Jenis Kacamata Hitam yang Baik untuk Kesehatan Mata

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 23, 2019 Waktu baca: 2 menit

Sunglasses atau kacamata hitam tidak hanya digunakan sebagai aksesoris fashion supaya terlihat lebih keren saja. Akan tetapi penggunaan kacamata ternyata juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Asalkan tentu memilih kacamata hitam yang tepat.

Dengan kacamata hitam ini dapat digunakan sebagai pelindung mata dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki kacamata hitam yang tepat. Karena sinar matahari memiliki energi yang tinggi dan dapat membahayakan penglihatan sehingga juga perlu proteksi yang hebat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Apabila mata terus menerus terkena paparan sinar matahari, maka bisa merusak makula, khususnya pada area belakang mata yang bertugas membantu mengirimkan gambar pada otak. 

Penting bagi Anda memilih jenis kacamata hitam yang seharusnya Anda pakai untuk kesehatan mata. Berikut ini panduan saat memilih kacamata hitam untuk kesehatan.

Kacamata dengan lensa photo chromatic dan polarized

Jenis lensa kacamata ini merupakan jenis lensa terpolarisasi. Fungsinya adalah untuk mengurangi paparan sinar matahari agar tidak silau akibat adanya pantulan cahaya. Melalui kacamata hitam jenis inilah dapat mengubah cahaya terang agar menjadi lebih redup.

Jenis kacamata ini sangat cocok untuk Anda yang sering berkendara menggunakan mobil atau motor. Dengan memakai kacamata hitam jenis ini, maka perjalanan Anda tidak akan terganggu akibat pancaran sinar matahari.

Sunglasses dengan lapisan protection

Kacamata hitam yang memiliki lapisan protection dapat membantu penggunanya supaya terhindar dari bahaya radiasi UVB dan UVA. Jika Anda ingin memilih kacamata jenis ini, maka pilihlah yang memiliki kadar perlindungan hingga 100% dan pastikan dalam label terdapat UV 400nm.

Apabila kacamata yang Anda pilih sudah berlabel 100% UV, itu artinya kacamata tersebut aman untuk Anda gunakan. Termasuk saat digunakan pada siang hari. Penglihatan Anda tidak akan terganggu akibat paparan sinar matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sunglasses Polycarbonate

Jika Anda ingin menggunakan jenis kacamata yang ringan namun tetap kuat, Anda bisa menggunakan kacamata hitam dengan bahan Polycarbonate. Teksturnya yang sangat tipis tidak hanya membuat penampilan Anda keren saja, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakannya.

Kacamata hitam CR-39

Kacamata yang terbuat dari bahan polimer plastik ini mempunyai lapisan anti gores yang tahan terhadap bahan-bahan kimia. Selain nyaman digunakan, kacamata ini pun juga mampu menunjang penampilan agar terlihat lebih keren dan menarik.

Perhatikan bingkai kacamata atau komposisi frame

Frame kacamata hitam biasanya terbuat dari bahan alumunium, titanium maupun bahan plastik. Penggunaan bahan frame kacamata itu tentu akan berpengaruh terhadap berat kacamata tersebut. Oleh karena itu, hal ini juga perlu diperhatikan.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda hendak membeli kacamata. Salah satunya yaitu warna kacamata. Jika Anda sering kali melakukan aktivitas di luar rumah di siang hari, maka peran kacamata warna hitam atau cokelat sangatlah penting.

Dengan menggunakan kacamata hitam ini dapat menghindarkan indera penglihatan dari paparan sinar matahari yang mengganggu. Warna hitam yang terkena paparan sinar matahari mampu memberikan kesan yang redup. Sehingga tidak akan membuat mata menjadi silau meskipun terkena sinar matahari.

Anda bisa memilih berbagai jenis kacamata sesuai yang Anda inginkan. Kacamata yang dijual di pasaran pun memiliki banyak pilihan model yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya fashion Anda. So, itu tadi tips memilih kacamata hitam yang bagus untuk kesehatan ya…


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sunglasses and Eye Protection from Sun Damage. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health-news/how-you-get-sunburned-around-your-eyes-even-if-you-wear-sunglasses)
How to Tell If Your Sunglasses Are Really Protecting Your Eyes. University of Utah Health. (Accessed via: https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2018/07/sunglasses.protect.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app