Gastrinoma - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 193.203 orang

Gastrinoma adalah tumor langka yang terbentuk di pankreas atau usus dua belas jari (duodenum). Gastrinoma berkembang pada sel-sel yang menghasilkan gastrin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mensekresi asam lambung

Jika Anda menderita gastrinoma, tubuh Anda akan memproduksi sejumlah besar gastrin, sehingga meningkatkan produksi asam lambung yang lebih tinggi. Tingkat asam lambung yang tinggi ini dapat menyebabkan pembentukan ulkus (luka) pada lambung dan usus kecil Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Gastrinoma bisa merupakan tumor jinak atau ganas. Lebih dari 60%. Menurut Center for Pancreatic and Biliary Diseases, gastrinoma bersifat kanker.

Apa penyebab munculnya gastrinoma?

Gastrinoma terjadi karena pembelahan sel yang tidak terkontrol yang. Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui, meskipun mungkin dipengaruhi oleh faktor genetik.

Gastrinoma dapat berkembang secara sporadis karena alasan yang tidak diketahui. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), sekitar 25 hingga 30% gastrinoma dikaitkan dengan kelainan genetik bawaan yang disebut multiple endocrine neoplasia tipe 1 (MEN1).

Kelainan bawaan ini ditandai dengan perkembangan tumor pada kelenjar gastrin. Gejala-gejala MEN1 lainnya mungkin termasuk kadar hormon yang lebih tinggi, pembentukan batu ginjal, diabetes, kelemahan otot, dan patah tulang.

Gejala gastrinoma

Karena gastrinoma menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, gejalanya mirip dengan tukak lambung. Selain itu, gejala lain yang mungkin dapat ditemukan pada orang yang menderita gastrinoma meliputi :

  • sakit perut
  • diare
  • gangguan pencernaan atau mulas
  • kembung
  • muntah
  • mual
  • berdarah
  • penurunan berat badan
  • tidak nafsu makan

Meskipun tukak lambung dapat terjadi akibat tumor, memiliki tukak lambung tidak berarti Anda memiliki tumor.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Bagaimana cara mencegah terjadinya gastrinoma?

Gastrinoma adalah penyakit langka yang serius. Penyakit ini belum dapat dicegah karena penyebab pasti yang menyebabkan terjadinya gastrinoma tidak diketahui. 

Oleh karena itu, segera hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti diare, mulas, atau sakit perut yang berlangsung lebih dari beberapa hari. Diagnosis dan perawatan dini dapat membantu mencegah penyebaran tumor / kanker.

Diagnosa

Dokter Anda dapat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika gejala yang menyerupai sakit maag tidak merespon terhadap pengobatan. Pemeriksaan diagnostik untuk mengkonfirmasi gastrinoma meliputi:

Tes sekretin / gastrin serum puasa

Tes ini mendiagnosis masalah pada pankreas dengan mengukur kemampuannya untuk merespons hormon secretin. Pada pemeriksaan ini, dokter Anda menyuntikkan hormon ke dalam aliran darah Anda, dan kemudian memonitor respons tubuh Anda. Dokter Anda dapat memeriksa apakah tingkat gastrin meningkat setelah injeksi.

Tes pH lambung

Tes ini menggunakan endoskopi untuk menilai kadar asam lambung di perut Anda. Kadar gastrin dan asam lambung yang lebih tinggi dapat mengindikasikan gastrinoma.

Pemeriksaan radiologi

Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan CT scan atau MRI untuk menentukan lokasi tumor dan menilai apakah tumor telah menyebar ke organ lain. Tumor atau lesi gastrinoma bisa berukuran kecil, sehingga pemeriksaan radiologi ini mungkin tidak menunjukan gambar yang sesuai.

Endoskopi

Jika dokter tidak dapat menentukan adanya massa pada pemeriksaan radiologi, pemeriksaan USG endoskopi mungkin dilakukan. Untuk prosedur ini, dokter memasukkan tabung dengan kamera yang terpasang melalui tenggorokan untuk mencari tumor di perut atau usus kecil.

Biopsi

Jika dokter Anda menemukan tumor, langkah selanjutnya adalah biopsi. Dokter Anda akan mengambil sampel dari tumor, dan kemudian mengirimkan sampel ini ke laboratorium untuk diperiksa.

Pengobatan Gastrinoma

Lokasi tumor, dan apakah mereka telah menyebar ke bagian tubuh lain, menentukan bagaimana pengobatan gastrinoma. Pembedahan adalah penanganan utama, dan tujuan pembedahan adalah untuk mengangkat sel kanker dari tubuh dan menyembuhkan penyakit.

Prosedur yang direkomendasikan oleh dokter Anda berdasarkan pada lokasi tumor. Opsi bedah meliputi:

  • pengangkatan seluruh tumor
  • pengangkatan kepala pankreas atau ekor pankreas
  • reseksi usus kecil (pengangkatan sebagian usus kecil dan tumor)
  • operasi untuk mengangkat tumor yang telah menyebar ke organ lain, seperti kelenjar getah bening atau hati

Risiko yang terkait dengan operasi termasuk infeksi, rasa sakit, dan kehilangan darah. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai efek samping lebih lanjut.

Kadang-kadang, pembedahan tidak dapat dilakukan karena kanker telah menyebar. Jika Anda menderita kanker hati sekunder akibat gastrinoma, pilihan pengobatan yang dapat dilakukan meliputi:

  • radiofrequency ablation (menggunakan panas untuk membunuh sel kanker)
  • kemo-embolisasi transarterial (menyuntikkan kemoterapi langsung ke tumor)
  • radioterapi internal selektif (terapi yang menargetkan suplai darah ke hati)

Perawatan lain untuk penanganan gastrinoma meliputi:

  • kemoterapi (membunuh sel kanker yang tidak bisa diangkat melalui pembedahan dengan obat-obatan)
  • inhibitor pompa proton (mengurangi produksi asam lambung)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit