Inilah 5 Tanda Utama bahwa Anda Benar Siap Menikah

Mungkin Anda sudah banyak menemui teman seumuran Anda yang sudah menikah, bahkan mempunyai anak lucu. Tentu hal tersebut dapat membuat Anda melamun dan membayangkan, “Kapan saya menikah dan berumah tangga?” Namun apakah Anda benar-benar siap menikah dengan calon Anda atau hanya terpengaruh oleh teman? Cek 5 tanda utama berikut ini dan cari tahu apakah Anda benar siap menikah.
Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit

Menikah adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup. Mungkin Anda sudah banyak menemui teman seumuran Anda yang sudah menikah, bahkan mempunyai anak lucu. Tentu hal tersebut dapat membuat Anda melamun dan membayangkan, “Kapan saya menikah dan berumah tangga?” 

Namun apakah Anda benar-benar siap menikah dengan calon Anda atau hanya terpengaruh oleh teman? Cek 5 tanda utama berikut ini dan cari tahu apakah Anda benar siap menikah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

5 tanda utama Anda benar-benar siap menikah

Jika saat ini Anda sedang bimbang untuk mengambil keputusan. Cobalah untuk mengecek 5 tanda utama di bawah ini:

1. Anda mempunyai alasan kuat mengapa ingin menikah

Untuk meyakinkan keputusan yang Anda ambil, cobalah untuk memejamkan mata dan pikirkan alasan mengapa Anda ingin menikah. Apa yang akan Anda dapat ketika telah menikah dengan pasangan Anda dan apa bedanya dengan hubungan yang Anda jalani selama ini? 

Cobalah untuk menanyakan pada diri Anda sendiri tentang pertanyaan-pertanyaan sulit untuk memastikan Anda benar-benar siap untk menikah.

 Menikah tidak semudah ketika Anda jatuh cinta. Cobalah pertimbangkan kembali apakah Anda sudah siap menikah secara umum atau siap mneikah secara spesifik hanya dengan dirinya.

 Sebenarnya mempunyai alasan yang kuat untuk menikah juga harus dimiliki oleh kedua pihak. Pasalnya ketika Anda sudah menikah dan berumah tangga, namun memiliki banyak perbedaan seperti keyakinan, visi dan misi dan nilai yang dianut akan membuat kehidupan rumah tangga Anda menjadi runyam.

 2. Punya rencana mengenai kehidupan rumah tangga

Semua pasangan tentu menginginkan pesta pernikahan yang mewah. Pesta pernikahan merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh kedua calon mempelai dan kedua keluarga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Karena disitulah momen yang menggemberikan serta menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama, serta saling mengenal antar keluarga.

 Namun apakah tujuan utama Anda ingin membuat pesta pernikahan yang paling mewah di antara teman-teman Anda? Ataukah benar-benar ingin membangun rumah tangga bersamanya? 

Ingatlah bahwa pesta pernikahan hanya berlangsung dalam hitungan jam, sedangkan kehidupan Anda bersama pasangan berlangsung seumur hidup. Rencanakan dengan matang ya.

 Tanda bahwa Anda siap menikah adalah dia selalu muncul dalam angan Anda ketika memikirkan masa depan. Bukan hanya sebagai teman hangout atau pengusir rasa bosan Anda. Pastikan bahwa Anda menginginkan dia terlibat dalam setiap momen Anda.

 Setelah Anda benar-benar yakin dan siap untuk menikah, buatlah rencana bersama pasangan Anda. Misalnya, tentukan bagaimana Anda akan mengasuh anak, atau bagimana jika pasangan Anda harus pindah ke luar kota atau Negara lain? Apakah Anda tetap tinggal di rumah atau akan ikut bersamanya.

 3. Saling terbuka dengan pasangan Anda

Apabila Anda masih mempunyai rahasia yang belum diketahui oleh pasangan Anda? Jika iya, itu tandanya Anda belum benar-benar siap untuk menikah. Tidak tergantung pada lama Anda berpacaran dengannya, Anda perlu mengenal pasangan Anda dengan baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Menikah bukan hanya sekedar waktu, namun menikahlah karena Anda memahami pasangan Anda. Mulai dari impiannya, kesukaannya, dan masa lalunya.

Tidak masalah jika dia pernah melihat Anda terpuruk karena sesuatu hal. Sehingga Anda tidak khawatir lagi ketika dia mengetahui saat Anda kacau. Begitupun sebaliknya. Anda harus selalu berada disampingnya ketia ia berada di titik terendahnya. Keep Suport!

 4. Mencari solusi bersama

Saat Anda memutuskan untuk menikah, persiapkan batin Anda ketika menghadapi permasalahan rumah tangga. Tanda bahwa Anda siap menikah jika permasalahan sedang melanda, Anda akan segara berdiskusi berdua dengan kepala dingin agar masalah Anda cepat selesai.

 Hubungan antara suami-istri dapat diibaratkan seperti kemitraan, yaitu Anda dan pasangan harus berbagi permasalahan tanpa ada pihak yang dirugikan. Jika terjadi perbedaan pendapat itu merupakan hal yang wajar. 

Dan pastikan Anda tidak menyimpan dendam dengan pasangan Anda atau hal yang mengganjal dalam hati.

 5. Tidak bisa hidup tanpa dirinya

Tanda utama yang terakhir bahwa Anda siap menikah adalah Anda sangat mencintai pasangan Anda. Anda tidak bisa hidup tanpa dirinya dan hanya dia yang bisa membahagiakan Anda. Anda pun tidak memiliki rasa khawatir saat ia berada jauh dari Anda, justru Anda akan sangat menunggunya pulang ke rumah.

 Anda pun bisa membuatnya sebagai teman dan pihak yang paling Anda percayai. Selain itu, semangat dari dirinya adalah hal yang paling terpenting bagi Anda.

Jika Anda sudah memenuhi kriteria di atas, tetapi belum siap menikah jangan terlalu dipikirkan. Jangan mengambil keputusan dengan terburu-buru. Setiap orang punya jam waktunya masing-masing kan?


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Signs You Need to Marry Your Girlfriend. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/signs-you-need-to-marry-girlfriend-4043490)
Signs the Person You're Dating Wants to Get Married. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/signs-your-date-desperate-to-marry-4050567)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app