HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Infeksi Sistem Urin pada Remaja dan Dewasa

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Sep 23, 2020 Waktu baca: 2 menit
Infeksi Sistem Urin pada Remaja dan Dewasa

Sistem urin manusia adalah sistem yang membuat urin, dan membawanya keluar dari tubuh seseorang. Termasuk di dalamnya kantung kemih, ginjal dan saluran penghubungnya. Disaat kuman masuk ke dalam sistem ini, maka saat itulah seseorang terkena infeksi.

Kebanyakan infeksi sistem urin merupakan infeksi kantung kemih. Infeksi kantung kemih biasanya bukanlah sesuatu yang serius jika dirawat dengan baik. Jika Anda tidak peduli akan infeksi kantung kemih yang Anda derita, infeksi tersebut dapat menyebar menuju ginjal, yang dapat berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Biasanya kuman memasuki sistem urin melalui uretra, saluran penghubung kantung kemih dengan luar, yang membawa urin Anda keluar dari tubuh. Kuman-kuman penyebab infeksi hidup di dalam usus besar dan ditemukan di dalam kotoran yang dikeluarkan. Jika kuman tersebut berada di dalam uretra, mereka dapat dengan berpindah ke kantung kemih dan ginjal sehingga menyebabkan infeksi.

Wanita akan cenderung lebih mudah terkena infeksi kantung kemih dibandingkan dengan pria. Hal ini mungkin disebabkan karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek , sehingga sangat mudah bagi kuman untuk berpindah menuju kantung kemih. Melakukan hubungan intim adalah salah satu cara yang dapat membuat kuman-kuman berpindah dengan mudahnya menuju uretra Anda.

Anda akan lebih mungkin terkena infeksi terutama jika Anda tidak mengkonsumsi banyak cairan, penderita diabetes dan wanita hamil. Kesempatan Anda untuk terkena infeksi kantung kemih akan lebih besar jika Anda memiliki masalah yang menghalangi aliran urin dari kantung kemih. Misalnya, termasuk di dalamnya batu ginjal atau kelenjar prostat yang membesar. Lalu bagaimana gejala dari infeksi tersebut? Daftar berikut dapat membantu Anda mendeteksi infeksi tersebut :

  • Anda merasakan sakit atau perih saat membuang urin
  • Anda merasa selalu ingin membuang urin, meski pada kenyataannya tidak ada urin yang keluar.
  • Perut Anda terasa lembut dan memberat
  • Urin Anda berwarna dan berbau tak sedap
  • Anda mengalami sakit pada satu sisi punggung bawah tulang rusuk Anda. Ini adalah tanda terjadinya infeksi ginjal.
  • Anda demam dan menggigil
  • Anda mual dan muntah

Jika Anda mengalami gejala tersebut di atas, segera lakukan pemeriksaan pada dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan urin, dan mengecek apakah ada kuman penyebab infeksi kantung kemih, sekaligus memberikan antibiotik. Jangan pernah memberhentikan penggunaan antibiotik hanya karena Anda merasa lebih nyaman dan sehat. Tinggalkan anibiotik setelah mendapatkan persetujuan dari dokter Anda. Jangan lupa untuk memasukkan banyak cairan untuk mempermudah keluarnya urin dan mengosongkan kantung kemih Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Urinary tract infection: Causes, symptoms, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/189953.php)
Urinary Tract Infection: Symptoms, Diagnosis, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/urinary-tract-infection-adults)
Urinary Tract Infection (UTI): Symptoms, Causes, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/your-guide-urinary-tract-infections)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app