Ingin Berhenti Merokok? Tanyakan 6 Hal ini Pada Diri Sendiri

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ingin Berhenti Merokok? Tanyakan 6 Hal ini Pada Diri Sendiri

Menghentikan kebiasaan merokok haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dari hati Anda sendiri. Berhenti merokok tidak bisa dilakukan apabila berdasarkan pada paksaan, oleh karena itu tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda benar-benar siap untuk berhenti merokok. Bagi perokok aktif sudah hal yang wajar bila mengalami kecanduan untuk melakukan merokok secara berkelanjutan.

Apabila Anda ingin menyukseskan diri Anda untuk benar-benar menghentikan kebiasaan merokok Anda, maka Anda harus mematangkan pikiran Anda sekuat tenaga agar Anda tidak merokok di kemudian hari nanti. Jangan membiarkan pikiran Anda menguasai diri Anda, meskipun hal ini normal bagi orang yang mengalami kecanduan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda ingin berhenti merokok, jangan hanya wacana saja, karena Anda harus menanyakan ke 6 pertanyaan berikut pada diri Anda sendiri, seperti ulasan berikut:

Alasan mengapa saya harus berhenti merokok?

Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan diri Anda sendiri yaitu perihal alasan Anda untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa Anda berhenti merokok karena niat Anda sendiri dan bukan karena orang lain. apabila Anda berhenti merokok karena orang lain, maka hal ini akan menimbulkan rasa kambuh dan ingin merokok kembali di kemudian hari nanti.

Sudah berapa lama saya menjadi seorang perokok?

Cobalah untuk mengingat-ingat kembali kapan Anda memulai merokok pertama kalinya dan sudah berapa lama Anda merokok. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok Anda meskipun Anda sudah bertahun-tahun menjadi perokok aktif.

Berapa lama saya bisa terbebas dari kebiasaan merokok?

Pada dasarnya berapa lama Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok tergantung pada diri Anda sendiri. Apabila Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok secepatnya, maka Anda harus segera meyakinkan diri Anda bahwa Anda bisa hidup tanpa harus merokok.

Apakah saya akan kembali merokok lagi?

Sebelum Anda memutuskan untuk berhenti merokok, ada satu hal yang harus diperhatikan dengan baik, yaitu apakah Anda akan kembali merokok lagi? jika Anda benar-benar ingin menghentikan kebiasaan Anda untuk merokok, Anda harus benar-benar meyakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya. Jika Anda tidak memiliki tekad yang kuat, Anda akan mudah tergoda untuk merokok kembali.

Bagaimana kehidupan saya setelah tidak merokok?

Menghilangkan kebiasaan yang sering kali Anda lakukan memang akan sangat terasa perubahannya. Terlebih lagi bagi Anda yang sudah hampir setiap harinya merokok, dan mencoba tidak merokok sama sekali, Anda tentunya bisa merasakan perubahan yang terjadi pada diri Anda. Jika Anda sering merokok untuk menenangkan diri Ada, dan Anda harus mencari cara lain ketika sedang gelisah, di sinilah Anda bisa merasakan kehidupan yang berbeda dari biasanya.

Apakah hidup saya akan sehat tanpa asap rokok?

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa asap rokok bisa menghadirkan berbagai jenis penyakit. Namun, ketika Anda menghentikan kebiasaan hidup sehat tanpa asap rokok, Anda bisa merasakan betapa pentingnya kesehatan tubuh Anda untuk selalu Anda jaga dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, Anda akan menyadari bahaya asap rokok terhadap kesehatan tubuh.

Anda memang membutuhkan banyak waktu untuk bisa benar-benar berhenti dari kebiasaan merokok. Namun hal yang pasti untuk Anda pertimbangkan sebelum menghentikan kebiasaan merokok yaitu bahwa Anda benar-benar yakin dan bertekad bulat untuk mengubah pola hidup yang lebih baik lagi tanpa adanya rokok. Tanpa adanya niat yang kuat, maka akan menimbulkan rasa keinginan untuk merokok kembali.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Things You Shouldn't Do When You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/tips-for-when-you-quit-smoking-impatience-2824899)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app