Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Jari Kelingking Bengkok - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.154.442 orang

Setiap manusia memiliki keunikan dan perbedaan secara fisik masing-masing, tidak terkecuali bentuk wajah dan tubuh. Namun, terkadang tidak disadari adanya sesuatu perbedaan yang terlalu mencolok atau terlihat tidak normal

Sebagai contoh, mungkin beberapa dari kita mengalami jari bengkok dan biasanya terjadi pada jari kelingking. Jari kelingking yang bengkok tidak hanya terlihat tidak indah dari sisi kosmetika tetapi juga bisa membuat aktifitas terganggu yang dikarenakan jari yang tidak lurus seperti jari lainnya. 

Sebenarnya, apa penyebab jari kelingking yang bengkok ini? Apakah berbahaya dan membutuhkan pengobatan? 

Pengertian jari kelingking bengkok

Yang dimaksud dengan jari yang bengkok adalah jari yang tidak segaris lurus dengan jari lainnya. Dan biasanya, jari yang bengkok ini sering terjadi pada jari kelingking yang posisinya berada di bagian paling luar telapak tangan. 

Karena posisinya ini, jari kelingking sangat rentan mengalami kejadian atau insiden. Orang yang memiliki jari kelingking yang bengkok belum tentu merasa terganggu karena hal ini terkadang tidak menimbulkan rasa sakit. 

Namun, tidak sedikit yang mengeluhkan rasa ‘ngilu’ atau nyeri pada jari yang bengkok ini dan merasa terganggu kegiatan sehari-harinya.

Penyebab jari kelingking bengkok

Penyebab utama dari jari kelingking yang bengkok adalah sindrom yang secara genetik diturunkan atau diwariskan oleh keluarga atau istilahnya clinodactlyly. Clinodactlyly berasal dari bahasa Yunani Kliner yang berarti bengkok dan Dactylos yang berarti jari.

Sindrom ini biasa dikaitkan dengan sindrom seperti down Syndrome, sindrom Turner, sindrom Aarskog, sindrom Carpenter, sindrom Seckel, sindrom Cornelia de Lange, dan berbagai macam sindrom lainnya. 

Saat masih di dalam kandungan, kecenderungan memiliki jari yang bengkok bisa terdekteksi oleh pemeriksaan USG (Ultrasonography). Namun, dokter kandungan harus memeriksa lebih lanjut penyebab yang menyebabkan bengkoknya jari melalui pemeriksaan yang lebih detail.

Penyebab lainnya adalah insiden yang tidak sengaja dialami oleh jari kelingking. Seperti terjepit benda keras, kecelakaan saat berada di transportasi atau olahraga, terjatuh, atau berbagai macam lainnya yang berkaitan dengan insiden fisik. 

Beberapa sumber mengatakan, pada awalnya jari kelingking yang bengkok tidak akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Sehingga banyak orang yang mengalami kecelakaan atau insiden seperti yang disebutkan di atas tidak segera memeriksakan keadaan tulang jari-jarinya. 

Kemudian, lambat laun jari terasa nyeri dan baru disadari bahwa tidak sejajar dengan jari lainnya atau terlihat bengkok. Maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya tulang bagian dalam yang bergeser atau patah, sehingga posisinya tidak seperti sedia kala. 

Klasifikasi

Berdasarkan penyebabnya Clinodactlyly dibedakan menjadi 4 kategori

  • Keturunan dengan keturunan yang dominan dan tidak berhubungan dengan sindroma kelainan yang lain
  • Berhubungan dengan kelainan kongenital yang lain seperti Down syndrome
  • Akibat cedera pada lempeng pertumbuhan , fisik atau suhu (termal), penyakit Juvenile rheumatoid, iklim yang terlampau dingin
  • Pada jempol dengan tiga jari

Tindakan yang perlu dilakukan

Ketika mendapati jari kelingking yang bengkok adalah merasakan apakah ada rasa yang nyeri mengganggu atau tidak. Jika tidak, maka kondisi kosmetika atau penampilanlah yang menjadi bahan pertimbangan. 

Tentu saja, walaupun tidak terlihat menonjol, jari kelingking yang bengkok terkadang juga bisa mengganggu aktifitas. Berbeda cerita jika Anda merasakan rasa sakit di jari kelingking yang bengkok. 

Anda disarankan segera untuk memeriksakan ke dokter yang biasanya akan dirujuk ke dokter ortopedi untuk diobservasi bagian tulang yang kemungkinan mengalami patah atau bergeser. Dan memungkinkan koreksi bagian tulang maupun jaringan lunaknya seperti tendon dan ligamen.

Tidak ada ukuran yang pasti untuk menentukan jari kelingking bengkok atau normal. Biasanya orang yang memiliki jari kelingking yang bengkok dari lahir, sudah dipastikan merupakan sindrom yang diturunkan melalui genetic. 

Jika Anda baru menyadarinya ketika sudah beranjak dewasa dan merupakan perubahan dari bentuk asal, maka sebaiknya memeriksakan ke dokter karena ditakutkan tulang yang akan semakin cidera. 

Jika terasa nyeri, maka paracetamol dapat dikonsumsi sementara untuk menghilangkan rasa sakit sebelum Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis.

  • Jika ringan pembengkokannya dokter hanya akan melakukan observasi hingga tulang kembali ke posisi semula
  • Tindakan bedah diambil jika berdasarkan hasil foto xray terjadi pembengkokan yang signifikan sehingga bertabrakan dengan jari sebelahnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Tentu saja, Anda mungkin tidak merasa bahwa jari kelingking yang bengkok merupakan hal yang besar. Namun, jika bengkoknya jari disebabkan oleh insiden karena kecelakaan atau olahraga maka penanganan yang tepat dan cepat dapat membantu jari kelingking Anda normal kembali. 

Jangan sekali-kali menarik tulang jari atau mencoba meluruskannya kembali sendiri atau bertemu dengan orang untuk memijat dengan yang bukan ahli dalam bidang ortopedi, karena bisa memperparah keadaan tulang Anda. 

Banyak sekali mitos kepribadian dan kesehatan yang berkaitan dengan jari kelingking yang bengkok. Kembali kepada kepribadian Anda untuk menerimanya atau tidak. Sebaiknya memeriksakan kepada dokter spesialis ortopedi untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan akurat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini