ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

3 Penyakit Kulit yang Dapat Diatasi dengan Salep Betametason

Dipublish tanggal: Agu 26, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Penyakit Kulit yang Dapat Diatasi dengan Salep Betametason

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Betametason adalah obat golongan kortikosteroid yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, dermatitis, hingga psoriasis.
  • Betametason memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mencegah produksi protein penyebab peradangan, sekaligus menghentikan penumpukan jaringan pada kulit.
  • Betametason berbentuk salep mampu menutupi atau melapisi kulit dengan lebih baik, cocok untuk kulit kering.
  • Dosis salep betametason untuk dewasa dan anak usia > 13 tahun adalah 1-2 x sehari, dioleskan tipis-tipis pada area kulit yang infeksi.
  • Sebelum menggunakan betametason berbentuk salep, pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Klik untuk mendapatkan Betametason atau obat kulit lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Mengalami kulit gatal, kemerahan, atau bengkak karena terkena eksim atau psoriasis? Anda bisa mengobatinya dengan betametason. Jenis obat ini biasanya diresepkan oleh dokter untuk membantu meredakan sensasi ketidaknyamanan pada kulit akibat infeksi. 

Lantas, berapa kali salep betametason harus digunakan agar infeksi kulit cepat sembuh? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Betametason obat apa?

Betametason adalah obat golongan kortikosteroid yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit: Mulai dari kulit kemerahan, gatal, atau bengkak karena eksim hingga psoriasis.

Betametason memiliki sifat anti-inflamasi yang bekerja dengan cara mencegah dan mengendalikan produksi protein yang menyebabkan peradangan pada tubuh. Karena termasuk golongan obat kortikosteroid, obat ini juga mampu menghentikan pertumbuhan dan penumpukan jaringan pada kulit.

Betametason tersedia dalam bentuk salep, krim, losion, semprot, hingga suntikan. Bila disuntikkan ke dalam tubuh, betametason bisa digunakan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan paru-paru pada bayi baru lahir.

Baca Juga: Obat Jamur Kulit di Apotik Paling Ampuh (Krim & Tablet)

Kegunaan salep betametason untuk pengobatan

Salep betametason dan krim betametason sebetulnya tidak jauh berbeda dalam hal fungsinya. Dibandingkan versi krimnya, betametason berbentuk salep mampu menutupi atau melapisi kulit dengan lebih baik. Sediaan ini juga cocok jika kulit Anda tergolong kering.

Namun, betametason salep tidak cocok digunakan pada area tubuh yang ditumbuhi rambut lebat karena bisa memicu folikulitis. Selain itu, penggunaan salep ini juga umumnya meninggalkan sisa-sisa minyak pada kulit sehingga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berkat cara kerjanya, salep betametason dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit sebagai berikut:

1. Eksim

Betametason merupakan steroid yang sangat kuat untuk mencegah pelepasan zat peradangan dalam tubuh. Karena itulah, obat kulit ini banyak digunakan untuk mengatasi gatal akibat eksim.

Eksim adalah gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, ruam merah, dan rasa gatal yang mengganggu. Pemberian jenis dan dosis salep betametason untuk eksim akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keparahan eksim masing-masing pasien.

2. Dermatitis

Kortikosteroid topikal seperti salep betametason dapat digunakan sebagai pelembap tambahan (emolien) untuk masalah dermatitis. Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan ruam, bengkak, dan memerah pada kulit. Kulit yang terkena dermatitis bahkan bisa sampai melepuh, mengeluarkan cairan, hingga mengelupas.

Betametason bekerja dengan cara meredakan gejala flare-up, yakni sensasi gatal dan kemerahan pada kulit yang ditimbulkan oleh reaksi peradangan. Namun, perlu diketahui bahwa betametason hanya berfungsi untuk meringankan gejalanya, bukan untuk menyembuhkannya hingga tuntas.

Baca Juga: 7 Jenis Eksim Atau Dermatitis Pada Kulit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit tidak menular yang ditandai dengan timbulnya bercak merah dan bersisik di beberapa area tubuh. Kondisi ini lebih sering muncul di daerah lutut, siku, kulit kepala, hingga punggung bagian bawah.

Salep betametason juga sering diresepkan untuk mengobati psoriasis, tetapi untuk yang tergolong ringan. Contohnya adalah psoriasis pada kulit kepala, telapak kaki, atau telapak tangan.

Secara umum, dosis salep betametason untuk mengatasi gatal, bengkak, atau kemerahan pada kulit adalah sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak usia > 13 tahun: 1-2 x sehari, dioleskan tipis-tipis pada area kulit yang terinfeksi
  • Anak usia < 13 tahun: tidak direkomendasikan

Sebelum menggunakan betametason berbentuk salep, pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Hindari menutup kulit yang terinfeksi dengan perban secara mandiri, kecuali disarankan oleh dokter. Selalu ikuti petunjuk penggunaan obat dari dokter supaya kegunaan salep betametason semakin efektif mengatasi penyakit kulit Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic. Betamethasone Dipropionate (Topical Application Route). (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/betamethasone-dipropionate-topical-application-route/proper-use/drg-20073667). 1 Februari 2020.
MedlinePlus. Betamethasone Topical. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682799.html). 15 Februari 2018.
Patient. Betamethasone for severe inflammatory skin conditions. (https://patient.info/medicine/betamethasone-for-severe-inflammatory-skin-conditions). 31 Januari 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app