Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kehamilan

Hal Penting Mengenai Peranakan Turun

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.337.018 orang

Prolaps uteri atau peranakan turun merupakan posisi rahim yang keluar dari letak normal, sehingga letaknya turun bahkan menonjol di bagian dalam vagina. Normalnya, rahim terletak di bagian atas vagina, lalu ditahan oleh ligament dan otot.

Saat peranakan turun, ligamen dan otot membentang dan tidak begitu kuat menahan rahim. Rahim secara perlahan bergerak dan jatuh keluar dari letak normalnya. Selain rahim, uretra, kandung kemih, beserta kolorektal pun dapat ikut turun bersamaan dengan rahim.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Gejala peranakan turun

Sebenarnya terdapat beberapa kondisi keparahan peranakan turun. Tingkat yang pertama dimulai dari bagian leher rahim turun hingga ke bagian vagina. Lalu tingkat kedua, bagian leher rahim yang turun hingga menuju batas mulut vagina.

Selanjutnya tingkat ketiga, bagian leher rahim yang keluar dari bagian vagina. Adapun tingkatan paling berat yaitu keseluruhan rahim tampak keluar dari vagina. Kondisi tersebut biasanya dinamakan sebagai procidentia.

Kondisi peranakan turun yang ringan umumnya tak menimbulkan keluhan atau gejala tertentu dan pada umumnya gejala yang muncul berbeda-beda pada setiap individu. Akan tetapi, dalam kondisi berat ada beberapa gejala yang bisa timbul, diantaranya:

  • Nyeri panggul
  • Nyeri ketika berhubungan intim
  • Sulit menggerakan perut
  • Pendarahan di vagina
  • Tidak nyaman ketika berjalan
  • Gangguan dalam berkemih

Pada beberapa penderita mungkin saja terlihat beberapa gejala atau tanda lainnya yang tak disebutkan seperti di atas. Selain itu, ada kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan melemahnya bagian otot panggul, diantaranya:

Sistokel

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Melemahnya bagian otot panggul akibat kandung kemih yang turun dan mengarah ke bagian vagina, sehingga menyebabkan lubang vagina terlihat lebih menonjol. Kondisi tersebut tentu saja bisa membuat wanita sulit menahan kencing, atau bahkan sering kencing.

Enterokel

Enterokel ini yaitu sebagian besar area yang terdapat dalam usus halus ikut turun. Ini tentu saja dapat memberikan tekanan menuju vagina serta membentuk benjolan yang langsung mengarah ke bagian luar vagina.

Rektokel

Dalam kasus ini bisa diakibatkan oleh timbulnya benjolan ke bagian dalam lubang vagina. Hal tersebut dikarenakan timbulnya herniasi rectum di area tersebut.

Apa saja penyebab peranakan turun?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penyebab peranakan turun bermacam-macam. Ada dua kelompok faktor resiko peranakan turun yaitu faktor resiko obstetri (kehamilan dan persalinan) dan faktor non obstetri.

Faktor non obstetri meliputi genetik, usia, obesitas, kelainan ligamen dan otot, dan merokok.

Sedangkan faktor obstetri lebih sering ditemukan pada peranakan turun. Semakin besar usia kehamilan, maka akan semakin rentan mengalami peranakan turun. Selain itu, lamanya waktu persalinan, janin yang besar, dan mengejan terlalu berlebihan ketika melahirkan bisa meningkatkan resiko peranakan turun.

Berikut beberapa proses kehamilan yang beresiko tinggi memicu turunnya peranakan:

Kehamilan ganda

Kehamilan dengan janin lebih dari satu bisa membuat rahim semakin berat. Karena itu dapat mengakibatkan otot-otot penyangga semakin melemah, karena itulah bisa meningkatkan terjadinya vaginal prolapse.

Proses kelahiran yang lama

Proses persalinan dikatakan lama apabila berlangsung melebihi 24 jam. Ketika proses persalinan, bagian otot penyangga pada rahim akan membuka lalu melemah. Sehingga proses yang terlalu lama tersebut bisa menyebabkan tingkat elastisitas pada otot menjadi berkurang.

Kehamilan yang terlalu sering

Semakin sering Anda hamil, otot penyangga pada rahim pun akan semakin beresiko mengalami perlemahan, sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya vaginal prolapse.

Pemakaian alat vakum

Alat vakum dipakai untuk memudahkan proses persalinan. Akan tetapi, ternyata alat vakum ini juga bisa mempengaruhi kekuatan pada otot penyangga rahim yang semakin melemah.

Bagaimana cara mengobati peranakan turun?

Untuk mengobati kasus peranakan yang turun tentu saja tak ada metode pengobatan oral, hanya saja ada obat-obat tertentu yang bertujuan untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh rasa sakit dan nyeri yang timbul akibat turunnya peranakan.

Obat yang bisa diberikan biasanya untuk mengurangi timbulnya rasa sakit, dan tidak bisa mengembalikan rahim di posisi semula. Namun, tak dibenarkan mengonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri dalam waktu yang lama sebab bisa berdampak buruk pada ginjal.

Terdapat beberapa alternatif pengobatan turunnya peranakan yang sering dilakukan banyak orang, yakni dengan mengurut perut bagian bawah dan biasanya dilakukan dukun beranak.

Akan tetapi, hal ini belum dapat dibuktikan di dunia medis. Pada bagian otot panggul yang melemah tentu saja tak akan menjadi kuat kembali, tujuan pengurutan ini hanya mengatasi rasa nyeri dan pegal untuk sementara waktu.

Hal yang wajib dipertimbangkan saat menggunakan cara ini adalah harus dilkaukan oleh orang yang benar-benar ahli untuk mencegah trauma atau cedera.

Lalu, Bagaimana cara mencegah peranakan turun?

Ada beberapa cara untuk mencegah turunnya peranakan pada wanita, diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab turunnya peranakan adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Karena itu, untuk mencegahnya Anda harus menurunkan berat badan dengan cara rutin berolahraga dan beraktivitas fisik lainnya yang bisa menguras keringat, misalnya melakukan olahraga kardio atau yang lainnya.

2. Senam Kegel

Senam kegel tak hanya berperan penting bagi kehamilan saja, tetapi juga bisa membuat peranakan atau rahim wanita menjadi lebih baik. Senam kegel mempunyai peran sangat penting untuk membuat kondisi pada rahim dan vagina lebih normal. Karena senam kegel dapat menguatkan bagian otot panggul yang telah melemah sebagai penyebab peranakan turun.

3. Terapi pengganti Estrogen

Terapi pengganti estrogen merupakan terapi atau pengobatan yang dilakukan dengan cara mengonsumsi kalsium dan vitamin untuk meningkatkan produksi hormon esterogen. Terapi jenis ini bertujuan untuk meningkatkan hormon esterogen di dalam tubuh untuk memperkuat sistem jaringan di bagian vagina.

4. Pemakaian Pessarium

Untuk menguatkan otot-otot di bagian panggul, tentu saja Anda bisa memakai pesssarium, yakni alat yang biasa digunakan agar rahim terdorong ke dalam dan bisa menjaga rahim dalam keadaan yang lebih stabil.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit