Kesehatan Fisik

Inilah Jenis dan Cara Mengatasi Bintitan

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mar 20, 2019 Waktu baca: 3 menit

Kedua mata adalah salah satu organ yang paling berharga sesuai dengan peribahasa “Mata adalah jendela dunia”. Dengan mata kita bisa menikmati keindahan dunia ini. 

Mata juga bisa menjadi keindahan bagi setiap orang. Pernahkah terbayangkan bagaimana jika mata mengalami gangguan? Tentu ini akan sangat mengganggu.

Mata merupakan salah satu organ penting bagi kamu, tanpa adanya mata mungkin sebagian aktivitas kamu akan terhambat. Sebagai salah satu organ penting tentu kamu harus menjaga kesehatan mata, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit sebagai akibat dari terkontaminasinya virus maupun bakteri seperti bintitan. 

Beberapa diantara kamu sudah sering mendengar bintitan atau malah kamu pernah maupun sering bintitan. Walaupun tidak berbahaya tapi bintitan sangat mengganggu bukan?

Mata bintitan bisa membuat kamu menjadi kurang percaya diri bertemu orang. Ada juga mitos mengenai mata bintitan yang kamu alamani akibat kamu hobi mengintip orang mandi atau apalah, tentu ini hanya mitos saja dan tidak benar. 

Mau tau tentang mata bintitan? Mengapa mata kamu bisa bintitan? Dan bagaimana menyembuhkan mata kamu yang bintitan? Simak ulasan ini

Bintitan (hordeolum atau chalazion)  adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang mirip jerawat atau bisul yang tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih terasa sakit daripada bintil yang tumbuh di tepi kelopak mata. 

Seperti hal yang sudah disebutkan diatas mata bintitan memang tidak berbahaya, namun bintitan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu karena rasa nyerinya, serta merusak keindahan mata kamu. Penyebab utama bintitan adalah bakteri stafilokokus. 

Bakteri ini biasanya hidup pada kulit kamu tanpa menyebabkan penyakit. Namun risiko bintitan akan meningkat apabila kamu menyentuh mata dengan tangan yang kotor. 

Bintitan pada mata kamu juga dapat disebabkan oleh adanya sumbatan pada kelenjar kelopak mata tanpa adanya infeksi bakteri seperti alergi pada make up, alergi contact lens, menggunakan makeup kadaluarsa, menggunakan makeup mata semalaman, mengucek mata tanpa cuci tangan.

Ada beberapa jenis mata bintitan yang bisa kamu alami, diataranya:

Hordeolum eksterna

Bintitan ini biasanya menyerang kelopak mata atas maupun bawah di bagian dalam Bintitan di bagian dalam akan menyerang kelenjar lemak Zeis yang ada di kelopak mata.

 

Hordeolum eksterna

 

Bintitan interna memiliki benjolan yang lebih besar dibandingkan dengan eksterna. Kelopak mata kamu juga akan terasa lebih berat. Selain muncul di kelenjar lemak Meibomian, benjolan juga muncul di kelenjar meibom.

Bintitan Kalaizon

Bintitan kalaizon biasanya ditandai dengan adanya tonjolan yg keras tetapi tidak ada nanah atau cairannya. Bintitan ini disebabkan adanya sumbatan pada kelenjar minyak pada kelopak mata.

Bintitan biasanya akan mengempes dengan sendirinya setelah beberapa waktu tanpa adanya perawatan medis. Namum sebagian dari kamu tentu merasa tidak nyaman dengan benjolan kecil dimata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan bintitan. 

Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan

  • Menjaga kebersihan mata
  • Menghapus make up mata dengan benar
  • Menghentikan penggunaan contact lense sementara waktu
  • Mengkompres mata Untuk menyembuhkan mata bintitan hal mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengompres mata dengan handuk bersih  hangat . Mengompres dapat membantu untuk memperkecil bintitan di kelopak mata kamu.
  • Menggunakan bawang putih Bawang putih dipercaya bisa menyembuhkan bintitan. Caranya cukup ambil satu siung bawang putih kemudian haluskan atau iris, lalu oleskan pada mata kamu yang bintitan.
  • Daun sirih Cuci daun sirih hingga bersih kemudian rebus. Setelah air mendidih dan dingin kamu bisa mengoleskan air rebusan daun sirih tadi pada kelopak mata kamu yang bintitan.
  • Salep antibiotik mata Salep antibiotik mata bisa membantu menyempeskan dan mengurangi rasa gatal saat bintitan melanda kamu.
  • Pembedahan (Insisi hordeoulum)

Dokter mata akan melakukan insisi dengan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi tekanan pada mata. Insisi ini biasanya dilakukan jika bintitan bersifat kronis, berulang atau tidak sembuh dengan pengobatan antibiotika

Bintitan pada mata memang terlihat seperti jerawat di mata namun memencet untuk mengeluarkan nanahnya merupakan hal yang fatal karena bisa menyebabkan infeksi semakin meluas sehingga seluruh kelopak mata kamu menjadi terinfeksi. 

Jika bintitan

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app