6 Tindakan Medis untuk Menghilangkan Varises

Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Tindakan Medis untuk Menghilangkan Varises

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah varises. Varises merupakan suatu kondisi di mana pembuluh balik (vena) melebar dan berkelok hingga tampak terlihat di permukaan kulit. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan. Selain itu, varises juga dapat menyebabkan keluhan lainnya seperti nyeri hingga rasa tidak nyaman di area yang terdapat benjolan varises.

Varises sendiri paling sering terjadi pada kaki, terutama betis. Hal ini dapat terjadi akibat aliran darah yang seharusnya kembali ke jantung malah mengumpul pada pembuluh darah vena di bagian kaki, apalagi kaki merupakan bagian yang paling jauh dari jantung. Selain itu, faktor hormonal juga dapat mempengaruhi dan menyebabkan wanita lebih sering menderita varises.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Baca juga: Gejala dan Penyebab Varises

Bahkan, ketika varises terus dibiarkan dan semakin memburuk dapat menyebabkan komplikasi lain seperti terjadinya pembekuan darah dan pembengkakan pada area pembuluh darah vena. Untuk itu, di bawah ini adalah panduan untuk menghilangkan varises di tubuh secara medis:

Tindakan Medis untuk Menghilangkan Varises

Sebelum menjalani tindakan medis, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Jika pembengkakan pada pembuluh darah vena sudah cukup parah dan luas, maka diperlukan beberapa prosedur untuk membantu menghilangkan varises. Berikut ini beberapa tindakan medis untuk menghilangkan varises terutama pada kaki:

Operasi laser

Operasi laser merupakan prosedur tindakan medis yang akan disarankan oleh dokter apabila Anda memiliki ukuran varises yang masih tergolong kecil sehingga masih dapat diatasi dengan operasi laser atau sinar laser. Operasi laser dilakukan dengan menembakkan cahaya berintensitas tinggi ke area varises dan membuat ukuran pembuluh darah perlahan mengecil dan memudar.

Jenis operasi ini lebih disukai karena tidak perlu melalui prosedur operasi berupa jarum ataupun sayatan yang dapat menimbulkan bekas luka. Tetapi tetap ada beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan, di antaranya infeksi, kerusakan pembuluh darah, pembekuan darah, maupun cidera saraf.

Terapi ablasi pembuluh darah balik (vena)

Terapi ablasi pembuluh darah balik (vena) merupakan prosedur terapi untuk menghilangkan varises yang hampir sama dengan operasi laser. Terapi ini dilakukan dengan menembakkan sejumlah sinar laser maupun gelombang radio untuk menghasilkan panas di area varises. Panas yang dihasilkan dapat membantu mengecilkan ukuran varises maupun menghilangkan varises.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Prosedur ini akan dimulai dengan pembiusan lokal di area yang akan diterapi dan dokter akan membuat sayatan kecil di area yang akan diterapi untuk dimasukkan tabung kecil ke dalam pembuluh darah vena. Tabung kecil ini disambungkan dengan perangkat pemanas yang akan menghasilkan panas pada pembuluh darah hingga varises mengecil.

Flebektomi

Flebektomi merupakan salah satu metode penghilangan varises dengan cara membuang varises di tubuh melalui sayatan. Flebektomi menjadi teknik yang efektif untuk menghilangkan varises berukuran kecil dan dekat dengan permukaan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Bedah endoskopi vena

Bedah endoskopi vena merupakan metode medis yang akan dilakukan untuk mengatasi varises yang telah membesar dan menimbulkan berbagai komplikasi pada tubuh seperti menyebabkan luka. Bedah endoskopi vena dijalankan dengan membuat luka sayatan kecil di area pembuluh darah balik yang terdapat varises.

Dokter akan memasukkan tabung kecil yang terdapat kamera di ujungnya. Pada alat ini juga terdapat perangkat bedah yang berfungsi untuk mengangkat dan menutup varises serta luka yang terdapat di ujung lainnya. Pasien yang menjalani bedah endoskopi vena baru dapat beraktivitas kembali setelah beristirahat selama beberapa minggu setelah menjalani operasi endoskopi.

Mikroskleroterapi

Mikroskleroterapi merupakan teknik mengatasi varises yang berukuran kecil hingga sedang. Mikroskleroterapi dilakukan dengan menggunakan jarum berukuran kecil dan sangat tipis yang kemudian disuntik ke dalam vena.

Di dalam jarum ini telah dimasukkan cairan kimia berdosis kecil untuk membuat jaringan parut pada pembuluh darah. Jaringan parut yang ditimbulkan oleh jarum ini akan membuat varises tertutup. Metode mikroskleroterapi ini kemungkinan harus dilakukan beberapa kali hingga varises mengecil.

Bisakah menghilangkan varises secara alami?

Menghilangkan varises secara mandiri bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ukuran varises yang masih kecil dan belum parah. Perawatan yang mudah dilakukan ini ditujukan agar memperlambat pertumbuhan varises sehingga tidak menimbulkan berbagai komplikasi di masa yang akan datang.

Cara mecegah dan mengurangi keparahan varises secara alami, yaitu:

  • Jangan berdiri maupun duduk dalam waktu yang terlalu lama. Selingi dengan aktivitas lainnya
  • Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi (high heels) terlalu sering
  • Olahraga secara teratur untuk membantu memperlancar peredaran darah
  • Hindari kegiatan melipat kaki dan usahakan kaki agar berada pada posisi yang lurus
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Hindari pemakaian baju dan celana yang terlalu ketat terutama di bagian pinggan ke bawah
  • Ketika berbaring, posisikan kaki lebih tinggi ketimbang dada

Baca juga: Struktur dan Fungsi Pembuluh Darah

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin EA. AllScripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 20, 2015.
Horse chestnut. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/horsechestnut.
Comparative effectiveness chart for chronic venous insufficiency. Natural Medicines. https://naturalmedicines.therapeuticresearch.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app