Fumitory: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 441.811 orang

Fumitory merupakan tanaman yang memiliki karakteristik yang agak bervariasi, sering menyerupai semak, dan memiliki daun berwarna abu-abu dan runcing. Bunga dari tanaman fumitory atau Fumaria officinalis ini secara tradisional biasanya dapat digunakan sebagai obat herbal.

Dalam pengobatan tradisional, tanaman fumitory atau disebut juga asap bumi telah digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi dermatologis lainnya, sebagai pencahar dan diuretik, serta digunakan sebagai pembersih darah dan agen anti-alergi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Disebut asap bumi karena pada jaman kuno, fumitory dianggap memiliki kekuatan magis karena ketika tanaman fumitory dibakar dalam api unggun, asap dari tanaman tersebut dianggap dapat melindungi dari sihir dan mengusir roh jahat. Bahkan menurut legenda, awal mula fumitory muncul bukan berasal dari biji melainkan dari asap yang menguar dari bumi.

Mengenai Fumitory

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Teh, ramuan kering, tincture

Kandungan

-

Efek samping Fumitory

Efek samping yang sering terjadi setelah menggunakan fumitory adalah keluhan GI (gastroenteritis) dan memerah. Penggunaan fumitory bagi sebagian orang mungkin aman jika diminum dalam jumlah yang disarankan dalam periode waktu yang singkat. 

Tetapi jangan mengonsumsi fumitory dalam jumlah besar karena itu mungkin tidak aman. Efek sampingnya dapat menyebabkan diare, kram otot, sesak napas, gemetar, kejang-kejang, hingga kematian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Manfaat Fumitory

Fumitory sudah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional dan dianggap memiliki manfaat kardiovaskular, tetapi belum ada informasi ilmiah untuk membuktikannya.

Ramuan fumitory dianggap memiliki sifat diaforis (pemicu keringat), diuretik dan pemurni darah. Selain itu, fumitory juga dapat digunakan sebagai tonik untuk meningkatkan nafsu makan, dan diyakini dapat merangsang otot-otot halus usus dan dengan demikian memperkuat peristaltic.

Ekstrak fumitory juga memiliki manfaat dalam pengelolaan gangguan pada saluran hepatobilier (sebuah sistem yang mengatur pengeluaran atau seksresi cairan empedu yang penting untuk pencernaan lemak dan berasal dari hati dan kandung empedu).

Fumitory mengandung zat yang dapat mengurangi kejang pada saluran empedu atau usus, maka dari itu fumitory sepertinya dapat juga digunakan untuk mengobati kejang usus dan sindrom iritasi usus (IBS), serta digunakan untuk kondisi kulit seperti ruam, eksim kronis, psoriasis, kudis, dan jerawat, iritasi mata (konjungtivitis), masalah jantung, retensi cairan, dan konstipasi.

Kadang-kadang, fumitory juga direkomendasikan sebagai obat wasir atau sebagai ekstraksi dalam air panas sebagai pencuci mata untuk konjungtivitis. Bisa juga diaplikasikan sebagai pengobatan eksternal untuk luka dan goresan.

Dosis Fumitory

Belum ada informasi mengenai dosis fumitory yang tepat, tetapi penyesuaian dosis dapat bergantung pada beberapa hal seperti usia pengguna, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Perlu diketahui bahwa produk alami belum tentu aman dan penyesuaian dosis harus dilakukan karena dapat berbeda-beda antara setiap orang. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan fumitory atau produk alami lainnya.

Interaksi Fumitory

Belum ada informasi adanya interaksi fumitory dengan obat lainnya, tetapi jika merasa kondisi semakin memburuk, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Perhatian

Hindari penggunaan fumitory pada ibu hamil dan menyusui karena belum ada bukti yang dapat memastikan keamanan pengunaannya selama kehamilan dan menyusui.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp