Inilah 7 Langkah Keramas Yang Perlu Anda Perhatikan

Sembarang keramas bisa merusak keindahan alami rambut dan dapat menyebabkan rambut bermasalah seperti, kulit kepala kering dan rambut mudah rontok. Simak uraian di bawah ini ya.
Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Inilah 7 Langkah Keramas Yang Perlu Anda Perhatikan

Pasti Anda sering mendengar ungkapan “Rambut adalah mahkota wanita”. Tetapi bukan berarti dengan tidak adanya ungkapan “Rambut adalah mahkota pria” kehadiran rambut menjadi tidak penting di kepala pria. 

Rambut yang bersih dan berkilau adalah dambaan bagi semua orang. Sehingga kita diajarkan untuk menjaga kesehatan rambut dengan cara keramas. Tanpa keramas rambut akan terlihat lepek. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Tapi sudah tahukah Anda cara keramas yang benar? Sembarang keramas bisa merusak keindahan alami rambut dan dapat menyebabkan rambut bermasalah seperti, kulit kepala kering dan rambut mudah rontok. Simak uraian di bawah ini ya.

Langkah-langkah keramas yang perlu Anda perhatikan

Berikut ini tips seputar keramas yang dapat membuat rambut Anda tampak sehat dan berkilau:

Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda

Ingatlah bahwa semua jenis shampo belum tentu cocok untuk jenis rambut Anda. Kenali dulu jenis rambut Anda apakah termasuk normal, kering, atau cenderung berminyak. Lalu sesuaikan dengan kandungan yang terdapat pada label produk. 

Jika Anda masih ragu dengan jenis rambut Anda, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter. Pemilihan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. 

Basahi rambut dengan air hangat

Saat hendak keramas, rambut harus sudah dalam keadaan basah. Sebaiknya Anda membasahi rambut dengan air hangat suam-suam kuku. Air hangat akan membantu membuka kutikula dan menghilangkan kotoran serta sisa produk rambut yang masih menempel. 

Hal ini juga akan menyiapkan kutikula untuk menyerap minyak dari kondisioner.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gunakan shampo secukupnya

Sesuaikan kebutuhan shampo yang Anda gunakan sesuai ketebalan dan panjang rambut. Hindari menggunakan shampo terlalu banyak atau sedikit. Lalu tuangkan shampo pada telapak tangan Anda dan berilah sedikit air serta gosokkan agar berbusa.

Pijat dengan lembut

Setelah shampo berbusa, ratakan shampo ke seluruh bagian kepala. Anda bisa melakukannya dengan posisi membungkuk dan kepala menunduk ke bawah. Anda bisa memijat menggunakan ujung jari mulai dari ujung rambut, kemudian ke kepala bagian atas lalu ke belakang, sisi kiri dan kanan. 

Hal tersebut dilakukan supaya nutrisi sampo terserap dengan baik.

Bilas rambut dengan air dingin

Selanjutya bilaslah rambut Anda dengan menggunakan air dingin. Air dingin dapat menutup kutikula sehingga mampu menahan nutrisi shampo dan tidak ikut hilang terbilas. Bilas rambut Anda hingga bersih atau sampai rambut tidak terasa licin lagi.

Tambahkan kondisioner 

Keringkan rambut Anda sampai tidak ada air yang menetes. Kemudian Anda bisa menambahkan kondisioner. Saat ini ada kondisioner yang tanpa bilas atau harus dibilas dengan air, tentu pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut Anda. 

Hindari penggunaan kondisioner pada akar rambut karena dapat menyebabkan minyak alami rambut jadi hilang. Gunakan kondisioner hanya pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Keringkan rambut

Hindari menggosok atau menarik terlalu keras saat rambut Anda masih basah, termasuk menyisir rambut. Tunggu hingga rambut sudah kering. Ada bisa menepuk-nepuk dengan handuk atau menggunakan pengering rambut. Tapi jangan menggunakannya terlalu dekat dengan helai rambut.

Waktu yang tepat untuk keramas

Mungkin sebagian orang menganggap jika lebih sering keramas akan membuat rambut jadi lebih halus dan berkilau, ternyata anggapan tersebut salah besar. Apabila Anda mencuci rambut setiap hari, rambut Anda akan menjadi kering. 

Setiap orang dapat mempunyai waktu keramas yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi rambut dan aktivitas yang Anda lakukan.

Jika Anda memiliki jenis rambut normal, sebaiknya keramas seminggu 2 kali atau tiap 2-3 hari sekali. Ketika rambut harus dibersihkan, rambut akan menunjukkan gejala seperti lepek dan gatal. 

Sedangkan untuk Anda yang memiliki jenis rambut berminyak, Anda boleh mencuci rambut lebih sering. Sama halnya dengan orang yang mudah berkeringat sehingga rambutnya mudah lepek, dalam hal ini diperbolehkan keramas setiap hari. Cuaca juga mempengaruhi waktu untuk keramas. 

Ketika cuaca sedang panas, itu memungkinkan bagi Anda untuk lebih sering keramas. 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
GQ’s Definitive Guide on How to Wash Your Hair. GQ.com. (Accessed via: https://www.gq.com/story/how-to-wash-your-hair)
Washing Hair: How Often, Products to Use, and More. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/washing-hair)
How to wash hair correctly: Tips from experts. TODAY. (Accessed via: https://www.today.com/style/how-wash-hair-correctly-tips-experts-t111714)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app