Ikuti Cara Ini untuk Berhenti Merokok dalam 1 Bulan

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ikuti Cara Ini untuk Berhenti Merokok dalam 1 Bulan

Satu bulan menjadi waktu yang cukup cepat bagi orang-orang yang sedang berencana untuk menghentikan kebiasaan merokok. Meskipun menghentikan kebiasaan merokok bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, namun setidaknya dengan mengetahui cara berhenti merokok, maka Anda akan lebih terbantu.

Meninggalkan nikotin tentunya tidaklah mudah bagi para pecinta rokok. Namun mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, menjadikan banyak orang menyadari bahwa kesehatan itu penting untuk selalu dijaga. Menjaga kesehatan dapat dimulai dari menghentikan kebiasaan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Semakin sering Anda merokok, maka akan berpeluang terhadap serangan penyakit. Sedangkan ada banyak berbagai jenis penyakit yang mengancam Anda dan bersumber dari nikotin rokok. Melalui cara berikut, Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok cukup dalam waktu satu bulan.

Berikut ini cara yang dapat Anda ikut, yaitu:

Anda harus tahu mengapa berhenti merokok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengetahui alasan Anda untuk berhenti merokok. Sebaiknya Anda berhenti merokok karena kesadaran diri Anda sendiri perihal betapa pentingnya menjaga kesehatan. Karena jika Anda berhenti merokok karena orang lain, maka hal ini akan berpeluang kambuh lagi.

Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda benar-benar ingin merokok dan percayalah bahwa Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok dalam waktu yang lebih singkat yaitu tidak lebih dari 1 bulan.

Jangan menyimpan rokok maupun korek

Rasa ingin merokok dapat kembali muncul ketika Anda melihat rokok dan korek. Hal ini disebabkan kebiasaan merokok yang sudah Anda lakukan hingga bertahun-tahun tidak akan di hilang hanya dalam 1 hari saja. Oleh karena itu, jangan menyimpan rokok maupun korek.

Cara ini akan melatih diri Anda untuk merokok dalam kondisi apapun dan dimanapun Anda berada. Termasuk di rumah ketika Anda sedang tidak melakukan aktivitas apa pun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sementara waktu menghilang lah dari lingkungan perokok

Tidak ada salahnya jika Anda menghilang dari lingkungan perokok untuk sementara waktu. Cara ini bertujuan agar Anda bisa beradaptasi hidup tanpa rokok. Apabila Anda terus menerus bergabung dengan lingkungan perokok, maka rasa ingin kembali merokok akan Anda rasakan.

Apabila Anda sudah terbiasa hidup tanpa rokok, tidak masalah jika Anda ingin bergabung dengan kawasan perokok, karena Anda tidak akan memiliki keinginan untuk merokok kembali. 

Namun pastikan bahwa Anda tidak menjadi perokok pasif, karena asap rokok pun juga dapat menimbulkan serangan penyakit.

Jangan biarkan mulut Anda diam

Mulut perokok aktif akan terasa asam dan pahit jika sudah beberapa jam tidak merokok. Hal inilah yang sering kali membuat para perokok tidak bisa menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut. 

Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan atau permen untuk menghilangkan rasa pahit atau asam.  

Lakukan terapi atau hipnotis

Apakah Anda pernah mendengar perokok aktif dapat disembuhkan melalui terapi atau hipnotis? Jika belum, sepertinya Anda bisa untuk melakukan cara ini sebagai trik terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan dalam waktu 1 bulan.

Anda bisa mencari tahu tenaga terapi atau hipnotis profesional untuk memastikan bahwa kebiasaan buruk Anda dalam merokok dapat segera disembuhkan. 

Saat Anda dihipnotis, Anda tidak akan kehilangan kesadaran sepenuhnya, karena Anda tidak akan bisa dihipnotis jika pikiran Anda menolaknya.

Jika ke 5 cara di atas Anda terapkan, maka Anda akan lebih mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok hanya dalam waktu 1 bulan. Pastikan Anda melakukannya secara efektif.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Quit Smoking. Health.com. (https://www.health.com/condition/smoking)
9 Tips To Help You Quit Smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/oneyou/for-your-body/quit-smoking/9-tips-to-help-you-quit-smoking/)
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app