Makanan dan Diet Sehat

Ini Jumlah Kalori Pepaya, Apakah Cocok untuk Diet?

Dipublish tanggal: Apr 20, 2020 Update terakhir: Apr 20, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ini Jumlah Kalori Pepaya, Apakah Cocok untuk Diet?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pepaya paling banyak dicari untuk mengatasi sembelit alias susah BAB, sebab kandungan seratnya dapat membantu melancarkan pencernaan.
  • Setiap 100 gram buah pepaya segar mengandung 46 kalori. Jumlah kalori pepaya tergolong rendah sehingga cocok dikonsumsi saat diet.
  • Serat dalam pepaya dapat membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga perut terasa kenyang lebih lama.
  • Hindari makan pepaya terlalu banyak, sebab kadang membuat perut mulas dan sering bolak-balik buang air besar.
  • Walau kalori pepaya tergolong rendah, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tetap dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Jika sedang sembelit alias susah buang air besar, pepaya menjadi buah yang paling banyak dicari. Berkat kandungan seratnya, pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cepat. Selain itu, orang-orang yang sedang diet pun banyak yang rajin makan buah pepaya. Memangnya, seberapa banyak jumlah kalori pepaya? Apa benar ampuh untuk menurunkan berat badan?

Kandungan nutrisi dan kalori pepaya

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), setiap 100 gram buah pepaya segar mengandung:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Air: 86,7 gram
  • 46 kalori
  • 0,5 gram protein
  • 0,1 gram lemak
  • 12,1 gram karbohidrat
  • 1,6 gram serat
  • 221 mg kalium
  • 23 mg kalsium
  • 12 mg fosfor
  • 1,038 mcg betakaroten
  • 365 mcg karoten total
  • 78 mg vitamin C

Dibandingkan buah lainnya, jumlah kalori pepaya cenderung rendah yakni hanya 46 kalori per 100 gram pepaya. Sebagian besar kalori tersebut berasal dari karbohidrat. 

Sekitar 12,1 gram karbohidrat dalam buah pepaya mencakup 1,6 gram serat dan sisanya berupa gula alami. Sementara indeks glikemik pepaya adalah 60, termasuk kategori sedang.

Bila melihat kandungan vitaminnya, pepaya termasuk salah satu buah sumber vitamin C yang baik. Jika rata-rata kebutuhan vitamin C setiap orang adalah 75-90 mg per hari, artinya hanya dengan makan 100 gram pepaya saja sudah mampu memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Seberapa ampuh makan pepaya untuk diet?

Jika Anda sedang mencari jenis buah untuk diet, maka pepaya bisa menjadi pilihan utama. Lagi-lagi, hal ini berkat jumlah kalori pepaya yang tergolong rendah, yaitu 46 kalori per 100 gram. Jadi, Anda tak perlu takut gemuk jika makan banyak pepaya.

Manfaat pepaya untuk diet juga didukung oleh kandungan seratnya yang melimpah. Serat berfungsi untuk membantu memperlambat proses pencernaan makanan dalam perut. Semakin lambat dicerna, maka makanan akan bertahan lama di dalam lambung dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Selain itu, asupan serat yang cukup juga dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan. Ketika proses pencernaan berjalan lancar, maka perut Anda tidak akan mudah kembung apalagi buncit. Alhasil, perut Anda tampak lebih rata dan menandakan program diet Anda berjalan sukses.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Meski pepaya bisa dijadikan pilihan buah untuk diet, Anda tidak boleh makan banyak pepaya sekaligus. Kebanyakan makan buah pepaya kadang membuat perut mulas dan sering bolak-balik ke toilet untuk buang air besar.

Reaksi tersebut sebetulnya wajar terjadi, sebab tandanya sistem pencernaan Anda berjalan optimal. Namun, jika Anda terus-terusan mengalami diare dan nyeri perut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah dehidrasi berat.

Tips menurunkan berat badan dengan pepaya

Nah, sekarang Anda tak perlu ragu lagi jika ingin makan pepaya untuk diet. Walau jumlah kalori pepaya termasuk rendah, kebutuhan nutrisi Anda tetap akan tercukupi dari kombinasi vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya dalam buah pepaya. 

Agar gizinya seimbang, berikut contoh menu diet yang bisa Anda kombinasikan dengan buah pepaya:

  1. Sarapan: Segelas susu almond encer, berikan jeda 30 menit, lalu dilanjutkan dengan makan salad pepaya.
  2. Makan siang: Roti gandum isi sayur dan segelas jus pepaya.
  3. Camilan: Smoothies yang terbuat dari campuran pepaya dan nanas.
  4. Makan malam: Sup sayuran dengan kuah kaldu dan semangkuk pepaya potong.

Walau jumlah kalori pepaya tergolong rendah, Anda tak perlu takut akan kekurangan kalori saat diet. Kombinasi makanan dalam menu tersebut bisa membantu menyeimbangkan kebutuhan kalori dan gizi harian Anda tanpa membuat berat badan naik.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Everyday Health. All About Papaya: Nutrition Facts, Health Benefits, Side Effects, How to Eat It, and More. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/papayas-nutrition-benefits-risks-how-eat-more/). 7 Juli 2019.
Healthline. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya. (https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits#section2). 4 Desember 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app