ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

3 Fungsi Gabapentin dan Dosis Amannya Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Agu 5, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Fungsi Gabapentin dan Dosis Amannya Bagi Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gabapentin adalah obat yang biasa digunakan untuk mencegah dan mengendalikan kejang pada pasien epilepsi. 
  • Manfaat Gabapentin juga dapat meredakan nyeri saraf akibat herpes zoster, neuropati diabetik, neuropati perifer, hingga sindrom kaki gelisah.
  • Dosis Gabapentin untuk mengatasi kejang epilepsi adalah 1 x sehari 300 mg pada hari pertama, 2 x sehari 300 mg pada hari kedua, dan 3 x sehari 300 mg pada hari ketiga.
  • Gabapentin dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Obat harus ditelan utuh dengan air putih. Tidak boleh dibelah, dikunyah, atau dihancurkan.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan Gabapentin saat hamil atau menyusui.
  • Klik untuk mendapatkan Gabapentin atau obat saraf & otak lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Penyakit epilepsi membuat penderitanya kerap mengalami kejang, perilaku yang tak biasa, hingga hilang kesadaran. Hal ini disebabkan karena aktivitas listrik di otak berjalan tidak normal, sehingga sistem saraf pusat mengalami gangguan. Nah, Gabapentin adalah salah satu obat antiepilepsi yang dapat digunakan untuk membantu mengontrol frekuensi kejang pada pasien.

Gabapentin obat apa?

Gabapentin adalah obat yang biasa digunakan untuk mencegah dan mengendalikan kejang pada pasien epilepsi. Obat ini bekerja dengan cara mengontrol bahan kimia dan saraf tubuh yang menjadi penyebab kejang maupun nyeri. Dengan Gabapentin, aktivitas listrik otak jadi lebih stabil dan kemudian menurunkan frekuensi kejang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Kejang

Dilihat dari kemasannya, Gabapentin tersedia dalam bentuk kapsul oral, tablet lepas cepat (immediate-release tablet), extended-release tablet (tablet yang lama dicerna tubuh), hingga larutan oral. 

Gabapentin termasuk obat keras, ditandai dengan adanya logo merah pada kemasan obat. Itu artinya, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter (tidak dijual bebas).

Fungsi Gabapentin untuk pengobatan

Secara lengkap, beberapa kegunaan Gabapentin adalah sebagai berikut:

1. Mencegah dan mengendalikan kejang

Obat Gabapentin mampu mengubah aktivitas listrik di otak sekaligus memengaruhi zat kimia bernama neurotransmitter. Proses ini akan membantu melancarkan proses pengiriman pesan di antara sel-sel saraf, yang kemudian meminimalisir risiko kejang epilepsi.

Dikutip dari Healthline, kadar kalsium yang rendah merupakan salah satu faktor pemicu kejang. Kabar baiknya, Gabapentin juga dapat mengubah efek kalsium dalam tubuh sehingga berdampak pada turunnya intensitas kejang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat Gabapentin dapat diberikan untuk mengatasi kejang epilepsi pada orang dewasa dan anak usia 3 tahun ke atas. Berikut ini dosis Gabapentin untuk mengatasi kejang:

  • Dewasa: 1 x sehari 300 mg pada hari pertama, 2 x sehari 300 mg pada hari kedua, dan 3 x sehari 300 mg pada hari ketiga. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap 300 mg setiap 2-3 hari sampai kejang epilepsi bisa dikendalikan dengan baik. Dosis maksimal 4800 mg/hari.
  • Anak usia > 6 tahun: dosis awal 10-15 mg/kgBB/hari, ditingkatkan selama sekitar 3 hari sampai kejang epilepsi bisa dikendalikan dengan baik.

2. Meredakan nyeri saraf akibat herpes zoster

Salah satu manfaat Gabapentin adalah mampu mencegah hipersensitivitas tubuh terhadap rasa sakit. Hal itulah yang membuat obat antikejang yang satu ini juga bisa membantu meredakan nyeri saraf akibat herpes zoster pada orang dewasa.

Dosis Gabapentin untuk meringankan nyeri akibat herpes zoster adalah:

  • Dewasa: dosis awal 600 mg di pagi hari selama 3 hari, lalu ditingkatkan menjadi 2 x sehari 600 mg

Baca Juga: Obat Alami Herpes Zoster Pada Kulit (Dompo)

3. Mengobati nyeri saraf lainnya

Selain meredakan nyeri karena herpes zoster, obat antiepilepsi ini juga dapat mengobati nyeri saraf lainnya seperti:

  • Neuropati diabetik
  • Neuropati perifer
  • Neuralgia trigeminal
  • Sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome)

Dosis Gabapentin untuk meringankan nyeri neuropati adalah:

  • Dewasa: 1 x sehari 300 mg pada hari pertama, 2 x sehari 300 mg pada hari kedua, dan 3 x sehari 300 mg pada hari ketiga.
  • Dosis dapat ditingkatkan 300 mg setiap 2-3 hari. Dosis maksimal 3.600 mg/hari.

Yang harus diperhatikan selama mengonsumsi Gabapentin

Cara minum Gabapentin bisa dengan atau tanpa makanan. Obat harus ditelan utuh dengan air putih. Tidak boleh dibelah, dikunyah, atau dihancurkan.

Kunci terpentingnya adalah selalu ikuti dosis dan aturan minum obat dari dokter agar manfaat Gabapentin jadi maksimal dalam tubuh. Selain itu, beberapa hal yang juga harus diperhatikan selama menggunakan Gabapentin adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter mengenai jenis obat yang sedang dikonsumsi maupun riwayat penyakit. Ini bertujuan untuk menghindari potensi interaksi obat.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan Gabapentin saat hamil atau menyusui.
  • Efek samping Gabapenting yang mungkin terjadi adalah mengantuk, hilang koordinasi, atau pusing. Konsultasikan ke dokter jika efek samping memburuk.

Gabapentin adalah obat antikejang yang harus diminum sesuai anjuran dokter. Hindari menambahkan, mengurangi, atau berhenti minum obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter. Alih-alih menyembuhkan, hal ini malah bisa menghambat fungsi Gabapentin bahkan memperburuk kondisi Anda.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MedlinePlus. Gabapentin. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a694007.html). 15 Mei 2020.
NHS UK. Gabapentin. (https://www.nhs.uk/medicines/gabapentin/). 28 November 2018.
Everyday Health. Gabapentin. (https://www.everydayhealth.com/drugs/gabapentin). 30 April 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app