Hati-hati! Hormon Bermasalah, Jerawat Siap Menyerang

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Hati-hati! Hormon Bermasalah, Jerawat Siap Menyerang

Jerawat hormon merupakan jenis jerawat yang disebabkan karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Kebanyakan jerawat ini menyerang remaja yang memasuki masa pubertas. Meskipun demikian, orang dewasa pun juga bisa terserang oleh jerawat hormonal. 

Secara umum, jerawat hormon dapat muncul pada wanita setiap kali akan memasuki masa menstruasi. Hormon mengalami peningkatan androgen pada tubuh wanita ketika memasuki masa menopause. Ada beberapa hal yang memicu munculnya jerawat, termasuk ketidakstabilan hormon tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Produksi jerawat pada wajah akan semakin meningkat jika kondisi kulit meradang atau terhambatnya sel kulit folikel rambut yang membuat produksi sebum pori-pori pun semakin meningkat. Rasa nyeri akibat jerawat yang meradang dapat dirasakan pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Jerawat hormon dapat muncul dalam waktu yang bersamaan, termasuk ketika sedang masa menstruasi. 

Tips alami mencegah munculnya jerawat hormonal

Untuk penyembuhan jerawat hormonal pun juga akan terasa lebih sulit jika menggunakan obat jerawat biasa. Hal ini karena jerawat jenis ini tidak berada pada permukaan kulit. Untuk mencegah kemunculan jerawat hormonal, maka Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

Menjaga pola makan harian

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang sehat dan seimbang akan meminimalisir kemunculan jerawat di wajah. Penyebab kemunculan jerawat dari segi makanan yang dikonsumsi biasanya bersumber dari junk food dan cokelat yang dapat memicu peningkatan produksi minyak yang ada di kulit.

Konsumsi suplemen tertentu

Suplemen menyimpan nutrisi tambahan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kemunculan jerawat di kulit wajah. Suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi, antara lain zinc, klorofil, minyak ikan, dan spirulina. Suplemen tersebut bisa meredakan peradangan, memperbaiki kondisi kulit, dan menyeimbangkan hormon.

Minum teh hijau (green tea)

Selain mengatasi rasa haus, teh hijau juga dapat dijadikan sebagai salah satu menu pilihan minuman yang dapat membantu mengatasi jerawat hormon. Selain tubuh terasa lebih sehat, wajah pun akan cenderung lebih bersih dari jerawat. Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan katekin yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada kulit serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Menggunakan skin care tea tree oil

Kandungan tea tree oil yang terkandung di dalam beberapa produk skincare dapat dijadikan solusi mengatasi kemunculan jerawat hormon. Walaupun jerawat hormon tidak dapat diobati melalui obat luar, namun penggunaan tea tree oil yang termasuk dalam minyak alami bisa berguna  untuk meredakan peradangan akibat jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Jerawat dengan Bahan Alami

Cara lain mengobati jerawat membandel

Jerawat hormonal menjadi salah satu jenis jerawat yang sulit dihindari karena berkaitan dengan pengaruh hormon, sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan hanya mengatasinya ketika jerawat itu muncul. Beberapa cara mengatasi jerawat “musiman”, di antaranya:

Gunakan obat topical

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat hormonal yaitu dengan menggunakan obat-obatan topical, seperti obat retinoid yang mengandung vitamin A. Tetapi penggunaan obat ini sebaiknya didasarkan pada anjuran dokter karena perawatan yang salah justru akan menyebabkan iritasi dan menyebabkan kondisi jerawat semakin parah.

Terapi hormon

Terapi hormon atau penggunaan pil KB bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat hormon dengan mudah jika dibandingkan dengan pengobatan luar. Penerapan terapi hormon cukup efektif jika jerawat muncul pada masa menstruasi atau karena pengaruh hormon. Pil KB juga akan mengembalikan keseimbangan hormon progesteron dan hormon estrogen. 

Jerawat Hormon pada Pria

Jerawat hormon memang lebih sering terjadi pada wanita, meskipun begitu pria pun berpotensi terkena jerawat ini yang disebabkan karena produksi minyak yang berlebih. Kondisi tersebut yang  memicu timbulnya jerawat, apalagi jika kondisi kulit berminyak sehingga hal tersebut menjadi lebih rentan terjadi pada pria.  

Kunci untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat hormonal adalah dengan menstabilkan kondisi hormon yang bisa dilakukan dengan  menggunakan obat penyeimbang hormon, seperti salep maupun pil. Tetapi menjaga kebersihan wajah serta menghindari stres juga akan membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Baca juga: Cara Aman Memencet Jerawat


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Koo EB, et al. (2014). Meta-analysis comparing efficacy of antibiotics versus oral contraceptives in acne vulgaris [Abstract]. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.jaad.2014.03.051)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app