Flatfoot Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Flatfoot Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu kaki rata?

Kaki rata atau flat foot adalah bentuk kaki umum yang kadang-kadang disebut dokter sebagai kaki pronasi. Ketika seseorang dengan flat foot berdiri, lengkungan di tengah kaki menghilang. Kaki tampak terbaring rata di tanah.

Jenis Flat Foot

Ada 3 jenis flat foot. Mengetahui jenis apa yang dimiliki anak akan membantu Anda dan dokter anak memutuskan apakah anak memerlukan perawatan dan, jika demikian, jenis perawatan apa.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Kaki Rata Fleksibel: Hampir semua anak dengan kelasi memiliki apa yang disebut dengan kaki rata fleksibel, atau hypermobile. Kondisi ini tidak menyakitkan, tidak menyebabkan kecacatan dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Kondisi ini mempengaruhi kedua kaki.
  • Kaki rata yang fleksibel dengan tendon Achilles yang pendek jarang terjadi pada anak kecil. Ini mempengaruhi kedua kaki dan dapat menyebabkan rasa sakit dan cacat.
  • Kaki rata kaku adalah jenis yang paling tidak umum. Kondisi ini paling sering muncul pada orang yang memiliki masalah dengan tulang di kaki mereka (koalisi tarsal). Sekitar 1 dari 4 orang dengan kaki rata kaku menderita sakit dan cacat. Terkadang, kaki rata kaku mempengaruhi kedua kaki.

Flatfoot pada anak-anak

Hampir semua bayi dilahirkan dengan kaki rata atau flatfoot. Studi memperkirakan bahwa 80% hingga 90% bayi yang lahir di Amerika Utara menderita flatfoot. Studi di negara lain telah menemukan angka yang sama. Sebagian besar bayi ini memiliki kaki rata yang fleksibel.

Anak-anak seringkali tumbuh lebih besar secara alami. Tetapi setidaknya 20% orang dewasa di Amerika Utara menderita kaki rata. Sekitar 25% dari orang dewasa ini memiliki kaki rata yang fleksibel dengan tendon Achilles yang pendek, dan 9% memiliki kaki rata yang kaku.

Gejala Flatfoot

Ketika seorang anak memiliki kaki rata yang fleksibel - jenis yang tidak memerlukan perawatan - kita dapat melihat lengkungan di kaki ketika anak berdiri berjinjit atau membiarkan kaki menggantung.

Ketika anak-anak memiliki kaki rata kaku, yang dapat menyebabkan masalah, kita biasanya tidak dapat melihat lengkungan bahkan ketika mereka berjinjit.

Jika anak-anak mengalami sakit, biasanya difokuskan pada 1 titik di kaki. Ini bukan perasaan sakit yang umum.

Mendiagnosis Flat Foot

Pertama, rumah sakit memeriksa kaki dan pergelangan kaki anak saat mereka berdiri. rumah sakit akan meminta anak untuk berjinjit atau menggantungkan kaki di udara saat mereka duduk di meja ujian.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

rumah sakit juga memeriksa untuk memastikan persendian di kaki dan pergelangan kaki anak semua bergerak dengan baik. Jika pergelangan kaki anak tidak banyak bergerak, itu bisa berarti tendon Achilles memendek atau kencang. Bisa jadi pertanda bahwa anak memiliki kaki rata yang fleksibel dengan tendon Achilles yang pendek.

Jika kaki anak sakit dan mereka memiliki jenis kaki rata yang biasanya tidak menyakitkan, rumah sakit dapat mengambil radiografi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan rasa sakit.

Mengobati Flat Foot

Pertama, rumah sakit selalu mengevaluasi anak untuk mengetahui jenis kaki rata yang mungkin mereka miliki. anak hanya perlu dirawat jika kaki rata menyebabkan rasa sakit atau cacat.

Jika anak memiliki kaki rata yang fleksibel dan tidak sakit, rumah sakit sarankan tidak perlu perawatan. anak dapat mengenakan sepatu biasa dan tidak mendapat perawatan yang berbeda jika kaki mereka memiliki lengkungan.

1. Perawatan non-bedah untuk kaki rata

Jika anak mengalami sakit pada kaki atau tungkai setelah aktivitas, rumah sakit merekomendasikan penopang bantalan yang sederhana dan murah tanpa alas kaki atau sepatu lari dengan penopang lengkung bawaan.

Untuk mengobati kaki rata yang fleksibel dengan tendon Achilles yang pendek, rumah sakit dapat mencoba meregangkan tendon Achilles. Lebih sulit untuk meregangkan tendon ini jika anak memiliki kaki rata daripada jika mereka memiliki lengkungan tinggi rata-rata. Ini mengharuskan kita untuk memutar kaki ke dalam untuk mengangkat lengkungan sementara tendon Achilles sedang diregangkan.

2. Operasi untuk kaki rata

Dalam kasus yang jarang terjadi, kaki rata tidak dapat disembuhkan dengan perawatan yang lebih konservatif sehingga membutuhkan pembedahan untuk menghilangkan rasa sakit mereka.

Pada hampir semua kasus yang membutuhkan pembedahan, anak tersebut berusia minimal 8 tahun dan tendon Achilles mereka pendek. Pembedahan melibatkan peregangan tendon Achilles pendek, serta mengoreksi kelainan bentuk kaki rata. 

Dokter akan memperpanjang tulang tumit (kalkaneus) dengan menggunakan cangkok tulang yang dimasukkan di sisi luar/tepi tengah kaki. Prosedur ini disebut osteotomi pemanjangan kalkaneus.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pediatric Flexible Flatfoot; Clinical Aspects and Algorithmic Approach. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3684468/)
Flexible flatfoot in children and adolescents. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2839866/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app