Ingin Miliki Rambut Panjang ? Begini Caranya

Tidak seperti memanjangkan kuku, pertambahan panjang rambut rata-rata hanya 2 cm saja/bulan.Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk memanjangkan rambut tanpa perlu mengocek biaya mahal ke salon.
Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Memiliki rambut sehat adalah impian setiap wanita. Termasuk memiliki rambut panjang dan tebal yang masih menjadi dambaan sebagian wanita, walaupun tren rambut pendek juga semakin populer. 

Namun, memanjangkan rambut membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak seperti memanjangkan kuku, pertambahan panjang rambut rata-rata hanya 2 cm saja/bulan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk memanjangkan rambut tanpa perlu mengocek biaya mahal ke salon.

Cara memanjangkan rambut di rumah

1. Memotong rambut

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa sering memotong rambut bisa merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menjadikannya lebih tebal. Namun, hal itu tidak sepenuhnya tepat, karena memotong rambut tidak akan menjadikan rambut cepat tumbuh kembali. Memotong rambut bertujuan supaya kesehatan rambut tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan (rambut mudah patah,bercabang,dll). Potonglah bagian ujung rambut saja dengan rutin, tidak perlu hingga terlalu pendek.

2. Sebaiknya, tidak keramas tiap hari

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh rambut yang nantinya bisa menyebabkan rambut kering serta tidak tumbuh dengan baik. Sebaiknya, keramaslah 2 hingga 3 hari sekali.

Kemudian, seusai keramas bilaslah rambut menggunakan air dingin untuk melembutkan kutikula rambut dan mencegahnya dari kekeringan & kerusakan yang kerap terjadi akibat penggunaan alat pemanas rambut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

3. Pakailah kondisioner tiap keramas

Anda bisa menggunakannya minimal sekali seminggu. Tujuannya mengganti protein serta lipid yang berangsur-angsur menurun dari batang rambut. Kondisioner juga akan menutup kutikula supaya terhindar dari kerusakan lebih parah. 

Gunakanlah hanya di ujung rambut Anda, jangan di kulit kepala karena bisa mengakibatkan rambut mudah rontok.

4. Gunakanlah minyak esensial rambut

Minyak ini mampu menguatkan akar rambut Anda dan membantu pertumbuhan rambut yang kuat serta sehat.

5. Keringkanlah rambut Anda secara alami

Menggunakan hairdryer/pemanas rambut terlihat praktis namun dampaknya jika terlalu sering menggunakannya adalah rambut Anda menjadi kering, patah-patah serta mudah rontok. 

Maka, sebaiknya keringkanlah rambut Anda secara alami agar tetap sehat.

Cukup angin-anginkan rambut di udara bebas/menggunakan kipas angin. Tetapi, jika Anda terburu-buru, tak apa sesekali menggunakan hairdryer. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Namun, jangan terlalu dekat dan suhunya jangan terlalu panas karena tidak baik untuk kesehatan rambut maupun kulit kepala Anda.

6. Sisir rambut ketika sudah kering

Jangan sisir dalam keadaan rambut basah karena kondisi rambut basah lebih lemah dan mudah rusak dibandingkan rambut dalam kondisi kering.

Sebaiknya, sisir rambut Anda 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Gunakan sisir bergigi jarang/yang sikat bulunya halus agar rambut tidak rontok. Gunakan jari-jari Anda untuk mengurai rambut dengan perlahan.

Jangan menarik rambut terlalu kencang karena bisa mengakibatkan kerusakan di rambut dan kulit kepala Anda.

7. Perhatikanlah asupan nutrisi Anda

Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A dan vitamin B yang banyak. Bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan serta sayur-sayuran yang berguna untuk merangsang proses pertumbuhan rambut dari akarnya.

8. Gunakanlah masker putih telur

Putih telur memiliki kandungan nutrisi yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya, sediakanlah 3 butir telur dan ambil bagian putih telurnya saja, kemudian 1 sdm minyak zaitun. Kocok telur dan minyak zaitun tadi sampai rata. 

Langlah selanjutnya, oleskanlah campuran tadi ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat dengan lembut di kulit kepala Anda. 

Tunggu dan biarkan kurang lebih selama 5-10 menit agar nutrisi dari putih telur tadi terserap dengan sempurna oleh rambut Anda. Sehingga, rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Jika sudah, bilaslah rambut dan kulit kepala sampai bersih.

9. Jangan bungkus rambut yang masih basah menggunakan handuk

Kebiasaan membungkus rambut menggunakan handuk kemudian memelintirnya ke atas setelah mandi masih sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, sebenarnya kebiasaan tersebut justru bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Jika Anda melakukannya dengan tujuan untuk mengeringkan rambut, rambut justru akan menjadi kusut dan batang rambut Anda juga akan rusak. 

Apalagi jika jenis rambut Anda kering dan sulit diatur. Maka dari itu, sebaiknya hindari melakukan kebiasaan tadi, supaya pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat dapat terangsang lebih baik.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 Products I Tried for Long and Luscious Hair. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/products-for-long-and-healthy-hair#1)
How to Make Your Hair Grow Faster the Natural Way. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/how-to-make-hair-grow-faster-naturally-4686865)
How to Grow Hair Faster — 15 Hair-Growth Tips. The Cut. (Accessed via: https://www.thecut.com/article/how-to-grow-hair-faster.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app