11 Jenis Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 1, 2019 Waktu baca: 2 menit
11 Jenis Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Jika selama ini Anda mengira dengan menyimpan makanan dalam kulkas akan membuat makanan menjadi tahan lama, Anda keliru. Karena nyatanya tidak semua makanan akan tetap terjamin kualitasnya meski telah disimpan di lemari es.

Ada 11 jenis makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, antara lain:

1. Kentang

Anda cukup menyimpan kentang dalam suhu ruangan yang sejuk karena suhu dingin pada kulkas dapat mengubah tepung kentang (pati) menjadi gula dan akan mempengaruhi rasa menjadi tidak enak dimakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

2. Aneka Jenis Bawang

Bawang lebih baik disimpan di suhu ruangan dan dijauhkan dari sinar matahari secara langsung agar tetap segar. Karena menyimpan bawang di lemari es akan menyebabkan bawang putih (garlic), bawang merah, ataupun bawang bombay (onion) menjadi lebih cepat rusak.

3. Melon

Buah melon yang masih utuh tidak disarankan untuk disimpan di lemari pendingin. Hal ini dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan antioksidan sehingga kandungan antioksidan berkurang lebih cepat.

Jika disimpan di suhu ruangan, senyawa seperti betakaroten pada melon utuh akan meningkat dan bermanfaat baik bagi kulit dan mata. Setelah Anda memotong melon, Anda boleh menyimpannya di lemari es supaya lebih segar.

4. Madu

Madu tidak boleh disimpan di lemari es karena suhu dingin pada kulkas akan membuat madu mengkristal dan menjadi padat sehingga tidak dapat dikonsumsi. Anda dapat mengembalikan bentuk madu dengan menghangatkan botol dengan air hangat. Jika ingin menggunakan madu dalam waktu yang lama, cukup simpan madu pada suhu kamar.

5. Roti

Pada dasarnya roti memang mudah rusak. Memasukkan roti ke dalam lemari es dianggap mampu mencegah pertumbuhan jamur, walaupun mungkin cukup membantu tetapi hal tersebut juga akan membuat roti mengeras sehingga tidak bisa dimakan. Untuk mengatasinya, Anda dapat membekukan roti pada freezer kemudian panggang roti ketika ingin menikmatinya.

6. Kacang-kacangan

Kacang tidak perlu didinginkan. Cukup simpan kacang dalam wadah kedap udara di dapur atau lemari untuk mendapatkan rasa kacang yang enak. Bahkan kacang yang disimpan dalam suhu ruangan tetap dapat dimakan hingga tiga bulan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

7. Biji Kopi

Mendinginkan biji kopi akan menimbulkan kondensasi air menumpuk dan menambah kelembaban yang menyebabkan rasa kopi yang tidak enak. Untuk mendapatkan kopi yang segar dan enak, cukup simpan biji kopi dalam wadah kedap udara pada suhu kamar.

8. Tomat

Udara dingin dapat mengubar jalur kimia pada tomat sehingga mengubah rasa dan tekstur tomat. Jika tomat kurang matang, taruh di dekat jendela yang masih terkena cahaya sinar matahari dan jika sudah mulai matang, sebaiknya segera diolah dan dikonsumsi.

9. Saus sambal

Ada banyak kandungan cuka dan pengawet dalam saus pedas yang dimaksudkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri sehingga Anda cukup menyimpan saus sambal pada suhu ruangan.

10. Alpukat

Alpukat sebaiknya disimpan dalam suhu kamar ketika sudah matang terutama jika ingin segera dikonsumsi. Tetapi Anda dapat memasukkan alpukat ke dalam kulkas ketika alpukat sudah matang tetapi belum ingin Anda makan karena akan membuatnya lebih tahan lama. Alpukat yang kurang matang akan terasa keras dan pahit ketika digigit dan alpukat yang terlalu matang akan terasa terlalu lunak dan warnanya menghitam.

11. Stone Fruits

Stone fruits merupakan istilah untuk buah-buahan yang berbiji keras dan besar, seperti plum, leci, persik, dan apricot. Buah yang sudah matang paling baik disimpan pada suhu kamar dan segera dikonsumsi. Tetapi jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari es untuk mencegah buah menjadi lembek dan rusak.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 refrigerator storage mistakes everyone makes. Well+Good. (Accessed via: https://www.wellandgood.com/good-food/fridge-food-storage-mistakes/)
10 things you shouldn’t store in the fridge - don't waste space. Good Housekeeping. (Accessed via: https://www.goodhousekeeping.com/uk/house-and-home/household-advice/a672832/foods-not-stored-in-fridge/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app