Gejala Telinga Gatal - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.035.452 orang

Telinga memang merupakan salah satu anggota tubuh manusia yang memiliki fungsi paling vital yaitu sebagai indera pendengaran setiap individu. Walaupun begitu penting fungsinya bagi kehidupan setiap individu, namun keberadaan telinga sering kali diabaikan oleh pemiliknya.

Ya tentunya banyak dari kamu yang menganggap remeh keberadaan telinga dan kurang menjaga serta merawat kebersihan telinga padahal merawat telinga ialah kewajiban setiap individu dalam mensyukuri karunia pendegaran yang sudah Tuhan berikan.

Permasalah utama telinga yang paling sering kamu rasakan dan dengar tentunya ialah rasa gatal yang kadang muncul dari dalam telinga. Oleh sebab itu, di artikel kali ini, kita akan bahas mengenai beberapa penyebab rasa gatal yang muncul pada telinga. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuanmu.

Beberapa faktor yang menyebabkan rasa gatal pada telinga

Telinga yang terasa gatal tidaklah selalu menandakan bahwa kamu sedang terserang suatu penyakit, virus, bakteri atau sesuatu yang serius. Ya, kadang rasa gatal pada telinga kebanyakan disebabkan oleh kurangnya setiap dari kamu dalam menjaga kebersihan pada bagian telinga.

Ketika rasa gatal melanda, pastinya seketika itu juga kamu akan refleks mencari cotton bud atau mengorek bagian telingamu dengan tanganmu langsung.

Namun sebelum kamu mengorek bagian dalam telingamu, sebaiknya kamu memperhatikan kebersihan cotton bud atau mencuci terlebih dahulu tanganmu agar kamu tidak menambah lagi kotoran masuk ke dalam telingamu.  Berikut ini ialah beberapa faktor yang dapat menyebabkan telingamu terasa gatal seperti :

  • Kotoran Telinga
  • Kotoran dalam telinga merupakan hal yang paling dasar dan umum yang menyebabkan rasa gatal pada bagian telingamu. Kotoran telinga yang terlalu banyak dan lama menumpuk lama kelamaan akan menjadi kering dan membawa rasa gatal pada bagian telingamu, sehingga sebaiknya kamu rajin membersihkan telingamu agar rasa gatal dapat dikurangi.

    Namun perlu kamu ingat, kotoran telinga juga dapat dibentuk oleh cerumen atau zat lilin yang memiliki fungsi untuk melembabkan dan melumasi bagian lubang telinga.

  • Dermatitis
  • Dermatitis ialah salah satu bentuk reaksi kulit yang mengalami energi. Biasanya ketika kamu terkena Dermatitis, kulitmu akan mengalami peradangan.

    Dermatitis juga bisa terjadi pada bagian telinga maupun bagian sekitar telinga dan biasanya disebabkan oleh pemakaian kosmetik yang tidak cocok pada area wajah dan sekitar telinga sehingga menimbulkan alergi dan menyebabkan rasa gatal pada bagian wajah atau area sekitar telinga.

    Selain karena alergi dan pemakain kosmetik, keadaan kulit Dermatitis juga dapat disebabkan oleh reaksi kulit terhadap bahan logam seperti pemakian anting yang berasal dari jenis logam tertentu.

    Reaksi alergi karena logam ini juga dapat menyebabkan kulitmu merasa gatal. Bila hal ini terjadi padamu, sebaiknya kamu segera menstop pemakain kosmetik atau perhiasan berbahan logam yang dapat menimbulkan alergi pada kulitmu sehingga rasa gatal bisa dihindari.
  • Infeksi pada Telinga
  • Infeksi pada telinga dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu infeksi telinga luar dan infeksi telinga tengah. Infeksi telinga luar biasanya akan menyebabkan seseorang merasa gatal, sakit kepala hingga sakit saat membuka mulut.

    Infeksi juga dapat disebabkan oleh paparan virus atau bakteri yang masuk kedalam telinga secara diam diam dan biasanya dialam seorang perenang karena terkena paparan air secara terus menerus dan kemungkinan air yang terpapar juga tidak sepenuhnya bersih dari berbagain kuman dan bakteri

    Selain itu, infeksi juga dapat disebabkan oleh jamur. Bila telingamu terasa gatal akibat infeksi ini, maka jalan satu satunya ialah kamu harus mengunjungi dokter THT untuk minta diresepkan obat telinga yang paling cocok dan cepat dalam menyembuhkan infeksimu.

Faktor lainnya

Yang dimaksud dengan faktor lainnya disini ialah seperti bila kamu membersihkan telingamu dengan menggunakan cotton bud,  namun cotton bud mu pun memilki jenis kapas yang kurang nyaman atau higenis, ini juga dapat menyebabkan rasa gatal pada telingamu.

Selain itu bila telingamu secara tidak sengaja kemasukan serangga kecil, tentunya akan sangat membuat telingamu menjadi sangat gatal dan tidak nyaman.  Kondisi psikis yang sedang stress ataupun banyak pikiran juga dapat membuat telingamu merasa gatal.

Demikianlah beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa gatal pada telingamu. Semoga informasi ini bisa berguna untuk menambah pengetahuanmu. Ingatlah juga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dari kedua telingamu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit