Ingin Suami atau Pacar Berhenti Merokok? Begini Cara Mengatasinya

Jika menghadapi pasangan yang kembali merokok, sikap marah atau mengomel tidak akan memberikan solusi. Lantas, bagaimana cara mengatasi pasangan yang kembali merokok? Berikut ini trik manjur yang dapat Anda coba!
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 3, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ingin Suami atau Pacar Berhenti Merokok? Begini Cara Mengatasinya

Perasaan khawatir, sebal, dan sedih pasti dialami oleh wanita yang menemui kebiasaan merokok pasangan kembali diulangi. Padahal, semua orang tahu bahwa merokok menyebabkan banyak dampak buruk ketimbang manfaatnya. 

Lebih parahnya, tak hanya bagi perokok aktif itu sendiri, melainkan terhadap perokok pasif yang berada di lingkungan sekitarnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika menghadapi pasangan yang kembali merokok, sikap marah atau mengomel tidak akan memberikan solusi. Lantas, bagaimana cara mengatasi pasangan yang kembali merokok? Berikut ini trik manjur yang dapat Anda coba!

Ketahui alasan pasangan kembali merokok

Setiap perokok memerlukan usaha yang besar untuk dapat berhenti merokok. Apalagi bagi perokok aktif yang telah candu nikotin dan menghabiskan lebih dari satu bungkus rokok per hari. Maka, kadar kebutuhan nikotin tubuhnya akan lebih besar. 

Dengan kata lain, tingkat candu yang dialami semakin sulit untuk dibatasi.

Adalah suatu usaha yang terbilang sukses ketika perokok benar-benar dapat berhenti dari kebiasaan merokok. Ada banyak perjuangan yang perlu dilakukan untuk menahan keinginan merokok termasuk bantuan dari orang-orang sekitar.

Nah, ketika Anda menemukan pasangan yang kembali merokok setelah sekian lama berhenti, sebaiknya cari tahu dulu alasan mengapa dia merokok. Jangan lantas memarahinya dengan kata-kata yang menyakitkan hati.

Ketahuilah, sebagian besar pria kembali merokok ketika merasa stres atau sedang marah. Ketika pasangan Anda mulai mencari-cari kesempatan merokok, pahamilah bagaimana kondisi psikologisnya. Apakah dirinya sedang dilanda masalah atau sekedar untuk meredakan amarah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya, cobalah untuk mengajaknya bicara dari hari ke hati. Ingat, disini Anda sebagai pendengar masalahnya, bukan mencari celah untuk menghakiminya.

Alihkan perhatian pasangan dari kebiasaan merokok

Cara kedua ketika Anda sudah mengetahui penyebab pasangan merokok adalah berusaha mengalihkan perhatiannya dari kebiasaan tersebut. Ada beberapa alternatif kebiasaan yang dapat dilakukan bersama pasangan seperti jalan-jalan, olahraga, menonton film, maupun melakukan hobi yang disukai.

Pastikan kebiasaan baru tersebut efektif untuk menghilangkan stres maupun amarah.

Kalaupun masalah akibat pasangan merokok adalah finansial, pastikan Anda memberikan solusi terbaik untuk dihadapi bersama. Sehingga, pasangan tidak akan lagi menyentuh rokok karena dilanda masalah finansial.

Terus memberi dukungan pada pasangan untuk berhenti merokok

Kebanyakan wanita pasti merasa frustasi ketika pasangan kembali merokok sehingga sering naik pitam dan marah-marah. Padahal, cara ini justru menyebabkan pasangan lebih stress sehingga membulatkan tekad kembali merokok demi mengurangi stress.

Daripada marah-marah tidak jelas, lebih baik berilah dukungan pada pasangan untuk berhenti dari merokok. Dimulai dari memberinya motivasi dan semangat hidup tanpa rokok hingga dukungan terus menerus. 

Jika perlu, berilah pasangan bekal berupa permen karet dan camilan sehat sebagai alternatif kegiatan ketika keinginan untuk merokok datang lagi. Kalaupun masih merasa kurang yakin dengan usaha konvensional ini, Anda bisa mengajak pasangan untuk berkonsultasi ke dokter demi program berhenti merokok yang disarankan.

Berikan tantangan opsional antara rokok dengan hubungan anda

Nah, kalau pasangan Anda tetap kekeh ingin merokok bahkan di dekat Anda, berikan tantangan opsional antara merokok dengan hubungan Anda. Biasanya, pria yang benar-benar sayang akan berpikir dua kali untuk merokok kembali. Apalagi jika taruhannya adalah hubungan Anda.

Nah, itulah cara-cara mengatasi pasangan Anda yang merokok kembali setelah sekian lama. Disarankan untuk menggunakan cara yang lembut dulu guna meluluhkan hati pasangan dan mengetahui alasannya kembali rokok. Selamat mencoba.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 tips to support your quitter. (n.d.)
Do I have nicotine withdrawal? (n.d.)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app