HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Kenali Keuntungan Homeschooling untuk Anak

Dipublish tanggal: Agu 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 2, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kenali Keuntungan Homeschooling untuk Anak

Ada beberapa orangtua yang memilih menyekolahkan sendiri anaknya di rumah ketimbang menyekolahkan di sekolah formal. Beberapa pertimbangan diambil oleh orangtua untuk menyekolahkan anaknya di rumah seperti keamanan hingga merasa lebih dapat mengawasi anak jika di rumah.

Meski bersekolah di rumah, Anda tetap dapat mengkondisikan homeschooling dengan kurikulum di sekolahan formal. Hanya saja Anda bisa mengemas sekolah di rumah menggunakan gaya rumahan sehingga lebih terasa nyaman untuk anak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Jika Anda berniat untuk menyekolahkan anak di rumah atau homeschooling, berikut adalah keuntungan serta kerugian dari homeschooling untuk anak.

Legalkah sekolah di rumah atau homeschooling?

Anda yang berencana untuk menyekolahkan anak di rumah tidak perlu khawatir mengenai legalitas pendidikan untuk anak ke depannya. Hal ini dikarenakan homeschooling telah diakui secara legal di Indonesia melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 129 tahun 2014.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, homeschooling diakui sebagai proses pelayanan pendidikan secara terencana dan juga sadar diselenggarakan di rumah oleh orangtua maupun keluarga dengan suasana yang kondusif. 

Jika Anda ingin mendidik anak Anda di rumah dengan homeschooling, Anda cukup melaporkan hal ini kepada dinas pendidikan terkait di tingkat kota maupun kabupaten tempat tinggal Anda.

Ada beberapa alasan mengapa orangtua memilih menyekolahkan anak dengan metode homeschooling. 

Alasan seperti kondisi medis anak, ingin mengembangkan kurikulum sendiri yang dianggap lebih tepat untuk anak hingga alasan agar hobi dan kemampuan anak lebih berkembang di rumah membuat orangtua lebih menginginkan anak homeschooling.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Keuntungan menyelenggarakan homeschooling untuk anak

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari metode pendidikan homeschooling untuk anak, antara lain:

  • Perhatian penuh dari pendidik

Belajar di rumah memberi keuntungan berupa perhatian penuh yang diberikan oleh tenaga pengajar. Hal ini dikarenakan homeschooling seperti halnya les privat yang diselenggarakan oleh guru terhadap muridnya. 

Sehingga murid dapat berkonsentrasi penuh dan lebih mudah untuk bertanya jika ada yang belum dipahami.

Hal ini tentu berbeda dengan belajar di sekolah umum dimana murid harus menunggu dulu untuk bertanya. Belum lagi apabila si anak merasa malu untuk bertanya kepada guru di depan teman-teman yang lain.

  • Waktu belajar yang lebih fleksibel

Waktu belajar homeschooling tentu berbeda dengan sekolah formal. Di homeschooling, Anda dapat mengatur waktu belajar dengan lebih fleksibel. Anda sebagai orangtua tinggal berunding dengan staf pengajar kapan waktu yang tepat untuk memulai belajar. 

Waktu belajar ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang anak. Apabila anak merasa lebih memerlukan waktu lama untuk suatu mata pelajaran, maka orang tua bisa meminta untuk menambah waktu belajar khusus mata pelajaran tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic
  • Kesempatan untuk mengembangkan bakat

Berbeda dengan sekolah formal, homeschooling memberi kesempatan anak untuk lebih mengembangkan bakat sesuai dengan hobinya. Sementara di sekolah formal, bakat yang dilihat tentu hanya seputar materi sekolah seperti sains dan matematika.

Di homeschooling, apabila anak memiliki bakat ke arah seni, maka Anda sebagai orangtua bisa memberikan anak waktu untuk mengembangkan bakat. Sehingga anak lebih bebas berkreasi tanpa khawatir mengenai nilai mata pelajaran lain.

  • Pergaulan anak lebih terawasi

Salah satu hal yang membuat orangtua tidak mau menyekolahkan anak di luar adalah karena takut terkena pergaulan yang tidak baik. Ketika homeschooling, maka anak akan terhindar dari pergaulan bebas.

Meski memiliki keuntungan, homeschooling tetap memiliki beberapa kerugian seperti terbatasnya interaksi anak dengan anak sebayanya. Untuk itu, Anda tetap harus memberikan waktu kepada anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman lain di lingkungan.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Homeschooling (for Kids). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/kids/homeschool.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app