Ingin Hidup Sehat? Hentikan Kebiasaan Merokok dari Sekarang

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ingin Hidup Sehat? Hentikan Kebiasaan Merokok dari Sekarang

Salah satu faktor yang membuat Anda tidak bisa menjalani pola hidup sehat adalah terlalu kecanduan rokok. Satu batang rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya yang rentan bagi tubuh. 

Banyak dampak dari rokok yang sudah disebutkan dalam setiap iklan maupun kemasan rokok, seperti gangguan janin, kanker, impotensi, dan berbagai jenis masalah serius lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Manfaat Berhenti Merokok

Oleh sebab itu, penting bagi Anda berhenti merokok dan memulai hidup sehat dari sekarang. Sebab ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh, seperti:

  • Awet Muda
  • Mengurangi Stress
  • Memperbaiki Kualitas Sperma dan Rahim
  • Memperbaiki Kualitas Seks
  • Kesehatan Gigi dan Mulut
  • Terhindar dari Penyakit Mematikan
  • Focus pada Manfaatnya
  • Menentukan Tanggal Berhenti Merokok
  • Mencari Dukungan: Dukungan adalah hal paling penting ketika Anda bertekad memulai hidup sehat. Dukungan ini bisa didapatkan dari istri, sahabat, pacar, atau anak Anda sendiri. Peranan orang tua juga menjadi sangat penting jika Anda belum menikah. Jika ingin lebih terpercaya, bisa meminta ahli untuk menyemangati.

Tidak sedikit orang yang merokok terlihat memiliki kulit kusam, kurus kering, keriput, dan seperti lebih tua dari aslinya. Jika Anda berhenti merokok, satu tanda kesehatan yang bisa dirasakan adalah efek makin awet muda karena berhenti merokok membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh lebih lancar.

Pola pikir perokok aktif adalah melampiaskan semua beban masalah dengan merokok, menganggap kandungan nikotin dalam rokok bisa meredakan stress yang dialami. Anggapan tersebut sepenuhnya salah karena tatkala Anda berhenti merokok, banyak pikiran positif yang lebih bisa dirasakan.

Merokok bisa membahayakan kandungan sperma pada pria dan menipiskan dinding rahim perempuan. Ketika Anda berhenti merokok, otomatis dinding rahim akan diperbaiki dan kualitas sperma pun akan jauh lebih bagus. Kedua hal ini menjadi potensi kuat supaya Anda lebih mudah mendapatkan anak.

Berhenti merokok juga bermanfaat pada kehidupan seksual Anda bersama pasangan. Semua bermula dari lancarnya aliran darah pasca berhenti merokok. Dengan darah yang mengalir lancar, otomatis pria akan mudah mengalami ereksi dan wanita pun akan lebih mudah mengalami orgasme selama berhubungan seksual.

Tidak bisa dipungkiri sama sekali bahwa merokok membuat lapisan gusi menjadi tidak sehat dan gigi tampak lebih kuning serta kusam. Belum lagi aroma napas yang begitu asam ketika Anda sering merokok. Dengan berhenti merokok, tampilan gigi, gusi, sampai senyuman Anda akan jauh lebih sempurna.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Berbagai penyakit mematikan, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, stroke, penyakit jantung, kanker bibir, kanker lidah, akan lebih mudah menjangkit perokok. Sebaliknya, berbagai penyakit berbahaya tersebut tidak akan berani menyerang jika Anda mensterilkan diri dari rokok.

Langkah Nyata Berhenti Merokok

Itu dia berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan apabila memutuskan untuk berhenti merokok. Lantas langkah apa yang paling pas untuk memulai niat berhenti merokok tersebut? Langkah awal memang akan terasa sangat sulit, namun jika tidak sekarang maka Anda kehilangan waktu untuk merasakan hidup sehat.

Demi mendapatkan kualitas hidup lebih baik maka Anda harus memiliki tekad berhenti merokok dengan jalan focus pada manfaatnya. Manfaat baik dari berhenti merokok tidak hanya menghindarkan Anda dan keluarga dari bahaya penyakit, namun juga memberikan pemulihan lebih baik kepada keuangan Anda.

Lebih detail lagi untuk merealisasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok, Anda bisa menentukan tanggal kapan harus mulai berhenti merokok. Ketika tanggal sudah ditetapkan, Anda juga membutuhkan orang untuk mengingatkan jika sewaktu-waktu Anda melakukan pelanggaran pada tanggal tersebut.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
What happens after you quit smoking? A timeline. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app