Keputihan - Gejala, Cara Menangani, dan Obat

Update terakhir: Mar 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 979.579 orang

Berbicara mengenai keputihan, tentunya sudah tidak asing lagi buat para kaum wanita. Ya, keputihan merupakan keadaan yang sangat sering terjadi bagi para wanita terutama bila kondisi bagian bawah terasa lembab atau keadaan emosi si wanita yang sedang tidak stabil, banyak pikiran, stress dan terlalu capek tentunya bisa menyebabkan si wanita tersebut mengalami keputihan

Namun tahukah kamu bahwa keputihan ternyata selain keadaan yang wajar dan normal ternyata juga bisa menjadi suatu tanda yang mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan badanmu. 

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Nah untuk itu, disini kita akan membahas mengenai keputihan dan segala serba serbinya sehingga kamu khususnya para wanita tau lebih dalam lagi mengenai keputihan dan menjaga organ intim kewanitaanmu.

Keputihan dan Segala Serba Serbinya

Keputihan merupakan suatu keadaan dimana adanya lendir putih atau bening yang keluar dari organ intim kewanitaan seorang wanita yaitu vagina tanpa bisa dikendalikan oleh tubuh. 

Secara normal dan sehatnya, keputihan memang wajar terjadi bagi setiap wanita karena lendir yang dikeluarkan melalu vagina merupakan lendir hasil produksi dari kelenjar dalam vagina dan leher rahim (serviks) yang akan membawa bakteri dan sel sel mati keluar dari dalam dan membuat organ vagina tetap bersih

Lendir yang normal dan sehat ialah lendir yang warnanya bening atau putih bening dimana lendir sehat juga tidak disertai dengan adanya bau dan gatal ataupun perih di area vagina. Umumnya wanita akan banyak keputihan saat si wanita sedang mengalami masa masa mau menstruasi, masa subur, hamil atau menyusui.

Setelah mengetahui ciri ciri keputihan yang normal, tentunya ada juga ciri ciri dari keputihan yang tidak normal yaitu keputihan yang terjadi bukannya berupa lendir bening ataupun keputihan melainkan lendir yang berwarna kuning, kehijauan ataupun coklat dan disertai rasa gatal, perih dan berbau busuk sehingga menyebabkan si wanitapun tidak nyaman dengan organ vaginanya sendiri. 

Keputihan yang tidak normal ini biasanya dapat menjadi suatu pertanda atau indikasi bahwa tubuh kamu sedang mengalami sesuatu yang tidak normal. Berikut ialah jenis dan variasi dari keputihan yang tidak normal. 

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01
    1. Yang pertama ialah keputihan yang disertai lendir coklat dan mengandung darah biasanya dapat menjadi suatu tanda dan indikasi adanya kanker serviks atau leher rahim pada tubuhmu. 
    2. Yang kedua ialah keputihan yang disertai oleh rasa sakit saat buang air kecil dan suka ada darah walau si wanita sedang tidak menstruasi atau bahkan setelah berhubungan seksual dimana ini bisa menjadi suatu tanda bahwa ada penyakit menular seksual sepert gonore chlamydia. 

    Keputihan tidak normal ketiga ialah keputihan yang berwarna hijau ataupun kuning yang biasa disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis dan menyebabkan penyakit trikomoniasis. Umumnya bila menderita penyakit ini maka si wanita akan merasakan rasa perih saat buang air kecil, keputihanpun akan berbau amis

    Selain itu keputihan yang tidak normal juga dapat menjadi suatu pertanda bahwa sedang ada jamur yang tumbuh dan berkembang biak di area vagina wanita atau adanya serangan virus pada bagian kewanitaan seorang perempuan.

    Oleh sebab itu bila terjadi tanda tanda keputihan yang tidak normal pada area kewanitaan mu, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan atau kelamin terdekat sehingga dokter dapat dengan cepat memeriksa apa penyebab dari keputihan yang terjadi pada dirimu. 

    Karena dengan mengetahui apa penyebabnya, tentunya pengobatan untuk masalah keputihanmu menjadi lebih cepat teratasi baik dengan pemberian obat antibiotik, obat salep atau krim hingga obat minum dan sabun pencuci khusus area kewanitaan

    Selain itu bagi setiap wanita, menjaga organ intim kewanitaan merupakan suatu hal yang wajib dan mutlak adanya dimana kebersihan ialah kunci utama dalam semua permasalahan kesehatan

    Selalu cuci area intim kewanitaanmu dengan sabun khusus organ intim kewanitaan yang memang kadar dan dosis PH atau keasamannya sudah diatur hingga cocok dengan kondisi keasaman normal vagina wanita pada umumnya. 

    Bila terjadi keputihan, kamupun bisa mencoba cara tradisional yaitu dengan mencuci organ intik kewanitaan mu dengan air rebusan daun sirih dan ingat untuk selalu mengganti celana dalam mu begitu terjadi keputihan atau basah sehingga kondisi vagina tidak dibiarkan dalam keadaan yang lembab. 

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
    Submit