Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Jari Tabuh - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Agu 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 983.217 orang

Menempelnya jari tangan dan kaki menunjukkan perubahan fisik tertentu pada kuku kaki tangan dan kaki yang diakibatkan oleh kondisi medis utama. Perubahan ini dapat berupa:

  • Pelebaran dan bertambah bulatnya kuku Anda
  • Bertambahnya sudut antara kutikula dan kuku
  • Kuku melengkung ke bawah
  • Melunaknya bantalan kuku, yang membuat kuku Anda terlihat seperti mengambang
  • Membesarnya atau menonjolnya ujung jari tangan atau kaki yang mungkin disertai dengan kemerahan dan rasa hangat.

Perubahan ini dapat muncul dalam waktu sekitar beberapa minggu atau tahun, tergantung pada penyebabnya. Mereka bisa jadi merupakan akibat dari beragam kondisi medis utama, yang mana beberapa diantaranya merupakan hal yang serius. Jika Anda mengalami menempelnya jari tangan atau kaki, segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Jari Tabuh

Masih belum diketahui dengan pasti mengapa penempelan terjadi (idiopatik) atau karena penyakit lainnya. Pengaktifan ini menjadi penyebab utama perubahan pada bantalan kuku. Pelebaran kuku yang menjadi ciri-ciri jari tangan terjadi ketika jaringan dibawah piringan kuku menjadi lebih tebal. 

Penyebab primer atau idiopatik termasuk keturunan dan osteoartopati hipertrofik. Sedangkan penyebab jari tabuh karena sebab sekunder yaitu :

  1. Penyakit paru seperti kanker paru, kistik fibrosis, empyema, metastase paru.
  2. Penyakit jantung seperti penyakit jantung bawaan sianotik, endocarditis bacterial.
  3. Penyakit saluran pencernaan seperti colitis ulseratif, sirosis hati, akalasia, peptic ulcer
  4. Penyakit kulit yaitu Pachydermoperiostosis, Bureau-Barrière-Thomas syndrome, Fischer syndrome, palmoplantar keratoderma
  5. Keganasan seperti kanker tiroid, kanker timus, penyakit Hodgkin, dan leukemia myeloid kronis.
  6. Kehamilan dan hiperparatiroid, serta penyakit sel sikle dan merokok kanabis jangka panjang dapat menyebabkan jari tabuh.

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter?

Buat janji dengan dokter jika Anda menyadari beberapa tanda atau gejala jari tabuh pada jari tangan dan kaki. Hampir semua kondisi dasar yang menyebabkan jari tabuh bersifat serius dan diagnosis serta perawatan dini mungkin memperbesar harapan sembuh.

Penanganan Jari Tabuh

Untuk menangani penempelan dokter perlu untuk mengetahui penyebab utama dari gejala yang Anda alami. Rencana penanganan yang direkomendasikan untuk Anda bergantung pada diagnosis yaitu :

  • Tidak ada terapi obat yang spesifik untuk jari tabuh. Terapi obat berdasarkan penyebab misalnya dengan obat anti nyeri sebagai terapi simtomatik pada pasien pakidermoperiostosis.
  • Demikian juga untuk terapi bedah juga tidak spesifik. Jika ada tumor pada paru dan operable bisa dilakukan tindakan bedah dengan harapan jari tabuh akan kembali ke keadaan normal.
  • Tindakan pembedahan juga dapat dilakukan pada pasien dengan penyakit jantung bawaan seperti tetralogy of fallot.

Pada beberapa kasus namun jarang terjadi, dokter menyarankan transplantasi paru-paru untuk menangani sakit paru-paru yang cukup serius.

Harapan Jangka Panjang

Pada beberapa kasus, jari tangan atau kaki Anda mungkin kembali ke bentuk normal ketika kondisi medis utama telah ditangani. Beberapa kondisi yang menyebabkan jari tabuh dapat diobati, beberapa bersifat kronis namun dapat diatasi, sebagian lagi sulit untuk diobati. 

Tanyakan pada dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai kondisi spesifik Anda, pilihan perawatan dan harapan jangka panjang.

Pencegahan Jari Tabuh

Satu-satunya cara mencegah jari tabuh adalah mengambil langkah pencegahan dan mengatur kondisi medis utama yang menyebabkannya. Misalnya Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengurangi resiko kanker paru-paru dengan menghindari rokok tabako membatasi paparan racun di tempat kerja.
  2. Mengurangi kemungkinan munculnya bronchiectasis dengan mendapatkan vaksin untuk campak dan batuk berdahak, mencari perawatan yang tepat untuk infeksi paru-paru, membatasi kontak dengan asal tabako dan racun lainnya.
  3. Mencegah asbestosis dengan menggunakan peralatan protektif ketika Anda bekerja dalam sebuah industri misalnya konstruksi dimana Anda terpapar oleh asbestos.

Jika Anda telah didiagnosis dengan kanker paru-paru, ikuti rencana pengobatan yang disarankan oleh dokter. Hal tersebut dapat membantu Anda menjaga kadar oksigen dalam darah Anda dan mencegah jari tabuh.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit