Kesehatan Anak

Sejumlah Kasus Mirip Gejala Penyakit Kawasaki Muncul pada Anak Penderita Covid-19

Dipublish tanggal: Mei 8, 2020 Update terakhir: Mei 8, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sejumlah Kasus Mirip Gejala Penyakit Kawasaki Muncul pada Anak Penderita Covid-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • 4 dari 15 anak yang telah dinyatakan positif Covid-19 dikhawatirkan juga mengalami multi-system inflammatory syndrome termasuk gejala yang mirip dengan penyakit Kawasaki terjadi di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa seperti di UK, Italia, dan Spanyol
  • Penyakit Kawasaki adalah penyakit langka yang umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun terutama anak laki-laki dan tidak menular. Penyakit Kawasaki kemungkinan terjadi faktor genetik dan adanya infeksi yang menyebabkan sistem imun tubuh justru menyerang kekebalan diri sendiri
  • Penyakit Kawasaki sendiri dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah dan arteri jantung yang dapat menyebabkan gangguan jantung dan terhambatnya pasokan darah
  • Beberapa gejala penyakit Kawasaki adalah mata merah, demam tinggi beberapa hari, ruam kemerahan pada kulit tangan dan kaki, serta pembengkakan kelenjar getah bening

Belakangan ini beredar kabar bahwa sejumlah anak dengan kasus Covid-19 mengalami multi-system inflammatory syndrome termasuk gejala yang mirip dengan penyakit Kawasaki terjadi di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa seperti di UK, Italia, dan Spanyol. 

Seperti diberitakan, 4 dari 15 anak yang telah dinyatakan positif Covid-19 juga dikhawatirkan menderita penyakit Kawasaki. Tetapi karena jumlah kasus masih sangat sedikit dan sebagian besar infeksi pada anak-anak tergolong ringan, maka masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memantau perkembangan kasus ini. Selain itu, belum diketahui juga kebenaran akan keterkaitan virus Covid-19 dengan penyakit Kawasaki.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sementara itu, penyakit Kawasaki adalah sebuah penyakit langka yang umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun terutama anak laki-laki dan termasuk ke dalam penyakit tidak menular. Umumnya selama ini penyakit Kawasaki lebih banyak menyerang anak-anak di Asia, seperti Jepang dan Korea.

Penyakit Kawasaki sendiri dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah dan arteri jantung, khususnya saat proses memasok darah ke jantung. Jika tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan kerusakan jantung dan terhambatnya aliran darah. 

Meski belum diketahui penyebab pastinya, tetapi secara umum penyakit Kawasaki kemungkinan terjadi karena adanya faktor genetik dari orang tua serta karena adanya infeksi yang menyebabkan sistem imun tubuh justru menyerang kekebalan diri sendiri. 

Baca juga: Cara Menjelaskan Bahaya Virus Corona pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Mengenai penyakit Kawasaki

Apa itu penyakit Kawasaki?

Penyakit Kawasaki adalah sebuah penyakit langka yang seringkali disebut dengan sindrom kelenjar getah bening. Penyakit Kawasaki ini sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan jantung karena dapat menyebabkan gangguan jantung pada anak-anak.

Gangguan jantung yang terjadi dapat berupa peradangan pembuluh darah terutama arteri koroner (vasculitis), masalah katup jantung, serta timbulnya pembengkakan otot jantung (miokarditis) atau pembengkakan pada kantung sekitar jantung (perikarditis). 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain menyebabkan penyakit jantung, penyakit Kawasaki juga dapat menyerang bagian mulut, hidung, dan tenggorokan. Dengan gejala penyakit yang mirip dengan penyakit campak dan demam berdarah, penyakit Kawasaki juga dapat menimbulkan gejala gangguan pada pencernaan seperti sakit perut, diare, muntah, serta pembengkakan sendi.

Gejala penyakit Kawasaki (Kawasaki disease) yang utama dan perlu diwaspadai, antara lain:

  • Mata merah 
  • Demam tinggi di atas 39 derajat dan berlangsung lebih dari 4 hari
  • Ruam kemerahan, bengkak, ada muncul bercak di tangan dan kaki
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan ketiak

Baca juga: Waspadai Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Diagnosis pemeriksaan terkait penyakit Kawasaki pada anak

Dalam mengukur dan menentukan kondisi penyakit, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan suhu tubuh serta perlu memahami seluruh riwayat kesehatan anak. Hingga saat ini belum ada pemeriksaan khusus terkait penyakit Kawasaki, tetapi beberapa jenis pemeriksaan dalam tes laboratorium seperti tes protein C-reaktif dan tes hitung darah lengkap (HDL) umumnya dapat membantu menentukan diagnosis penyakit.

Selain itu, pemeriksaan jantung dengan tes darah, elektrokardiogram, ekokardiografi, dan rontgen dada juga mungkin diperlukan untuk memastikan tidak ada diagnosis penyakit lain yang menyertai.

Cara mengobati penyakit Kawasaki pada anak

Penyakit Kawasaki pada anak sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu kemudian dengan minim risiko komplikasi jangka panjang. Tetapi penanganan awal sekitar 10 hari sejak munculnya gejala menjadi sangat penting dilakukan oleh para orang tua.

Ada 2 cara mengobati penyakit Kawasaki, yaitu:

  • Pemberian obat immunoglobulin melalui pembuluh darah (intravena) untuk mencegah peradangan pada pembuluh darah
  • Pemberian obat aspirin untuk menurunkan demam dan rasa nyeri serta mengurangi risiko pembekuan darah

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. Kawasaki Disease: Causes, Symptoms & Diagnosis. (https://www.healthline.com/health/kawasaki-disease)
CNN. Dozens more children hospitalized in New York with rare symptoms that could be linked to coronavirus. (https://edition.cnn.com/2020/05/07/health/new-york-children-coronavirus-kawasaki/index.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app