  • Jika Anda menemukan produk yang mengandung Linden seperti teh dan suplemen, hindari penggunaan Linden lebih dari 2-4 gr per hari
  • Perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal ini
  • Hindari penggunaan Linden kepada ibu hamil dan ibu menyusui karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efek dan keamanannya
  • Jika Linden tersedia dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam penggunaannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

Efek samping Linden

Obat herbal Linden jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar mungkin akan memberikan efek baik bagi tubuh. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat muncul, di antaranya alergi dan kerusakan jantung (walau hal ini jarang terjadi).

Interaksi Linden

Hindari interaksi Linden dengan obat lain yang berpotensi menimbulkan masalah. Jangan mengonsumsi Linen bersamaan dengan obat penenang, obat penurun tekanan darah, ataupun obat untuk meningkatkan tekanan darah.

Lithium berinteraksi dengan Linden. Linden mungkin memiliki efek seperti pil air atau diuretik sehingga penggunaan Linden dapat mengurangi keefektifan tubuh dalam menghilangkan kadar lithium, bahkan dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius.

Perhatian

  • Perlu diingat kembali bahwa penggunaan obat herbal tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh
  • Gunakan produk yang mengandung Linden secara bijak dan pertimbangkan efek samping yang mungkin terjadi
  • Jika mengalami tanda yang tidak baik, segera hentikan penggunaan dan segera berkonsultasi dengan dokter
  • Linden dapat menyebabkan kantuk, jadi jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin berat setelah mengonsumsinya

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Linden: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-550/linden)
Linden: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/linden-tea-benefits-and-side-effects-4163720)
Linden: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/linden/supplements.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app