Inilah Cara Mencabut Alis Sendiri dengan Aman

Beginilah cara mencabut alis Anda dengan amanApabila Anda hendak melakukan cabut alis sendiri, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan serta persiapkan
Dipublish tanggal: Agu 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tampilan alis yang rapi serta simetris selaku menjadi dambaan bagi hampir semua orang, khususnya mereka yang sangat memperhatikan penampilan fisik dan juga para kaum wanita. 

Alis dipandang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam penampilan wajah seseorang. Mengapa demikian ? Karena alis akan terlihat semakin mempertegas bentuk dan kesan wajah pemiliknya. 

Namun, guna memiliki alis yang rapi dan simetris akan membutuhkan cara dan penanganan khusus. Termasuk salah satunya adalah dengan cara yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar oerng, yaitu dengan mencabut alis.

Mencabut alis merupakan salah satu cara dalam perawatan untuk merapikan alis, cara ini adalah cara yang terbilang paling mudah serta sangat terjangkau untuk dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan. 

Maka dari itu, memang banyak orang yang akan melakukannya secara mandiri di rumah. 

Akan tetapi, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa apabila cabut alis dilakukan sendiri di rumah dan Anda melakukannya tidak dengan tidak hati-hati malah akan beresiko menyebabkan luka di kulit wajah sekitar area alis Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Apakah mencabut alis sendiri di rumah akan aman ?

Terdapat sebagian kaum wanita yang merasa tak memiliki cukup waktu guna merapikan alis mereka, atau juga karena mereka memang tak punya cukup uang untuk membayar biaya jasa salon untuk merapikan alisnya. 

Hal tersebutlah yang menyebabkan banyak para wanita melakukan perawatan alis secara mandiri di rumah menggunakan alat yang hanya seadanya di rumah. Biasanya, hanya cukup bermodal cermin serta alat kecil bernama pinset.

Beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa mencabut alis menggunakan pinset dan dilakukan sendiri di rumah tidaklah disarankan, ini karena alasan higenitasnya. 

Higienitas dari alat tersebut yang mungkin bisa menjadi trauma pada kulit dan berpotensi mengakibatkan kulit Anda mengalami iritasi, kemerahan, bahkan hingga mengalami pembengkakan di area dalam atau pun di luar kulit. 

Apalagi jika alat pinset yang Anda gunakan tidak higienis atau steril, hal ini akan meningkatkan kemungkinan pinset tersebut menyebarkan bakteri ke kulit dan akan  mengakibatkan infeksi.

Untuk itulah, jika Anda ingin mencabut alis sendiri, Anda harus sangat berhati-hati. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Agar hasilnya yang baik dan juga aman untuk Anda, sebaiknya merapikan alis dilakukan di klinik kecantikan yang mempunyai terapis profesional khusus guna mengurangi risiko terjadinya infeksi serta iritasi di kulit Anda. 

Jangan sampai terjadi yang namanya salah cabut alis dan menyebabkan banyak rambut alis yang tercabut justru akan menjadikan bentuk dan tampilan alis Anda menjadi terlihat semakin tidak pas atau aneh.

Beginilah cara  mencabut alis Anda dengan aman

Apabila Anda hendak melakukan cabut alis sendiri, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan serta persiapkan, yaitu :

1. Pinset

Alat ini untuk mempermudah ketika Anda mencabut alis. Sebelum menggunakannya, perhatikanlah dengan teliti terlebih dahulu apakah pinset tersebut sudah mulai berkarat atau belum. 

Jika sudah, sebaiknya jangan dipakai. Kemudian, sebaiknya sterilkan dahulu pinset yang akan digunakan dengan membersihkannya menggunakan alkohol atau direndam dalam air yang mendidih.

2. Cermin

Untuk membantu Anda ketika ingij mencabut alis, siapkan cermin yang cukup besar jangam pilih cermin yang kecil, yang memungkinkan memperlihatkan seluruh wajah Anda. Sehingga rambut alis Anda bisa terlihat dengan jelas.

3. Pencahayaan yang bagus dari depan

Sebelum mencanut alis, pastikan Anda mendapat pencahayaan baik dari sumber cahaya langsung arah depan. Sebaiknya jangan memakai cahaya dari samping, karena akan memunculkan bayangan di kelopak mata. 

4. Pola alis

Ketahui terlebih dahulu pola dari bentuk alis Anda sebelum mencabutnya. Lalukan pengukuran dahulu seperti apa bentuk alis yang Anda inginkan, barulah dicabut menggunakan pinset. 

Sebaiknya jangan terlalu banyak mencabut alis. Hal ini supaya alis terlihat tetap alami. Hanya alis yang ada di bagian luar garis alis alami Anda yang sebaiknya dicabut. 

Selain itu, hindari membentuk alis terlalu berbeda dari bentuk alaminya. Alis setiap bentuk alaminya sudah paling sesuai dengan bentuk wajahnya juga.

5. Lakukan dengan perlahan dan berhati-hati

Untuk mendapatkan hasil alis yang lebih rapi, Anda harus mencabutnya sedikit-sedikit dan bercermin, begitu seterusnya. Hal tersebut untuk memastikan alis kanan dan kiri bentuknya seimbang. 

Mencabut alis juga harus dengan perlahan dan berhati-hati, serta, pastikan mencabut alis jangan terlalu kencang.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Shape Eyebrows at Home When You Can't Go to a Salon — Expert Tips. Allure. (Accessed via: https://www.allure.com/story/how-to-shape-your-own-eyebrows)
How to Reshape Eyebrows: 12 Tips from the Pros. Allure. (Accessed via: https://www.allure.com/story/how-to-shape-up-your-eyebrows)
How to Tweeze Eyebrows at Home - How to Groom Eyebrows at Home. InStyle. (Accessed via: https://www.instyle.com/beauty/how-to-tweeze-eyebrows-at-home)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app