Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN

Glyceryl Guaiacolate (GG): Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: OCT 20, 2019 Tinjau pada OCT 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 976.788 orang

Glyceryl guaiacolate adalah obat jenis ekspektoran yang dapat meredakan batuk dan melancarkan pengeluaran dahak di saluran napas. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan volume dahak dan membuatnya lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan melalui jalur nafas dengan proses batuk.

Glyceryl guaiacolate (GG) juga biasa disebut sebagai guaifenesin. Meskipun dapat meredakan batuk dan dahak, obat ini tidak dianjurkan untuk batuk yang sudah berlangsung lama yang biasanya disebabkan oleh penggunaan rokok atau masalah pernapasan berat seperti kronik bronkitis atau emphisema.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Mengenai Glyceryl Guaiacolate

Golongan

Resep dokter dan obat bebas

Kemasan

Glyceryl guaiacolate dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut : Dos 10 x 10 Tablet: 100 mg

Kandungan

Tiap kemasan obat Glyceryl guaiacolate mengandung zat aktif sebagai berikut : Glyceryl guaiacolate 100 mg/tablet

Manfaat Glyceryl Guaiacolate

Glyceryl guaiacolate digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh flu biasa, bronkitis, dan penyakit pernafasan lainnya. Guaifenesin biasanya tidak digunakan untuk batuk akibat merokok atau masalah pernapasan jangka panjang (seperti bronkitis kronis, emfisema) kecuali jika diarahkan oleh dokter Anda.

Efek samping Glyceryl Guaiacolate

Obat ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Namun beberapa efek samping yang mungkin muncul juga perlu diperhatikan di antaranya:

  • Mual dan muntah
  • Diare dan nyeri perut bagian bawah
  • Pusing, berkunang-kunang dan sakit kepala
  • Neprolithiasis
  • Hypouricaemia
  • Ruam pada kulit

Dosis Glyceryl Guaiacolate

Dosis Glyceryl guaicolate terbaik sesuai yang dianjurkan oleh dokter Anda. Namun untuk penggunaan bebas, dosis lazim yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Dosis Dewasa: 200 - 400 mg setiap 4 jam sekali, dengan batas maksimum 2,4 gr/ hari
  • Dosis untuk anak-anak:
    • Kurang dari 2 tahun: 12 mg/kg/hari dibagi dalam 6 dosis
    • 2 - 5 tahun: 50 - 100 mg setiap 4 jam sekali sesuai kebutuhan dan tidak lebih dari 600 mg/ hari
    • 6 - 11 tahun: 100 - 200 mg setiap 4 jam sekali sesuai kebutuhan dan tidak lebih dari 1,2 gr/ hari
    • 12 tahun lebih: 200 - 400 mg setiap 4 jam sekali dan tidak lebih dari 2,4 gr/ hari

Petunjuk penggunaan:

  • Obat ini dapat digunakan sebelum atau setelah makan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 8 jam. Untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Interaksi Glyceryl Guaiacolate

Beberapa jenis obat akan meningkat efek sampingnya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Sampaikan pada dokter Anda jenis obat apa saja yang Anda konsumsi bersamaan dengan obat Glyceryl guaicolate ini untuk menghindari interaksi obat yang tidak diinginkan.

Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Selalu sampaikan pada dokter Anda jika pernah mengalami alergi terhadap kandungan obat ini atau obat lainnya.
  • Sampaikan pada dokter jika Anda menderita asma, bronkitis kronis, emphisema atau batuk akibat merokok.
  • Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, mereka yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini tidak dianjurkan mengonsumsinya.
  • Obat batuk pilek secara umum belum terbukti aman atau efektif pada anak di bawah 6 tahun. Karena itu, jangan menggunakan guaifenesin untuk mengobati gejala batuk pilek pada anak di bawah 6 tahun kecuali secara khusus disarankan oleh dokter. Beberapa produk (seperti tablet) tidak disarankan untuk digunakan pada anak-anak di bawah 12 tahun. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut tentang penggunaan yang lebih aman.

Kehamilan dan Menyusui

Apakah obat Glyceryl guaiacolate boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui?

  • Glyceryl guaiacolate merupakan obat kategori C untuk ibu hamil yang berarti studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu penggunaannya hanya jika sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.
  • Tidak diketahui apakah guaifenesin diekskresikan dalam ASI; gunakan dengan hati-hati jika menyusui. Namun beberapa literatur mengatakan bahwa Glyceryl guaiacolate aman untuk ibu menyusui.

Efek overdosis Glyceryl Guaiacolate

Glyceryl guaiacolate diketahui tingkat toksisitasnya rendah sehingga pada jumlah cukup besar pun efeknya tidak terlalu membahayakan. Dalam studi di laboratorium penelitian pada hewan percobaan yang diberikan dosis hingga 5 gr/kg tidak menyebabkan efek toksis. Namun untuk overdosis yang sangat parah perlu dilakukakan pengurasan saluran cerna untuk mengurangi penyerapan obat ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp