Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Halusinasi Hypnagogic: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.681.120 orang

Apakah Halusinasi Hypnagogic itu?

Halusinasi hypnagogic atau halusinasi hypnopompic adalah halusinasi yang terjadi ketika Anda melihat, mencium, mendengar, menyentuh atau merasakan sensasi tertentu ketika Anda tidur. Istilah hypnagogic mendefinisikan periode ketika Anda tertidur, sementara hypnopompic menggambarkan periode kita Anda terbangun dari tidur.

Halusinasi sendiri adalah sensasi yang tampak nyata dan dapat mempengaruhi keseluruhan indera yang Anda miliki di mana hal tersebut tidaklah nyata. Sensasi tersebut hanya dialami dalam pikiran seseorang dan tidak oleh orang lain. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Halusinasi

Mengenai Halusinasi Hypnagogic

Halusinasi hypnagogic seringkali dianggap seperti mimpi. Tetapi perbedaan utamanya adalah halusinasi hypnagogic terjadi di antara keadaan bangun dan tidur, sementara mimpi terjadi dalam keadaan tertidur. Halusinasi Hypnagogic sering disebut juga halusinasi tidur.

Halusinasi hypnagogic akan terasa sangat nyata ketika seseorang mungkin merasa yakin bahwa mereka telah melihat atau merasakan sesuatu. Halusinasi hypnagogic seringkali menyebabkan kebingungan karena sulit membedakan antara halusinasi dan kenyataan.

Halusinasi Hypnagogic menciptakan gambaran visual yang kuat dan rumit dalam pikiran yang mungkin terdistorsi dengan cara yang tidak realistis. Halusinasi hypnagogic sering menimbulkan rasa takut. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan dapat menyebabkan seserorang melompat dari tempat tidur atau secara tidak sengaja melukai diri sendiri.

Halusinasi hypnagogic umumnya terjadi pada wanita daripada pria, dalam usia remaja dan dewasa muda dengan jumlah halusinasi yang semakin berkurang seiring bertambah usia.

Penyebab Halusinasi Hypnagogic

Belum diketahui penyebab pasti halusinasi hypnagogic, tetapi ada beberapa faktor risiko yang mungkin menjadi penyebab, yaitu:

  • alkohol atau penggunaan narkoba
  • insomnia
  • kegelisahan
  • stress
  • narkolepsi
  • gangguan mood seperti bipolar atau depresi
  • epilepsi
  • skizofrenia
  • parkinson
  • migrain

Gejala Halusinasi Hypnagogic

Gejala yang paling menentukan dari terjadinya halusinasi hypnagogic adalah membayangkan objek atau peristiwa tertentu terlihat atau terasa sangat nyata tepat sebelum tertidur (biasanya secara visual) sehingga memungkinkan Anda untuk terbangun dalam ketakutan bahwa halusinasi Anda mungkin menjadi nyata.

Selain secara visual, halusinasi pendengaran pun biasanya terjadi ketika tidur dan lebih disebabkan oleh keadaan ketika seseorang mengalami stress. Halusinasi yang dialami dapat berupa munculnya suara, suara bernada tinggi, atau suara tidak jelas.

Halusinasi lain yang umumnya terjadi adalah halusinasi penglihatan atau sentuhan adanya serangga yang merayap di tubuh. Hal ini biasanya terjadi akibat penyalahgunaan obat-obat tertentu.

Tidur sambil berjalan, mimpi buruk, dan kelumpuhan tidur dapat menjadi gejala terjadinya halusinasi hypnagogic. Kelumpuhan tidur adalah kondisi yang terpisah dari halusinasi hypnagogic tetapi dapat terjadi secara bersamaan.

Kelumpuhan tidur adalah keadaan di mana seseorang secara fisik tidak bergerak tetapi dalam keadaan sadar. Kondisi ini dapat menyebabkan imobilitas fisik seperti kesulitan bernafas dan otot menjadi tegang sehingga membuat seseorang merasa seolah-olah tubuh mereka membeku di tempat.

Pencegahan Halusinasi Hypnagogic

Jika halusinasi hypnagogic terjadi tanpa sebab maka tidak perlu dilakukan perawatan medis, tetapi buatlah jadwal tidur yang cukup, hindari stress dan minuman beralkohol.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Jika halusinasi hypnagogic terjadi karena ada penyebab dasarnya maka perlu dicarikan pengobatan untuk kondisi tersebut sehingga dapat membantu mencegah kemungkinan terjadinya halusinasi hypnagogic.

Pengobatan Halusinasi Hypnagogic

Pengobatan halusinasi hypnagogic memerlukan dasar yang menjadi penyebabnya. Seringkali halusinasi akan berkurang seiring berjalannya waktu, tetapi perubahan gaya hidup, peningkatan kualitas tidur, menghindari alkohol dan obat-obat terlarang menjadi beberapa cara untuk mengurangi frekuensi halusinasi.

Jika halusinasi hypnagogic menyebabkan gangguan tidur dan menimbulkan kecemasan, mungkin dokter akan meresepkan obat untuk Anda atau merekomendasikan perawatan psikiatrik seperti terapi bicara, meditasi, pengobatan untuk mengurangi stress.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit